career-development
,

Pentingnya Memiliki Career Development

Bekerja bukan sekedar untuk mendapat uang .  Kepuasan hidup seseorang bukan dari hasil uang yang didapatkan atau  dari gaji yang didapatkan. Ada suatu hal yang penting di luar kepuasan gaji, yaitu Career Development.

 Bekerja yang menjanjikan atau memuaskan apabila ada Career Development program di perusahaan tempat kita bekerja.

Jenuh bekerja bertahun-tahun tanpa  adanya  pengembangan karir? Artinya kamu perlu memperhatikan apakah perusahaan sudah mengembangkan Career Development program.

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa career development.

Career development adalah proses dimana tiap individu dalam suatu organisasi memiliki tujuan yang realistis dapat diraih dan mampu mengidentifikasi kemampuannya dan menerapkan di perusahaan itu sehingga kontribusinya bermanfaat bagi perusahaan.

Manfaat Career development

Selain untuk mengetahui apakah karir yang kita tekuni itu memang cocok dengan kemampuan kita, tetapi juga kesempatan untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih menanjak sesuai dengan jenjang dari career path yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Dalam program career development dari perusahaan, seseorang bisa memutuskan untuk membentuk karir sesuai peta dari karir yang telah ditetapkan.

Manfaat bagi pekerja tentunya  dengan ikut dalam career development plan, akan meningkatkan karirnya di masa depan.  Bahkan dia akan merasa kepuasan kerja karena kegiatan kerja sudah sesuai dengan tingkat kemampuan .

APabila karyawan puas, tentu kemampuan itu disesuaikan dengan peningkatan gaji  .  AKhirnya, karyawan pun merasa nyaman dan bekerja seoptimal mungkin. Kontribusinya kepada perusahaan sangat besar.  Turnover untuk resign pun berkurang.

Career Development Program

Salah satu cara untuk memberikan “tool” bagi karyawan agar dapat melakukan fungsinya secara terkoordinasi dan saling support untuk jenjang karir karyawannya.

Mentoring & Peer-to-Peer Learning

Untuk menjaga pengembangan pembelajaran pengetahuan dan pengalaman mentor , mereka diminta untuk memberikan kemampuannya untuk bekerja memberikan mentor dan selalu melakukan pendampingan.

Baca juga : 7 Tips Bikin Engagement di Instagram Meningkat!

Career conversation

Lakukan staff karir development dengan pembicaraan untuk semua rencana dan aspirasi sehingga apa yang direncanakan oleh staf atau karyawan bisa dicapai sesuai dengan golnya. Ini berkaitan dengan coaching dan mentoring.

Development assignment

Untuk melaksanakan career development dengan pemberian tugas sementara (max 6 bulan) ke tugas yang berbeda di area suatu pekerjaan dan tetap mengerjakan pekerjaan tetapnya.  Tugas ini juga berkaitan dengan coaching dan mentoring.

Baca juga : Pentingya Self Improvement dan self Growth

Individual & Group Counselling

Anggota staf diberikan kesempatan untuk brainstorm tentang rencana dari karir kedepannya untuk berdiskusi secara individual atau secara grup melalui webinar.   Hal ini berkaitan dengan coaching dan mentoring.

Coaching for Leadership Development

Coaching merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mengembangkan keterampilan leadership.  Para coach yang bersertifikat bekerja dalam grup kecil.  Manager dan staff dapat bekerja saling menguntungkan dengan program ini.   Inisiatif ini ada kaitannya dengan WHO Leadership and Management Development Programme.

Sudah siap memiliki career development untuk jenjang karirmu? Ayo terapkan dan laksanakan!

Sumber referensi:

WHO Career Development:  https://www.who.int/careers/career-development