Social media strategist

Melejitkan Potensi Sebagai Social Media Strategist

two womens of Social Media Strategist. Sumber: pexel-george-milton

Era digital, andalan utama pemasaran suatu perusahaan adalah melalui sosial media.  Mulai dari campaign produk baru sampai rebranding produk pun dilakukan di media sosial.

Strategi pemasaran pun harus sangat jeli.  Tidak sekedar posting dan tunggu hasilnya.   Selalu ada orang dibalik layar yang mengatur apa tema dari posting, narasi apa, bagaimana orang yang ditampilkan, target market siapa, kapan tepatnya ?

Sulitkah menjadi social media strategist itu?   Siapa yang sudah kenal apa yang disebut dengan Social Media Strategist?

Jika belum, yuk saya kenalkan kepadamu, apa yang dinamakan dengan social media strategist.

Social Media Strategist :

Mengutip dari We Are Social Media,  Social media strategist  dianggap sebagai  “one man for everything” dalam suatu tim.

Bayangin satu orang harus mengenal dan menguasai apa yang dikerjakan oleh anggota tim lainnya.  Dimulai dari mencari ide baru,  menuangkan dalam suatu campaign, lalu menganalisa report, bekerja dengan tim yang lainnya agar posting ke media sosial berjalan sesuai dengan rencana.

Bekerja secara team work dengan tim yang lainnya untuk menghasil social media marketing yang diinginkan.    Social Media strategist  dikatakan fungsinya sebagai social media specialist di bagian marketing dan memposting di media sosial dan menganalisanya.

Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Strategist

  • Ciptakan  konten social media 
  • Mengurus akun  social media 
  • Identifikasi  target audiences
  • Jadwalkan  posting konten
  • Respon interaksi  social media 
  • Ikuti   trend yang terbaru


Kriteria  social media strategist

  • Berpengalaman dalam mengurus platform sosial media
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik
  • Memiliki keterampilan yang kuat untuk multitasking dan time management
  • Memiliki pengetahuan tentang grafik atau matrik trafik sebuah web

Apa perbedaan antara Social Media Strategist dengan Social Media Manager?

Social Media Manager

Social media manager fokus kepada pekerjaan rutin hari per hari dalam kehadiran suatu sosial media.  Mereka bertanggung jawab untuk meyakinkan kepada nasabah untuk menampilkan di platform social media yang disukainya, juga mempertahankan relasi klien yang positif dengan menjawab atau menanggapi semua komentar yang masuk, pesan masuk langsung.

Pekerjaan rutin dari sosial manajer termasuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pembuatan konten , menjadawadal, menerbitkan dan berinteraksi dengan community management.

Social Media Strategist

Social media strategis tidak berfokus pada tugas operasional harian, tetapi lebih kepada hal hal yang lebih besar.  Social media strategis akan melakukan riset yang extensive untuk mengembangkan rencana yang detail  yang berkaitan dengan dengan goal atau tujuan dari konten nasabah.

Social media strategy akan menggali data dan psikologi social media marketing agar dapat mencapai tujuan dengan pendekatan yang strategis untuk tiap platform

Tidak seperti social media manager, yang bekerja secara harian, seorang social media strategist hanya bekerja dengan klien sebulan atau tiga bulan sekali untuk mereview analis dan merencanakan strategis sosial media dan membuat jadwal untuk bulan depan/tiga bulan depannya.

Akhirnya, social media management tidak efektif tanpa adanya strategi social media.  Social media manager tidak menawarkan strategi kepada klien tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mereka harus bekerja sama dengan seorang social media strategist yang memastikan untuk mendapatkan data yang berfokuskan pada pendekatan.

Baca juga : 7 Tips Bikin Engagement di Instagram Meningkat!

Social media strategist  tidak perlu bekerja harian dengan nasabah, tetapi untuk mendapatkan strategi yang baik untuk dilakukan, mereka perlu menggandeng  bekerja sama dengan social media manager, virtual assistant dan beberapa orang untuk menciptakan, membuat jadwal dan menerbitkan konten strategis yang direncanakan.   Dengan kata lain, strategi rencana yang baik tanpa pelaksanaan yang baik adalah tidak bermanfaat.

Baca juga: Pentingnya self improvement dan self-growth

Jika kamu memiliki kombinasi kedua keterampilan,  kamu bisa mendapatkan resep untuk kebahagiaan klien dan sukses besar.   Inilah cara terbaik untuk melengkapi solusi terbaik untuk nasabah kamu,  kamu juga dapat minta bayaran yang besar untuk jadi social media strategist terbaik.

Sumber referensi: 

Social Media Strategist Job Description template

https://www.comeet.com/resources/job-descriptions/social-media-strategist/