menjahit adalah salah satu contoh bisnis rumahan yang menjanjikan

12 Keuntungan Memiliki Bisnis Rumahan

Ilustrasi: menjahit adalah salah satu contoh bisnis rumahan yang menguntungkan (freepik.com/freepik)

Keadaan ekonomi yang semakin sulit, mengharuskan semua orang terus berpikir bagaimana caranya bisa menyambung hidup. Selain bekerja berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan penghasilan, banyak masyarakat membuat bisnis rumahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan jika penghasilan pokok tidak dapat menutup kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Bisnis rumahan adalah usaha yang dijalankan dari rumah, bisnis ini bisa menjadi usaha sampingan atau usaha yang menjadi pekerjaan utama pemilik bisnis. Banyak hal yang membuat masyarakat lebih memilih menjalani bisnis rumahan, salah satunya adalah karena keuntungannya. Apa saja keuntungan yang diperoleh jika memiliki bisnis rumahan? Mari kita simak bersama!

12 Keuntungan Bisnis Rumahan :

1. Tidak Ada Perjalanan Kerja yang Jauh dan Melelahkan

Untuk orang yang bekerja di perusahaan, setiap harinya mereka harus berangkat pagi, berdesakan di transportasi umum atau terjebak kemacetan di perjalanan menuju kantor. Tetapi tidak bagi orang yang memiliki usaha rumahan, perjalanan kerja mereka sangatlah sederhana, dimulai dari keluar kamar kemudian ke ruang tengah atau turun ke lantai satu jika rumahnya bertingkat kemudian menuju ke ruang kerja sebagai pusat kegiatan bisnis dijalankan.

Inilah salah satu keuntungan utama yang dimiliki pebisnis usaha rumahan, mereka tidak harus merasakan kelelahan di perjalanan sebelum bekerja.

2. Mempunyai Jam Kerja yang Sangat Fleksibel

Bisnis rumahan memiliki jam kerja yang sangat fleksibel karena pemilik usaha bebas menentukan kapan hari kerja dan hari libur, kapan bisnis usaha rumahan beroperasi, serta memulai pekerjaan di pagi hari atau baru mulai di malam hari.

Dengan adanya teknologi informasi seperti smartphone dan jaringan internet yang memudahkan pemilik usaha berinteraksi dengan pelanggan kapan saja.

3. Lebih Hemat karena Lokasi Bisnis Berada di Rumah

Keuntungan memiliki bisnis rumahan selanjutnya adalah lebih hemat karena pemilik usaha rumahan tidak perlu menyewa ruko atau tempat khusus untuk lokasi bisnis. Mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan lokasi bisnis jika terjadi kerusakan, sehingga lebih fokus menjalankan bisnis tanpa perlu memikirkan biaya tambahan.

4. Lebih Mudah Menyiapkan Keperluan Usaha

Karena pusat kegiatan bisnis ada dirumah dan tidak ada kontrak sewa dengan siapapun, pemilik bisnis usaha rumahan bebas menentukan apa saja yang diperlukan untuk usaha rumahan. Seperti bebas merekrut karyawan, menentukan jam kerja karyawan, dan lain-lain.

5. Memiliki Waktu yang Berkualitas untuk Keluarga

Karena pusat kegiatan bisnis rumahan berada dirumah, maka pemilik bisnis ini memiliki lebih banyak waktu luang untuk keluarga, terlebih kepada anak dan istri jika sudah berkeluarga. Hal ini juga akan memberikan kenyamanan serta menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan baik.

6. Usaha Rumahan dapat Mengasah Kreativitas dan Berinovasi

Agar usaha rumahan terus berkembang, pemilik bisnis harus mengikuti perkembangan terkini yang sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Sehingga diperlukan pembaruan ide yang kreatif dan inovatif untuk bersaing dengan pebisnis lainnya, dibutuhkan juga kesabaran serta ketekunan dalam merintis bisnis usaha rumahan.

7. Dapat Menekan Biaya Produksi

yaitu dengan cara menyiasati memakai tenaga kerja dari keluarga sendiri seperti suami, kerabat, teman, bahkan pembantu. Sehingga biaya produksi usaha rumahan menjadi lebih ringan karena tidak merekrut karyawan.

8. Terhindar dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Berbeda dengan orang yang bekerja di perusahaan yang sewaktu-waktu dapat diberhentikan,  pemilik bisnis usaha rumahan tidak akan terkena PHK karena mereka adalah bos di usaha yang dibuat sendiri sehingga mereka akan terhindar dari PHK.

9. Dapat Meringankan Pajak

Ketika menjadi karyawan urusan PPh diatur oleh perusahaan, tetapi ketika memiliki usaha rumahan pemilik bisnis dapat mengukur seberapa besar jumlah pajak yang akan dibebankan. Karena pendapatan bisa langsung diterima tanpa ada pengurangan, pemotongan pajak penghasilan, dan lain-lain.

10. Dapat Mengontrol Usaha Secara Langsung

membuka bisnis usaha rumahan akan memudahkan pemilik bisnis mengawasi dan mengontrol jalannya usaha secara langsung, dari mulai pengadaan barang, proses produksi, kualitas produk, hingga pemasaran produk.

11. Memiliki Pemahaman Tentang Perekonomian

Hidup tidak akan lepas dari aktivitas ekonomi, ketika menjalankan bisnis rumahan secara tidak langsung kita akan belajar tentang perekonomian. Jika mempunyai pemahaman ekonomi yang bagus, jalan hidup menjadi lebih terencana seiring dengan perkembangan ilmu ekonomi.

12. Mendapat Penghasilan Tambahan

Jika bisnis rumahan merupakan pekerjaan sampingan, kita bisa mendapat pemasukan tambahan dari usaha tersebut. Meski membutuhkan waktu dan tenaga ekstra,  bisnis rumahan ini bisa membuat finansial menguat dan meningkatkan kesejahteraan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda memiliki usaha rumahan. Jika ada peluang dan kesempatan yang terbuka lebar, tidak ada salahnya mencoba memulai bisnis rumahan. Selain karena beberapa keuntungan di atas, bukan tidak mungkin bisnis rumahan yang sebenarnya pekerjaan sampingan akan menjadi pekerjaan pokok yang menjanjikan. Selamat mencoba ya! Semoga sukses!

Sumber Referensi :

  1. Usaha Rumahan : Definisi, Kelebihan dan Kekurangan, serta Hal yang Perlu Disiapkan
  2. Keuntungan dari Bisnis Rumahan
  3. 6 Manfaat Bisnis Rumahan

Baca Juga :

  1. Mau Nambah Cuan? Yuk Buka Bisnis Rumahan!
  2. 9 Kesulitan dan Solusi Merintis Bisnis Rumahan