rencana karir

Rencanakan Dari Sekarang, 8 Tips Karir Cemerlang

Career Journaling (unsplash.com/Estée Janssens)

Di medan perang, dibutuhkan rencana yang matang untuk bisa memenangkan sebuah peperangan. Perlu strategi yang tepat untuk bisa mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Layaknya medan perang di luar sana, kamu juga berperang dengan hidup kamu sekarang ini. 

Bagaimana cara kamu bisa mewujudkan tujuan masa depanmu dengan karir cemerlang? Ayo mulai sekarang rencanakan karir masa depan mu. Berikut 8 tips untuk mensukseskan rencana karir masa depan mu.

1. Atur kembali visi dan misi untuk rencana karir di masa depan

Setiap orang memiliki impian yang ingin dicapai, maka dari itu diperlukan perencanaan yang matang, atur kembali visi dan misi masa depan kalian.

Dengan visi dan misi yang jelas membuat rencana karir lebih terstruktur, dengan berpedoman dengan visi yang jelas kamu bisa membayangkan seperti apa kamu 3 atau 7 tahun kedepan. 

Spesifik kan visi mu agar kamu tidak keluar dari jalur, dengan begitu fokus mu tidak akan terbagi dan terpecah. Dengan begitu kamu bisa melihat akhir dari tujuan yang kamu inginkan.

2. kenali dirimu sendiri dengan melihat rupa mu di masa lalu

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita berkaca pada masa lalu, bagaimana kita di masa lalu? Pencapaian apa yang sudah kita lakukan selama ini? 

Prestasi – prestasi yang kita peroleh bisa menjadi cambuk untuk memotivasi diri kita agar lebih terus maju kedepan.

Dengan melihat kembali prestasi dan minat kita, membuat kita lebih mengenal kembali diri kita, apa yang menjadi kekuatan, kelebihan dan kekurangan yang kita miliki sehingga dapat mengenali kesempatan – kesempatan, peluang dan kendala yang dihadapi untuk dimasukkan ke dalam rancangan karir di masa depan.

3. Perbanyak soft skill dan hard skill untuk meningkatkan “value” diri

Branding diri merupakan hal penting untuk menarik seseorang maupun perusahaan yang ingin kerja bareng kita. Agar kita terlihat dan dilirik oleh perusahaan impian adalah dengan memperbanyak hard skill dan soft skill.

Sedikit demi sedikit meningkatkan kemampuan agar dapat bersaing dengan orang lain. Soft skill yang sesuai dapat membantu kita menghadapi lingkungan kerja yang ketat dan keras, begitu pun dengan hard skill yang dimiliki dapat membantu segala pekerjaan yang dilakukan kedepannya.

4. Pahami teknologi dan ikuti perkembangan tren di dunia

Dunia terus berputar, perkembangan teknologi semakin maju sehingga kita juga harus mengikuti segala perkembangan yang ada.

Segala tren yang ada memudahkan kita untuk bisa meningkatkan pekerjaan yang ada. Tools yang selalu di update dipelajari terus untuk membantu pekerjaan kita.

Tapi jangan terlalu terbawa arus perkembangan teknologi, ingat sesuaikan dengan kebutuhan yang sekarang ini.

5. Review segala pencapaian di masa lalu, kembangkan lagi segala potensi diri dan juga pahami kegagalan yang dialami

Sekali – kali lihat ke belakang jangan terlalu fokus kedepan. Ambil nafas sebentar untuk melihat kembali pencapaian di masa lalu dan kegagalan yang sudah kita alami.

Semua kita alami di review kembali untuk sekedar mengingatkan kembali tujuan yang ingin dicapai. Kegagalan yang dialami digali kembali untuk melihat apa yang perlu dibenahi, kembangkan lagi potensi yang dimiliki untuk selalu belajar dan belajar.

6. Fokus dan konsisten dalam merencanakan karir masa depan.

Jangan lupa dengan tujuan masa depan mu, fokus adalah kunci untuk tetap di jalur yang tepat. 

Dengan segala yang sudah dilalui kita dapat belajar untuk tetap fokus dengan masa depan yang kita inginkan.

Konsisten dengan apa yang dimiliki, dengan begitu segala yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan begitu karir cemerlang akan berada di depan mata.

7. Jangan pernah berhenti belajar hingga sampai tahap profesional

Belajar, belajar, belajar. Jangan sampai lelah untuk belajar hal baru. Untuk bisa ke tahap profesional, meningkatkan pengetahuan terus menerus harus dilakukan. 

Untuk bisa ke tahap expert yang diinginkan jangan merasa puas dengan apa yang diketahui sekarang, karena perkembangan dunia yang terus berjalan maka adanya peningkatan pengetahuan untuk mengikuti alur yang ada juga harus dilakukan.

Dengan terus belajar kita dapat meningkatkan kemampuan guna memperluas wawasan, pengalaman dan koneksi untuk peluang karir yang lebih baik kedepannya.

8. Evaluasi secara berkala dengan rutin

Ini sangat penting dilakukan untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan.

Dengan melakukan evaluasi rutin kita bisa melihat apakah tujuan sudah dilakukan atau tidak?

Melakukan pengontrolan terhadap tujuan agar tidak menyimpang dan keluar jalur.

Baca Juga : 13 Program Pengembangan Karir Karyawan

Itulah beberapa tips untuk kamu yang mau merencanakan karir di masa depan. Dengan melakukan perencanaan kamu bisa lebih terstruktur dan fokus untuk melakukan karir masa depan mu. Diharapkan kamu bisa mendapatkan karir cemerlang

Ingat segala perjuangan yang kamu lakukan tidak pernah ada kata sia – sia, semua ada kegunaannya untuk masa depan mu kelak.

Semoga berhasil.