manajemen waktu

6 Prinsip Dasar Manajemen Waktu yang Perlu Kamu Miliki

 IF I am asked about the principles of time management, in one sentence, I would answer – a set goal and plan a time to work, for it with full focus

Kita semua punya waktu dalam sehari 24 jam.   Jumlah waktunya sama, namun, hasil pekerjaan yang diperoleh berbeda.  Itulah yang disebut dengan manajemen waktu.

Ada yang kelihatannya super sibuk dengan pelbagai kegiatan, dari A hingga Z, tetapi tak ada satu hasil pun yang dia miliki. Semuanya hanya dilakukan tanpa hasil.

Ada juga yang merasa kekurangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.  Temannya berhasil menyelesaikan suatu proyek dalam waktu 4 hari, sementara kamu  sendiri tak bisa menyelesaikan tepat waktu karena merasa selalu ada disrupsi setiap kali bekerja.

Ternyata rahasianya hanya manajemen waktu.  Tanpa mengatur dan melakukan manajemen waktu yang baik, kamu tak mungkin bisa mencapai hasil pekerjaan secara optimal.

Berikut ini adalah beberapa aturan dasar untuk mengatur waktu secara efektif.   Dengan memahami aturan ini, kamu dapat mengatur waktu secara efisien, lebih produktif dan membuat hidup lebih seimbang.

6 dasar manajemen waktu yang dapat membantumu  mencapai sukses dan mengurangi stres.

1.Orientasi Tujuan

Agar kamu dapat sukses dalam hidup, Anda harus sadar untuk menggunakan waktu dan tugas dengan tepat.   Rencanakan tugas-tugas sesuai tujuan dan gunakan waktu untuk mengerjakan sesuai dengan pekerjaan atau tugas kamu.  Orang yang memiliki tujuan pasti bekerja kerja untuk mencapai tujuannya.

Tujuan itu dapat tercapai apabila kita senantiasa fokus dan bekerja hingga tujuan itu tercapai.  Tanpa punya tujuan, orang akan cenderung bekerja lambat dan mendapatkan sedikit apa yang dicapai dalam hidupnya.

Orang sukses disebut sebagai orang yang hidupnya berorientasi kepada tujuan, dan bekerja terhadap tujuan itu.  Salah satu metode untuk  pencapaian orientasi tujuan adalah dengan SMART yang merupakan representasi dari kehidupan yang sukses.

Membagi pekerjaan dalam beberapa tahap pekerjaan mulai dari kecil.   Atur waktunya kapan pekerjaan itu dapat diselesaikan.

2. Memiliki rencana 

Setiap orang harus punya rencana baik dalam mencapai apa yang diinginkan. Apabila kamu tak punya rencana kemana akan pergi, bagaimana caranya untuk pergi,  Kamu akan kehilangan kesempatan apa yang akan dikerjakan . Waktu berlalu demikian cepat, kamu tak memperoleh apa pun.

Dengan rencana, kamu dapat mengerjakan dengan mudah apa yang harus kamu selesaikan hari ini, minggu ini dan seterusnya.

Buatlah rencana kerja baik itu secara harian, mingguan atau bulanan. Ada begitu banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat rencana-rencana kerja kamu.

3. Terorganisir

Menjadi orang yang punya sikap terorganisir merupakan kunci utama untuk mencapai waktu yang maksimum dalam manajemen waktu.  Kamu juga perlukan hal ini dalam beberapa aspek kehidupan yang lain.

Caranya :

a.Di ruang kerja: 

simpan file, pen, pensil, catatan dan yang lainnya diatur rapi sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa ada distraksi yang kecil-kecil.

b.Alat-alat kerja:

simpan PC dengan rapi dan baik dan tempatkan semua file di tempat yang folder yang benar.  Demikian juga dengan handphone, tetap diatur untuk hilangkan semua pesan, foto dan file yang tak berguna.  Hal ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu untuk mencarinya.

c. Email box:

  Segera putuskan untuk tidak berlangganan untuk email yang tidak diperlukan, atur file email dengan label.

d. Schedule

Rencanakan semua aktivitas dan fokus pada goal.  Gunakan prioritas dan delegasi kepada anak buah dan mengorganisasi jadwal mulai dari yang paling penting sampai yang tidak penting.

e.Keuangan

selalu membantu pengeluaran dan pendapatan dengan gunakan spreadsheet dan aturlah file keuangan dalam satu file dalam satu tempat. 

4. Latihlah untuk tugas tunggal

Tugas tunggal merupakan cara yang efektif untuk mengurangi waktu yang kamu habiskan untuk suatu pekerjaan. Pekerjaan yang multitasking merupakan ilusi dari kerja keras dan kurang produktif.

Jika kita mencoba kerja multi-tasking, sebenarnya kita bekerja dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain .  

Mental shifts dari proses kognitif akan bekerja lambat dan hasilnya performance kerja yang rendah.

5. Bentuk Kebiasaan baik

Kebiasaan baik adalah kunci utama dari manajemen waktu.   Dengan kebiasaan yang baik, kamu dapat mengatur waktu dengan mudah dan sukses.

Sebaliknya kebiasaan buruk sulit dapat mencapai tujuan.  Bahkan apabila Anda berusaha keras untuk bertempur dengan kebiasaan buruk.  Beberapa kebiasaan buruk itu adalah memperlambat waktu, tidak fokus, tidak terorganisir.  Bahkan kebiasaan buruk membuat kamu sibuk ketimbang produktif.

6. Mengatur Distraksi

Dalam dunia yang dipenuhi dengan teknologi,  fokus adalah sesuatu tantangan besar bagi kamu.  Oleh karena itu sangat penting untuk prinsip manajemen waktu adalah kemampuan untuk mengatasi distraksi.

Setelah perjuangan untuk mengatasi perjuangan untuk penundaan , kamu harus perlu berjuang melawan distraksi untuk melanjutkan bekerja dan menyelesaikan pada waktu yang tepat.

Tips yang tepat untuk mengatasi distraksi

1.Mengatasi phone: 

Jangan biarkan telepon masuk distrak kamu untuk melakukan tugas .  Buatlah dalam “silent mood” dan jauhkanlah saat kerja.   Stop kebiasaan untuk chek telephone setiap 10 menit tanpa alasan apa pun.

2.Mengatasi kebiasaan browsing:

  Browisng dan googling yang impulse adalah sesuatu yang ada dalam pikiran adalah tanda-tanda kebiasaan yang buruk. Ketika kamu bekerja pada komputer, hindari untuk melihat feed sosial media, notifikasi dan lainnya.

Baca juga : Perencanaan Pengembangan Diri untuk Mewujudkan Impian

Baca juga : Pentingnya Self Improvement dan Self Growth

Banyak cara, tip teknik , metode untuk mempelajari manajemen waktu dengan lebih baik. Tetapi semuanya tidak berarti apabila kamu  tidak melakukan prinsip dasar . Jika prinsip dasar ini dikerjakan dengan sangat baik, manajemen waktu dapat dicapai dengan sukses.

Sumber referensi:

The Basic Principles of Time Management You Need to Know:

https://timehackz.com/principles-of-time-management/