Metaverse : Penjelasan dan Pengaruhnya Bagi Bisnis Masa Depan

Metaverse : Penjelasan dan Pengaruhnya Bagi Bisnis Masa Depan

Belakangan ini banyak kalangan khususnya para pengembang teknologi, membahas mengenai Metaverse. Istilah Metaverse semakin dikenal, terutama setelah platform media sosial paling terkenal di internet, Facebook melakukan pergantian nama perusahaan.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, melakukan rebranding dan mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc. yang disingkat menjadi Meta pada bulan Oktober tahun 2021. Pembaruan tersebut dikatakan untuk peningkatan sinyal serta merangkul ide futuristik.

Lalu, Apakah kamu mengetahui Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya? Berikut Depan Layar merangkum penjelasannya untuk kamu!

Apakah yang Dimaksud Metaverse?

Metaverse diperkenalkan pertama kali oleh Neal Stephenson, seorang penulis novel asal Amerika. Dalam novelnya yang berjudul Snow Crash (1992), istilah Metaverse dijelaskan seperti dunia virtual tiga dimensi (3D) yang dihuni oleh avatar manusia sungguhan.

Sedangkan, secara etimologi “Meta” berarti melampaui dan “Verse” berarti alam semesta. Bila digabungkan memiliki arti melampaui alam semesta. Digambarkan sebagai teknologi tanpa batas, teknologi ini memungkinkan manusia berkumpul, berkomunikasi, bekerja dengan masuk ke dunia virtual.

Melalui kombinasi gabungan beberapa elemen teknologi, virtual reality, augmented reality (AR) dan video. Penggabungan tersebut bisa membuat kamu berada dalam dunia digital bernama Metaverse.

Dengan Metaverse, kamu bisa mencoba barang dan membelinya secara virtual. Oleh karena itu, produsen sebuah produk harus siap merancang brand untuk memudahkan konsumen yang ingin memiliki produk secara virtual.

Hasil survei yang dilakukan oleh Statsila pada 4 Februari 2022, diketahui sebanyak 52% responden menyebutkan ketertarikannya masuk dunia tanpa batas ini. Mereka ingin mendapatkan pengalaman bekerja di ruang kerja virtual.

Fakta tersebut didukung dengan klaim tidak terbatasnya Metaverse, baik di bidang bisnis, ekonomi, IT, hiburan hingga bidang pendidikan. Kemudahan yang ditawarkan, kamu tidak perlu keluar rumah untuk merasakan pengalaman tertentu.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Metaverse?

Gen-Z tentu akan menjadi paling menikmati dunia tanpa batas ini. Sebab, metaverse memudahkan kamu melakukan kegiatan yang biasanya harus di luar rumah menjadi online. Mulai dari menonton konser, perjalanan ke suatu tempat, keliling dunia dan menyaksikan karya seni seseorang melalui virtual.

Sebelumnya telah disebutkan, banyak orang tertarik untuk merasakan pengalaman ruang kerja virtual. Di kantor virtual karyawan bisa saling terhubung satu sama lain di dalam suatu platform. Facebook telah meluncurkan software kantor visual dengan nama Horizon Workrooms

Apa Pengaruhnya di Bidang Bisnis?

Meskipun belum sepenuhnya digunakan, tetapi dunia virtual ini bisa menjadi masa depan teknologi. Kemajuan teknologi tidak hanya terbatas pada satu bidang, termasuk hal ini bidang bisnis.

Dikutip dari XP Today, Metaverse membantu pelaku bisnis mempromosikan produk dengan lebih mudah. Pengguna tidak terbatas oleh geografis tertentu. Kemudahan dompet digital akan membuat transaksi lebih lancar.

Beberapa merek pelan-pelan berkolaborasi menjual produknya melalui metaverse. Contohnya, rumah mode Italia Gucci yang melakukan kolaborasi dengan Roblox untuk menjual aksesoris khusus digital. Kemudian, merek minuman Coca-Cola dan Clinique yang menjual token digital.

Kabarnya, McDonald’s juga terjun ke dunia digital. Membuka restoran virtual yang menampilkan layanan pengiriman ke rumah.

Bagaimana Cara Daftar Metaverse?

Memiliki aset tentu menjadi pilihan beberapa orang untuk mengelola keuangannya. Lalu, mungkin akan menarik jika kamu memiliki aset dan properti di dunia virtual. Ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk membeli aset metaverse ini.

1. The Sandbox

Di Platform ini kamu bisa membeli lahan dengan Kripto SAND dan ethereum. Kamu bisa masuk ke dalam WEB Map of the Sand box.

Melalui situs itu, dijelaskan banyak informasi mengenai waktu penjualan. Kamu bisa memilih lahan yang akan kamu beli. Kemudian, sistem akan mengarahkan kamu secara otomatis untuk melakukan transaksi.

2.  Decentraland

Sama dengan sebelumnya, kamu perlu menggunakan Cryptocurrency untuk membeli lahan yang kamu inginkan. Pertama, daftar akun Decentraland terlebih dahulu. Setelahnya, pilih lahan yang akan kamu beli. Terakhir, lakukan transaksi pembelian yang diarahkan oleh platform.

3.  Axie Infinity

Pada platform ini terdapat pilihan empat jenis lahan yang bisa kamu pilih, yaitu Savannah, Hutan, Arktik, dan Mystic. Setiap lahan memiliki item khusus yang bisa kamu gunakan untuk bermain gim di dunia virtual.

Sebelum melakukan pembelian, kamu diharuskan memiliki akun Ethereum. Jika sudah, kamu bisa berkunjung ke pasar Axie infinity untuk berburu lahan yang kamu incar. Selanjutnya, buka menu lalu pilih lahan, kamu dapat melihat informasi pemilik lahan serta harga lahan tersebut.

Itulah ulasan yang berhasil Depan Layar rangkum buat kamu. Metaverse bisa tumbuh lebih besar dan cepat, jadi bisnismu harus mulai bersiap hari ini.

Baca Juga : 6 Tips Dasar Transaksi Aman di Facebook Marketplace