menjual kue adalah salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan

9 Kesulitan dan Solusi Merintis Usaha Rumahan

Menjual kue adalah contoh bisnis rumahan untuk pemula (freepik.com/our-team)

Saat ini bisnis rumahan memang menjadi trend dikalangan masyarakat karena sudah banyak yang memulainya. Terlebih di masa pandemi tidak sedikit yang terkena PHK karena ada pengurangan karyawan. Ketika pertama kali memulai bisnis, akan ada banyak yang menyulitkan pebisnis untuk mengembangkan usahanya.

Apa saja kesulitan yang dihadapi ketika merintis usaha rumahan? Dan bagaimana cara menyiasatinya? Berikut pembahasannya!

Beberapa Contoh Kesulitan dan Solusi Merintis Usaha Rumahan :

1. Bingung Menentukan Bisnis yang Tepat

Hal pertama dan paling umum dirasakan oleh setiap calon pebisnis adalah kebingungan menentukan bisnis apakah yang paling tepat untuk dijalankan. Bisnis yang sedang trend tentu akan lebih menarik, tetapi biasanya hanya bersifat musiman. Sebaliknya, bisnis besar yang terlihat menguntungkan belum tentu menjamin hasil yang nantinya diperoleh akan sesuai ekspektasi.

Jangan terlalu lama membuang waktu untuk memikirkannya, segera tentukan bisnis yang paling sesuai dengan minat dan keahlian, serta memiliki prospek yang bagus untuk jangka panjang, sehingga lebih mudah memulai dan mengelola bisnis dengan cara yang tepat.

2. Ada Ketakutan Jika Usaha Gagal

Ketakutan adalah hal yang wajar dirasakan seseorang ketika ingin memulai sesuatu, tak terkecuali saat ingin memulai  bisnis. Dalam dunia bisnis, kegagalan merupakan bagian dari resiko yang yang harus diterima jika bisnis tidak dikelola dengan tepat.

Namun hal ini tidak akan terjadi jika kita bisa selalu berfikir positif dan tetap tenang, serta memiliki rencana yang lebih matang, sehingga akan selalu ada jalan untuk memulai bisnis.

3. Merasa Tidak Mampu dan Tidak Percaya Diri

Di masa awal berbisnis, kita tentu belum memiliki kemampuan mengelola dan merencanakan bisnis dengan sempurna. Namun kita harus tetap optimis dan memiliki keyakinan pasti bisa, dengan lebih banyak belajar lagi meningkatkan kemampuan berbisnis.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah ilmu bisnis, mulai dari mengikuti kegiatan kursus, seminar, banyak membaca buku tentang bisnis yang digeluti, dan bergabung dengan komunitas wirausaha untuk mendapatkan ilmu serta menambah jaringan bisnis.

4. Tidak Mempunyai Jaringan untuk Promosi Produk

Jika seorang pebisnis tidak mempunyai jaringan, akan berdampak pada terbatasnya pemasaran produk itu sendiri. Untuk itu, perlu membangun jaringan dimulai dari orang-orang terdekat yang sering berinteraksi dengan kita seperti rekan kerja, tetangga, kerabat, atau relasi yang pernah bekerjasama. Selain itu kita bisa bekerjasama dengan perusahaan periklanan untuk membantu mempromosikan produk.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan promosi produk seperti melakukan riset untuk menentukan target promosi, membuat pesan yang kreatif dan memiliki tujuan jelas untuk menarik perhatian calon pelanggan, menentukan media apa yang paling tepat untuk mempromosikan produk, dan lain-lain.

5. Menghitung Modal Keuangan Secara Rinci

Supaya bisa menjalankan bisnis tentu membutuhkan modal yang cukup, cukup dalam hal ini adalah kita bisa menyesuaikan bisnis dengan modal yang dimiliki. Jika modal terbatas kita bisa mencoba bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu, kemudian membuat perincian untuk menyiapkan semua keperluan usaha.

Ada banyak pilihan bisnis rumahan yang sederhana dan minim modal, kita bisa menjalankannya lebih mudah. Namun jika ingin memulai bisnis yang lebih besar, bisa meminjam uang ke bank, anggota keluarga, atau saudara.

6. Berinovasi Membuat Produk yang Unik

Tidak masalah jika ingin membuat bisnis yang sudah ada di pasaran, tetapi ini bisa menjadi masalah jika produk yang ditawarkan merupakan hal biasa dan sudah banyak dijual. Untuk bersaing dengan pebisnis lain dan membuat calon pelanggan tertarik membeli produk, kita harus bisa berpikir kreatif dan inovatif membuat produk unik dan beda dari yang lain. Misalnya keunikan produk dari segi cita rasa, kemasannya, dan juga pemilihan nama brand yang unik akan membuat calon pelanggan teringat dan penasaran pada produk tersebut.

7. Membuat Visi dan Misi yang Jelas

Terkadang bisnis pemula yang tidak memiliki kemampuan dalam berbisnis memulai usaha tanpa membuat visi dan misi. Untuk visi atau tujuannya sudah jelas karena kebanyakan pebisnis pasti ingin usahanya sukses, namun untuk misinya masih belum ada bayangan karena mereka memikirkannya seiring dengan berjalannya usaha.

Penting membuat visi dan misi yang jelas agar dalam memulai usaha bisa berjalan dengan baik dan dapat menentukan target secara jelas dan tepat sasaran. Sebaliknya mustahil memiliki usaha tanpa visi dan misi, karena akan kesulitan mencapai target yang sudah ditentukan sebelumnya.

8. Tertib Mencatat Semua Administrasi

Biasanya banyak pebisnis yang hanya mencatat pengeluaran dengan nominal besar, padahal berapapun nominalnya tetap harus dicatat jika berhubungan dengan usaha, lalu jangan pernah mencampur uang pribadi dengan uang untuk kegiatan usaha. Kegiatan mencatat administrasi atau pembukuan ini sangat penting dilakukan secara tertib dan teratur agar usaha tidak mengalami kesulitan untuk berkembang.

9. Fokus pada Satu Pekerjaan

Banyak pebisnis mulai mencoba bisnis rumahan tetapi masih bekerja di perusahaan untuk mendapat pemasukan tambahan. Ini dilakukan karena jika memutuskan resign dan memulai bisnis, terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti usaha yang ternyata tidak dapat berhasil mereka akan kehilangan penghasilan.

Hal ini yang membuat pebisnis menjalani keduanya secara beriringan dan tidak bisa fokus pada salah satunya. Meski begitu keduanya tetap bisa berjalan dengan menerapkan disiplin mengatur waktu antara bisnis dan pekerjaan, karena kita akan lebih sibuk dan harus siap dengan segala resikonya.

Demikian penjelasan beberapa kesulitan yang akan dihadapi ketika merintis usaha rumahan dan cara menyiasatinya. Jika menghadapi berbagai kesulitan menjalankan usaha, jangan cepat menyerah, selalu optimis mampu mengatasi semua kesulitan dengan tepat, dan pastikan sudah memiliki gambaran tentang bisnis yang akan dijalankan.

Tetap semangat ya! Semoga sukses!

Sumber Referensi :

  1. 6 Kendala Usaha saat Pertama Kali Memulai Bisnis
  2. Tak Perlu Kaget, Ini 6 Kendala yang Sering Terjadi saat Memulai Bisnis Pertama
  3. 7 Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Berhasil
  4. Kamu Masih Memulai Usaha? Ikuti 4 Cara Berikut

Baca Juga :

  1. 12 Keuntungan Memiliki Bisnis Rumahan
  2. Mau Nambah Cuan? Yuk Buka Bisnis Rumahan!