talent-management-for-milenial

Talent Management Terbaik Bagi Milenial

Analogi sebuah perusahaan bagaikan sebuah kapal besar yang dikomandoi oleh seorang kapten kapal.    Apabila sang kapten kapal tak punya anak buah yang cakap, maka kapal pun tidak mampu berlayar dengan baik sampai ke tujuan.

Pekerja sedang bekerja sesuai dengan talent management.Sumber: pexel-Michael Burrows

Demikian juga dengan perusahaan, biduk itu adalah management .   Tim Management yang mengatur seluruh kegiatan dan aktivitas staff dalam perusahaan.

Talent management di sebuah perusahaan umumnya dipusatkan pada bagian Human Resources.

Talent management :

Talent management adalah sistem dan cara perusahaan untuk menilai dengan tepat kepada karyawan perusahaan.   Fungsi penilaian adalah mendapatkan record atau catatan apakah karyawan tersebut mampu membantu perusahaan dalam mencapai perusahaan.

Elemen Cara Kerja Talent Management :

The Barstow Institute of Education Leadership memberikan 3 cara kerja untuk pengembangan talent management:

1.Identifikasi pimpinan yang berpotensi tinggi berdasarkan performance, potensi dan kesiapan

2.Kembangkan kebutuhan pembelajaran yang spesifik dalam konteks yang bervariasi termasuk pekerjaan.

3. Support pimpinan dengan feedback, mentoring dari semua kalangan anak buahnya.

The centre for Executive telah mengembangan rencana yang panjang tetapi format yang sederhana.  Terdiri atas 6 :

1.Talent Acquisition

2.Talent Development

3.Performance management

4.Succession Planning

5.Talent Engagement

6.Organization results

6  langkah untuk mengembangan cara kerja talent management 

1. Leadership yang disetujui

Meskipun talent management itu biasanya dikelola oleh Human Resources,  tetapi kamu tidak dapat membangun talent management tanpa management yang telah disetujui.  Kamu harus bekerja keras , bekerja sama seluruh department .  Jika hanya HR yang bekerja sendiri, hal itu sangat tidak mungkin berhasil.  Support dari  level klerikal hingga ke bawah merupakan cara kerja yang berhasil.

2.Analisa kebutuhan organisasi

Untuk membangun cara kerja yang baik, kamu harus memahami dulu tujuan dari perusahaanmu.  Kamu harus melakukan analisis kebutuhan secara formil dan bicara kepada setiap orang untuk memahami tujuannya.  Seringkali sebuah organisasi akan kehilangan potensi orang yang memiliki talenta baik tetapi tidak bersuara untuk ikut partisipasi keberhasilan.   Cara kerja yang baik harus dikerjakan secara bersama.   Secara singkat, kamu tidak dapat mengukur kebutuhan talenta dan gap/perbedaan  tanpa mengetahui kebutuhan dan gap perusahaan.

3. Meninjau Jalan kehidupan pekerja/staff

Dengan meninjau dari jalan kehidupan pekerja, anda dapat mengidentifikasi dimana potensi untuk perbaikannya.

Bagaimana cara pendekatan kamu saat merekrut?  Apakah kamu gunakan teknik “sourcing”  kepada kandidat untuk membantu usaha /bisnis bukan saat ini tetapi dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan.

Bagaimana jika terjadi pencopotan jabatan?  Apakah Anda memiliki pekerja yang setia dan sisanya pekerja yang punya jangka kerja  dalam waktu 2-3 tahun?  Kamu harus mengetahui alasan mengapa mereka keluar dari perusahaan.

Apakah perusahaan menyediakan  tangga karir di organisasi? Apakah mereka punya kesempatan untuk belajar dan berkembang?

4. Identifikasi elemen dari cara kerja management talent dan KPI  untuk mengukur sukses

Bukan hanya mengidentifikasi elemen di atas, tetapi kamu juga harus mengukur bagaimana untuk mempraktekkan elemen itu.  Bagaimana mengukur Key Performance indicator?  Bagaimana keduanya cocok dengan tujuan bisnis kamu?

5. Jadilah Pekerja bersikap fokus

Meskipun kamu seorang brilian , tanpa strategi yang tepat, tak akan berhasil tanpa pekerja yang tepat.   Pekerja yang tepat membutuhkan support dan development untuk tumbuh.    Dengan kata lain, talent management terbaik ,  adalah pekerja yang bersifat sentris.  Jadi talent dan aset manusia, adalah suatu kehidupan, orang yang menghirup nafas di luar pekerjaan. 

Baca juga: Pentingnya Self Improvement dan Self Growth

Strategi yang dibutuhkan adalah 80 jam per minggu dari setiap orang untuk mencapai sukses usaha, hal itu akan gagal jika kamu tidak berbuat sebagai pekerja fokus.

6.Kembangkan alat untuk cara kerja dapat berhasil

Apakah kamu punya sistem yang berlaku untuk komunikasi, Kerjasama, dokumentasi dan integrasi di antara departemen dan divisi?   Apakah kamu juga support untuk penggantian uang?  Jika tidak, kamu harus menyuruh pegawai untuk mengambil Kursus untuk meningkatkan keterampilan.  Bagaimana seluruh reward  dibandingkan dengan kompetitor.   Cara kerja tanpa tool yang baik tidak akan membantu.

Baca juga: Perencanaan Pengembangan Diri untuk Wujudkan Impian

 
Apakah perusahaanmu sudah  mengembangkan keterampilan management talent  yang dibutuhkan?   Jika belum, sudah waktunya untuk melakukannya.    Perusahaan yang baik membutuhkan talent management yang tepat sesuai dengan tujuan perusahaan.

Sumber referensi:

How to develop a Talent Management Framework for your organization

https://www.aihr.com/blog/talent-management-framework/