Illustrasi Virtual Office

Virtual Office : Pengertian, Manfaat dan Cara Penggunaannya

Istilah Virtual Office semakin terdengar gaungnya setelah pandemi Covid-19. Apakah kamu tahu kantor virtual semakin banyak diminati para pengusaha saat ini? Lalu, apa alasan banyak pengusaha memilih menggunakan virtual office?

Berikut Depan layar akan mengulasnya. Simak hingga akhir untuk mendapatkan informasi baru!

Apakah Itu Virtual Office?

Baru-baru ini memindahkan sistem offline menjadi online menjadi tren yang digandrungi. Hampir semua bidang berlomba-lomba memudahkan orang-orang untuk mengakses secara online. Mulai dari bidang teknologi sendiri, bisnis, ekonomi, hingga pendidikan.

Berdasarkan pengertiannya sendiri, Virtual Office adalah pengadaan fasilitas penyewaan kantor dalam bentuk virtual. Penyewa mendapat hak atas alamat kantor, tetapi tidak memiliki kantor secara fisik di gedung tersebut.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Virtual Office ini dapat mendukung aktivitas bisnis atau perkantoran milik kamu. Layanan seperti resepsionis, surat menyurat, fasilitas telepon dengan extension. Selain itu kamu juga bisa menggunakan fasilitas meeting rooms, video conferencing, hingga ruangan podcast yang akan mendukung pengusaha muda untuk terus produktif.

Dengan begitu, kamu hanya perlu berfokus menjalankan strategi bisnis lainnya. Kamu tidak perlu merisaukan urusan operasional kantor karena telah difasilitasi oleh virtual office tersebut. Sehingga, kantor virtual ini sangat cocok buat perusahaan yang baru saja memulai bisnis dan masih memiliki sedikit karyawan.

Terlebih lagi, Gen-Z yang lebih menyukai bekerja dari berbagai lokasi

atau Work From Anywhere. Kantor Virtual memungkinkan bekerja dengan remote dan fleksibel.

Baca Juga : Ingin Bangun Bisnis Baru,Namun Banyak Pesaing? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Mengapa Pengusaha Menggunakan Virtual Office?

Ada berbagai alasan pengusaha lebih memilih menggunakan kantor virtual. Lalu, apa saja alasan tersebut?

1. Menghemat Biaya

Pengusaha yang baru saja merintis bisnisnya tentu saja sangat selektif dengan pengeluaran. Sebisa mungkin meminimalisir biaya produksi agar modal tidak terlalu besar dikeluarkan. Virtual office menjadi jawaban atas keresahan tersebut.

Biaya penyewaan kantor virtual relatif lebih murah dibanding menyewa kantor konvensional. Tidak itu saja, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya instalasi telepon, listrik, internet, meja kursi dan perlengkapan lainnya.

2.  Fasilitas yang Lengkap

Bila kamu menyewa kantor virtual kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas. Contohnya, resepsionis, ruang meeting, alamat yang resmi, nomor telepon atau fax serta berbagai fasilitas kantor lainnya. Walaupun kamu tidak memiliki ruangan untuk bekerja, tetapi bukan berarti tidak ada fasilitas sama sekali.

3.  Meningkatkan Produktivitas dan Fokus Pada Goal Bisnis

Muncul istilah Work Life Balance dikalangan Gen-Z. Mereka mengeluhkan jam kerja yang terlalu berlebih, sehingga seringkali melupakan kehidupan pribadinya. Oleh karena itu, menggunakan virtual office membuat pekerjaan bisa dikerjakan secara fleksibel dimanapun dan kapanpun

Faktanya, bekerja di kantor mudah terciptanya kebosanan. Kejenuhan ini bisa berdampak pada kinerja seseorang menjadi menurun. Dengan adanya virtual office, kamu bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Perasaan nyaman saat bekerja akan menaikkan kemampuan seseorang dalam memunculkan ide-ide baru yang cemerlang.

4.  Waktu yang Lebih Fleksibel

Menggunakan virtual office membuat kamu tidak dibatasi oleh waktu tertentu. Kamu bisa mengaturnya sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kamu bisa membagi waktu untuk berkerja juga berkumpul bersama keluarga dan orang yang disayangi.

Kamu mungkin penasaran, jika semua perkerjaan bisa dilakukan secara fleksibel dimanapun dan kapanpun, Apakah bisa saling terkoneksi dengan partner kerja lainnya?

Jawabnya, tentu saja bisa, kamu bisa saling terhubung dengan menggunakan berbagai kemudahan teknologi. Pertama, kamu bisa menggunakan video conference. Melalui cara ini, kamu bisa tetap menjaga kontak dengan pekerja lain. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan saat melakukan rapat dan koordinasi.

Kedua, Virtual Address yang berbasis online. Jadi, agar tetap bersinergi antar pekerja kamu bisa saling berbagi informasi melalui surel.

Ketiga, Ruang Kerja Bersama. Semua pegawai bebas mengakses ruang kerja tersebut. Alhasil, tetap ada kerja sama antar pekerja meskipun tidak saling bertemu secara fisik.

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian Virtual Office, Manfaat dan Cara untuk saling terhubung antar pekerja. Menarik bukan?

Baca Juga : 3 Fungsi KOL Manajemen yang Harus Diketahui Pebisnis!