kustomer loyal penting dipertahankan

Menjaga Konsumen Loyal Agar Bisnis Tetap Lancar

Sebagai seorang pengusaha kecil atau menengah, tentunya kamu menginginkan punya konsumen loyal. Tetapi untuk mempertahankan konsumen loyal itu tak semudah mempertahankan .

  

Dalam era digital, toko dengan bisnis yang sama di e-commerce begitu banyaknya.  Pasti sebagai konsumen mudah sekali terbujuk atau tergiur untuk datang ke toko lain yang mungkin harga lebih murah, potongan harga yang lebih besar, kualitas pelayanan lebih menyenangkan.

Nach, sulit loh mempertahankan 1 konsumen loyal dibandingkan dengan cari 100 konsumen baru.   

Konsumen loyal mendatangkan keuntungan.  Meskipun konsumen loyal yang kita miliki hanya sedikit, misalnya 5% tapi secara keuntungan konsumen loyal berdampak kepada keuntungan besar sebesar 95%.

Ciri-ciri konsumen loyal:

1.Konsumen loyal akan datang berkali-kali di toko kita karena mereka puas.

2.Konsumen loyal akan memberikan testimoni tanpa diminta

3.Konsumen loyal akan senang jika pemilik usaha berinteraksi dan tanggap memenuhi pertanyaannya.

4.Konsumen loyal akan sukarela menjadi brand ambassador untuk produk yang dibelinya dengan puas.

Bagaimana mempertahankan konsumen loyal agar bisnis tetap eksis?

1.Mendapatkan data siapa konsumen loyal

Sebagai pengusaha atau toko UMKM yang berjualan di e-commerce, dapat menggali data dari analytical siapa saja yang datang ke tokonya.  Juga dilihat dari record pembeliannya.

2.Mengingatkan konsumen loyal

APabila kita sebagai pengusaha punya produk terbaru atau jenis produk yang sejenis yang suka dibeli oleh konsumen, kita berikan notifikasi. 

Notifikasi bisa dilakukan melalui newsletter, whatsapplication, atau media sosial. Harapannya konsumen loyal bisa mendapat perhatian adanya produk baru yang dijual.

3. Memberi hadiah sebagai perhatian

Jika Anda sebagai pengusaha, bisa melakukan perhatian kepada konsumen loyal dengan memberikan hadiah pada hari ulang tahun konsumen.  Perhatian yang kelihatannya kecil, tapi sangat besar artinya bagi konsumen.

4.Indikator kepuasan

Sebagai tanda kepuasan konsumen loyal kepada toko/pengusaha, mintalah mereka memberikan testimoni jujur. Testimoni tentang pelayanan, harga, diskon, pengiriman dengan rating sebagai indikator kepuasan.

5. Memberikan diskon/potongan harga

Bagi konsumen loyal, bisa berikan sedikit potongan harga untuk menambah kepuasannya.  Apabila konsumen loyal bisa membeli makin banyak, bisa mendapatkan diskon makin besar.

6. Libatkan Konsumen di media sosial

Dalam menjaga hubungan yang baik dengan konsumen, selalu buatkan informasi yang terupdate dari produk . 
Kita sebagai pengusaha atau pemilik toko perlu aktif untuk terus mengupdate informasi produk. Jika tidak aktif akan dianggapnya toko kita tidak ada kegiatan sama sekali.

7.Mintalah ulasan kepada konsumen

Sebagai konsumen loyal, kita ingin mengetahui seberapa puaskah konsumen kita tentang produk, pelayanan dan performa bisnis.    Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan mini survey melalui Google, dikirimkan melalui email.

Dalam survey, mintalah kepada konsumen untuk sedikit saran dan ulasan .  Dengan saran atau ulasan, kritik kitab isa membangun Kembali apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen atau perbaikan apa yang mereka butuhkan.  Suara konsumen sungguh amat penting.

8.Program Loyalitas Pelanggan

Suatu apresiasi bagi konsumen loyal sangat penting sekali.  Hal ini akan mendorong konsumen untuk tetap setia membeli produk di toko atau perusahaan kita.   Contohnya untuk kartu kredit ada program kartu kredit seperti poin.   Poin dikumpulkan untuk ditukarkan dengan hadiah.

Program ini sangat disukai oleh pelanggan atau konsumen loyal untuk jasa atau produk dengan frekuensi yang tinggi.

Baca juga : Melejitkan Potensi Sebagai Social Media Strategist

Ternyata menjaga konsumen loyal jauh lebih sulit ketimbang mendapatkan yang baru.  Setelah mengetahui tips dan triknya, yuk bagi yang punya bisnis, terapkan segera!

Sumber referensi:

Bagaimana Menjaga Loyalitas Konsumen agar Bisnis Tetap Eksis?

https://money.kompas.com/read/2022/06/13/120000826/bagaimana-menjaga-loyalitas-konsumen-agar-bisnis-tetap-eksis-?page=2