Tingkatkan Skill Microsoft Office dengan Tips Berikut!

mengoperasikan laptop
pixabay.com/users/startupstockphotos-690514/

Ketika kamu melihat lowongan pekerjaan, pasti seringkali melihat persyaratan memiliki skill Microsoft Office. Perusahaan memerlukan keterampilan ini sebagai software standar kerja di berbagai bidang. Pasalnya, hampir seluruh pekerjaan bergantung pada keahlian dalam mengoperasikan satu atau lebih program Microsoft Office.

Perlu kita ketahui dari beberapa dekade hingga kini, Microsoft Office menjadi pilihan dalam mengolah dan menyajikan informasi. pengguna Microsoft Office juga tidak dapat dibilang sedikit, hampir di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak ini dalam melakukan pekerjaan mereka.

Dalam mengoperasikan Microsoft Office dengan matang, diperlukan keterampilan sehingga mempermudah dalam melakukan suatu pekerjaan. Dilansir dari The Ladders, berikut ini beberapa keterampilan yang harus dikuasai dari Microsoft Office.

Keterampilan Microsoft Office

1. Keterampilan Microsoft Word

Dalam membuat dokumen di microsoft word, diperlukan keterampilan berupa pemformatan. Pemformatan berguna jika kamu ingin membuat sebuah dokumen yang mempunyai struktur lengkap dan jelas.

Dalam melakukan Pemformatan, terdapat banyak tool yang dapat digunakan untuk melakukan suatu fungsi. Pemformatan berfungsi dalam membuat header, footer, table of content dan lain-lain yang otomatis sehingga mempercepat proses pengerjaan.

2. Keterampilan Microsoft Excel

Selanjutnya yaitu keterampilan Microsoft Excel. Microsoft Excel digunakan sebagai software dalam pengolahan data numerik. Keterampilan dalam mengaplikasikan fungsi dan formula mempermudah dalam melakukan pekerjaan, terutama pada data yang berjumlah besar.

Fungsi (Function) dan formula memungkinkan menganalisis dan mengurutkan data secara cepat. Gunakan rumus untuk melakukan perhitungan, gunakan fungsi dalam melakukan suatu tindakan secara instan.

3. Keterampilan Microsoft Power Point

Dalam membuat presentasi, memerlukan keterampilan dalam menyajikan data yang menarik namun juga real. Diperlukan keterampilan dalam mendesain slide presentasi yang apik dan elegan dalam membuat presentasi terlihat profesional.

Keterampilan ini mencakup bagaimana memadukan warna, tata letak dan penggunaan font agar menarik perhatian pemirsa hingga slide terakhir.

Baca juga : Cek Disini! 6 Website Buat CV Online dan Mudah

Tips Meningkatkan Skill Microsoft Office

Kamu bisa meningkatkan skill dan keterampilan secara otodidak. Berikut ini Tips dalam meningkatkan skill Microsoft Office yang kami sajikan untukmu:

1. Mempelajari Hal Baru

Agar kamu menjadi orang yang serba bisa, kamu harus mempelajari banyak hal dan mencoba hal baru. Begitu juga dalam meningkatkan keterampilan Microsoft Office, kamu harus berani mencoba setiap tools yang ada dalam aplikasi.

Perlu kamu ketahui di setiap program Microsoft Office, ada begitu banyak hal yang kamu lakukan dari penggunaan setiap tool. Dengan mencoba setiap tool di dalam aplikasi, kamu bisa mengetahui fungsi dari tool tersebut. Jangan takut salah karena kamu bisa menyimpan sebelum melakukan suatu fungsi.

2. Melihat Tutorial

Jangan malas, galilah berbagai tutorial yang dapat meningkatkan kemampuanmu. Banyak tutorial yang tersedia berupa teks maupun video yang dapat kamu ikuti langkahnya. Biasanya tutorial dengan video akan lebih mudah dipelajari karena menampilkan gambaran dari setiap langkah-langkahnya.

Di media Youtube, banyak tutorial yang kamu bisa ikuti secara bertahap. Hal ini menguntungkan, karena kamu dapat belajar tanpa ketinggalan jejak sehingga tidak terjadi miss informasi.

3. Mengikuti Kursus Online/Offline

Saat ini banyak kursus online/offline yang dapat diakses secara gratis dan berbayar. Melalui program kursus ini, kamu akan diarahkan mempelajari langkah-langkah menggunakan suatu prosedur sehingga pembelajaran lebih terbimbing.

Dari kursus, kamu akan lebih siap belajar secara mental karena ada suatu perasaan harus siap bahwa kamu masuk suatu komunitas. Ini akan meningkatkan produktivitas untuk menguasai dan mempelajari skill Microsoft Office.

4. Melihat Dokumentasi

Microsoft Office sendiri memiliki dokumentasi yang dapat diakses melalui website Microsoft. Disediakan dokumentasi pada setiap program Microsoft Office seperti Word, Excel.

Dapat dikatakan, dokumentasi ini lebih terjamin karena disediakan oleh Microsoft sendiri. Dokumentasi ditampilkan melalui tutorial step by step seperti membuat dokumen, menyimpan dokumen secara online, dan lain-lain.

5. Terus Berlatih

Dalam mempelajari suatu hal, konsistensi menjadi kunci untuk meraih target. Walaupun hanya sekedar mengingat, kamu lebih baik mencoba membuat sesuatu karena secara tidak langsung meningkatkan kecepatan dan mempelajari pola kerja lebih baik.

Setiap hal yang kamu pelajari jika dilakukan hanya sekali karena pola pikir manusia dalam mengingat perlu dilakukan berulang kali.

Nah itu tadi tips dalam meningkatkan keterampilan Microsoft Office yang kamu bisa pergunakan kelak saat bekerja.

Sumber Referensi:

  1. Tips Meningkatkan Keahlian Microsoft Office
  2. Daftar Keterampilan Microsoft Office Yang Perlu Dikuasai