baca buku self development

5 Manfaat Membaca Buku Self Development

Cara mengembangkan diri banyak caranya, salah satunya adalah dengan membaca buku. Buku akan memberikan banyak pengetahuan baru, pengalaman baru, hingga pada akhirnya akan memberikan banyak pandangan baru. 

Buku yang dapat berkontribusi terhadap pengembangan diri tentunya banyak tersedia, baik di toko online maupun toko offline. Review yang disajikan oleh para pembeli dan pembaca sebelumnya akan membuat Anda semakin kaya. Pengetahuan yang didapatkan dari buku self development tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar introspeksi diri dan berbenah untuk tahap hidup selanjutnya.

Berikut manfaat membaca buku self development

Menambah pengetahuan

Poin pertama tentu saja menambah pengetahuan. Buku self development akan memberikan banyak pandangan yang dibalut kebaikan oleh sang penulis. Buku jenis ini tentu saja seolah membuat pembaca berkaca pada kealpaan yang mungkin tercipta. Tentu saja dengan demikian akan tercipta kebaruan dalam tindakan. Belajar dari kesalahan penulis agar tidak mengulang perihal yang sama. 

Menambah pengalaman

Setiap manusia adalah unik. Banyak hal yang Anda punyai dan tidak sama antara satu insan dengan insan lain. Dari masing-masing pengalaman tersebut tentunya masing-masing pribadi akan saling belajar. Pengembangan diri yang dilakukan dengan baik akan menciptakan pengalaman baru yang dapat dipetik oleh orang lain. Saling belajar tentang cara menemukan konsep diri terbaik akan membuat terbentuknya banyak kepribadian baru yang lebih baik. 

Memberikan pandangan

Dari sikap yang terbentuk antara masing-masing pribadi akan memberikan lebih banyak pandangan. Tentang satu hal yang salah dan satu hal yang benar. Jika atmosfer ini terus hidup dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, maka akan banyak timbul pandangan yang pada akhirnya akan saling melengkapi. 

Hiburan yang menenangkan dan menyenangkan

Ya, karena kegiatan membaca, termasuk membaca buku self development mampu memberikan hiburan bagi pembaca. Bisa saja buku nonfiksi ini dikemas dalam bahasa fiksi sehingga pembaca tak hanya mendapatkan manfaat baca dan termotivasi dengan perubahan baru, tetapi juga sekaligus terhibur karena ada hal-hal unik yang menimbulkan suasana relaks. 

Guru yang tidak menggurui

Nasihat dan menasihati memang sangat dianjurkan. Namun hal baik ini kerap menimbulkan kata jenuh apabila tidak dikelola secara bijaksana. Oleh sebab itu diperlukan beberapa pendekatan dari sang penyampai kebaikan, dalam hal ini adalah penulis, kepada pembaca. Buku self development menjadi satu upaya untuk menyuburkan benih-benih kebaikan. 

Beberapa kali saya pernah membaca buku yang seolah memberikan sindiran secara halus. Saya tidak merasa digurui, bahkan menilai pribadi lalu mengulum senyum. Ada banyak hal dalam buku itu yang akhirnya memberikan saya sebuah dorongan untuk mengikuti. Tentu saja langkah-langkah yang dipaparkan dalam buku tersebut berhasil menggugah sisi terbaik dalam diri. Kata-kata dalam tiap kalimat buku self development tersebut tak membosankan, bahkan bisa mempengaruhi pemikiran.

Demikian lima manfaat membaca buku self development. Percayalah bahwa dunia ini mengalami perkembangan pesat setiap hari. Jika terlambat menyadari maka penyesalan yang akan menghampiri. Membaca buku self development lalu mengambil banyak hikmah berupa pertambahan pengetahuan, pengalaman, pandangan, menjadi wahana hiburan di tengah penatnya setumpuk pekerjaan hingga berwujud laksana guru yang memberikan banyak ilmu dan pengetahuannya dengan tidak mengharapkan pamrih. 

Apakah Anda sudah pernah membaca buku self development? Buku berjudul apa yang berhasil meraih hatimu? Yuk, bagikan! Sama-sama kita teguk lautan kata penuh makna yang dikandungnya.