7 Tips Meningkatkan Customer Relationship Management (CRM)

diskusi CRM
freepik.com/author/rawpixel-com

Dalam berbisnis, pasti ingin mendapatkan banyak pelanggan dan pelanggan tersebut loyal terhadap usaha yang berjalan. Perlu kita ketahui, pelanggan menjadi objek vital dalam perjalanan perusahaan yang berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Maka dari itu, penting mengetahui bagaimana cara meningkatkan CRM.

Dilansir dari Berantum, 7 dari 10 konsumen mengatakan mereka siap menghabiskan lebih banyak uang untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang memberikan pelayanan yang lebih baik. Jadi sangat penting bagi perusahaan untuk membuat pelayanan yang baik di mata pelanggan.

Untuk mewujudkan potensi tersebut, diperlukan strategi untuk meningkatkan hubungan baik antar perusahaan dan pelanggan. Maka dari itu, pebisnis harus memahami customer relationship management (CRM) agar pelanggan merasa nyaman saat melakukan transaksi pada sebuah perusahaan. Mari kita ketahui apa itu Customer relationship management (CRM).

Apa itu Customer relationship management?

Dikutip dari Berantum, CRM atau Customer relationship management merupakan strategi bisnis dalam menciptakan hubungan yang baik kepada calon pelanggan agar tertarik dengan produk perusahaan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan agar tetap loyal terhadap perusahaan.

CRM terdiri dari 3 komponen yaitu:

1. Customer

Customer atau pelanggan menjadi alasan mengapa Strategi CRM ini dibutuhkan. Pelanggan menjadi objek vital dalam menjalankan perusahaan. Pelanggan disini meliputi calon pelanggan sebagai pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan melalui strategi CRM.

2. Relationship

Relationship atau hubungan merupakan output value dari strategi CRM. Hubungan yang dimaksud adalah hubungan yang baik antar calon pelanggan dan pelanggan. Dalam mewujudkan hubungan yang baik, maka dibutuhkan komponen management pada CRM.

3. Management

Komponen yang terakhir adalah management. Management dalam CRM meliputi pihak-pihak yang ikut atau terlibat dalam kegiatan ini yaitu pelanggan dan team pada perusahaan. Dan juga bagaimana proses manajemen perusahaan untuk menciptakan relationship kepada pelanggan.

Baca juga : Supply Chain Management: Definisi, Proses Bisnis, Fungsi Manajemen

Tips dalam Meningkatkan Customer relationship management

Dalam menerapkan CRM, perlu strategi yang tepat dalam menciptakan hubungan yang baik kepada pelanggan. Disini kami akan menjelaskan beberapa tips dalam meningkatkan Costumer Relationship Management (CRM).

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Perlu kamu ketahui, setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus mengetahui secara detail apa yang dibutuhkan oleh pelanggan mulai dari produk dalam usahamu.

Jika kamu mampu mengetahui dengan baik kebutuhan pelanggan, mereka akan memberikan posisi diri mereka terhadap perusahaanmu. Mereka akan berfikir ketika mereka membutuhkan sesuatu, refleks akan merujuk ke usahamu.

2. Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Dalam berbisnis, perlu jembatan komunikasi untuk mengenal lebih dalam terhadap pelanggan. Komunikasi disini yang bisa kamu terapkan yaitu bagaimana merespon pelanggan dengan baik dan tepat, mendengarkan dengan baik ketika mereka berbicara. Mereka akan merasa dihargai dan memberi kesan yang positif.

3. Memberikan Service dan Facilities yang Nyaman

Dalam meningkatkan CRM, servis dan fasilitas merupakan komponen fisik dan nonfisik yang perlu kamu siapkan dan sediakan ketika menjalankan sebuah usaha. Service untuk menciptakan hubungan yang baik yaitu bisa berupa pelayanan yang ramah.

Selain itu dibutuhkan fasilitas yang membuat pelanggan merasa nyaman ketika melakukan kegiatan transaksi.

4. Mengadakan Promosi

Promosi bisa menjadi metode yang kamu terapkan untuk menciptakan pelanggan baru dan juga mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Promosi bisa dilakukan pada saat grand opening untuk menarik pelanggan baru tentunya.

Saat kamu menjalankan usaha, kamu bisa menerapkan promosi yang terjadwal sebagai sebuah kegiatan untuk meningkatkan traffic perusahaan. Promosi bisa dilakukan dalam bentuk diskon, giveaway dan lain-lain.

5. Memberikan Apresiasi kepada pelanggan

Untuk mempertahankan pelanggan, ada baiknya kamu memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah setiap terhadap perusahaan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihargai dan memperoleh keuntungan melalui program ini.

Kamu bisa membuatkan card member kepada pelanggan setia dan mendapatkan potongan saat transaksi terjadi.

6. Mendengarkan dan Memahami Saran & Kritik Pelanggan

Saran dan kritik dari pelanggan menjadi sebuah masukan yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Tentunya disini, kamu harus memahami maksud dari setiap kata yang tersirat dan kamu dapat menemukan sebuah jawaban akan hal ini.

Saran dan kritik dapat mengurangi rutinitas pekerjaan, menciptakan peluang baru, dan lain sebagainya.

7. Update dengan Situasi dan Kondisi terbaru

Dalam menjalankan usaha, kamu harus terbuka terhadap banyak bidang. Melihat bagaimana kondisi market saat ini secara global maupun lokal dan memahami pangsa pasar dalam perusahaan.

Kamu juga harus siap dalam menciptakan keputusan terhadap setiap kemungkinan yang terjadi. Kamu juga menempatkan kedudukan pelanggan terhadap keputusan yang diambil.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai customer Relationship management dan tips dalam meningkatkan CRM. Hubungan yang baik dengan pelanggan menjadi hal wajib ketika menjalankan perusahaan.

Sumber Referensi:

  1.  Apa itu CRM (Customer Relationship Management)? Ketahui Semuanya Disini!
  2. 75 Fakta tentang Layanan Pelanggan yang Wajib Kamu Ketahui