menjual produk kerajinan tangan adalah salah satu contoh bisnis rumahan

Mau Nambah Cuan? Yuk Buka Bisnis Rumahan!

Menjual produk kerajinan tangan adalah salah satu contoh bisnis rumahan (freepik.com/tirachardz)

Apa sih usaha rumahan itu? Jenis usaha rumahan seperti apa yang menguntungkan?

Mungkin pertanyaan ini sering dilontarkan oleh setiap orang yang ingin menambah penghasilan dari rumah, orang yang ingin menyalurkan hobi, atau orang yang sekedar ingin mengisi waktu luang dengan kesibukan yang bermanfaat sekaligus memperoleh keuntungan.

Pengertian dari bisnis rumahan adalah jenis usaha apapun yang dilakukan dari rumah pemilik bisnis, bisa juga sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan di luar rumah tetapi pusat kegiatan bisnis tetap dijalankan di rumah.

Pemilik bisnis rumahan tidak perlu menyewa tempat lain untuk dijadikan lokasi bisnis, bahkan pemilik bisnis juga tidak perlu memiliki properti tertentu, sehingga mereka bisa memanfaatkan properti yang sebagian besar sudah tersedia di rumah dan membutuhkan sedikit properti tambahan.

Banyak jenis usaha rumahan yang dapat dikelola secara fleksibel dan berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Seperti apa ide bisnis rumahan yang menjanjikan? yuk kita simak bersama!

Contoh Bisnis Rumahan yang Menjanjikan :

1. Membuka Toko Kelontong / Sembako

Meskipun sudah banyak minimarket dan supermarket, membuka toko kelontong atau sembako adalah ide bisnis rumahan yang menjanjikan apalagi jika di lingkungan sekitar rumah belum ada warung. Selain modalnya tidak terlalu besar, masih banyak masyarakat yang lebih memilih belanja di warung atau toko kelontong karena harganya yang lebih ringan.

Ide Jualan sembako merupakan salah satu bisnis yang tidak akan ada matinya karena menjual kebutuhan primer semua orang dan akan terus diminati.

2. Menerima Pesanan Makanan (Jasa Catering)

Ide bisnis rumahan dalam bentuk makanan yang sudah matang juga banyak peminatnya, usaha ini bisa dijual ke tetangga atau ditawarkan ke perusahaan, pabrik, sekolah, atau komunitas yang sering mengadakan acara tertentu. Untuk menarik konsumen, bisa dengan menyediakan gratis ongkir, paket mini, paket bundling, atau tambahan snacks untuk pelanggan yang memesan makanan dalam jumlah banyak.

3. Menjual Makanan Ringan atau Camilan

Selain makanan pokok, menjual berbagai macam jenis camilan juga merupakan ide bisnis rumahan yang menjanjikan karena banyak orang membutuhkannya untuk dikonsumsi sendiri atau hidangan untuk acara-acara tertentu seperti arisan, pengajian, atau syukuran.

4. Membuat Usaha Laundry

Mencuci pakaian adalah aktivitas yang melelahkan terlebih lagi jika dilakukan secara manual, belum lagi aktivitas menyetrika pakaian yang juga membutuhkan niat besar untuk memulainya. Tidak heran ketika seseorang sudah lelah menghabiskan hari-harinya untuk bekerja memilih jasa laundry kiloan untuk mencuci pakaian atau sekedar menyetrika pakaian saja karena tidak adanya waktu untuk mengerjakan aktivitas tersebut.

5. Mencoba Usaha Rumahan Online

Di era digital seperti sekarang sebagian besar kegiatan sudah dijalankan secara online, dengan adanya akses internet semua jadi serba cepat dan mudah. Banyak hal bisa dikerjakan dari rumah, termasuk memulai bisnis rumahan online yang hanya bermodalkan smartphone atau laptop dan akses internet saja, contoh ide bisnis online seperti :

a. Menjadi Dropshipper

yaitu pihak ketiga yang bekerjasama dengan pemilik toko untuk menjual dan memasarkan produk tanpa harus membelinya terlebih dahulu (menyetok).

b. Menjadi Reseller

adalah ide bisnis rumahan yang dapat dikelola secara online maupun offline. Seorang reseller membeli produk dengan harga tertentu kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi, sehingga ia akan mendapat keuntungan dari selisih harga tersebut.

c. Menjadi Blogger

yaitu membuat dan mengelola blog secara konsisten dengan memposting konten, berinteraksi dengan audiens, dan selalu mengikuti hal-hal terkini yang sedang trend sesuai topik yang telah dibuat.

d. Menjadi Admin Media Sosial

adalah seseorang yang masuk ke dalam manajemen media sosial perusahaan atau tempat usaha  untuk membuat konten promosi produk dan melakukan riset kepada target audiens.

e. Bisnis Afiliasi

adalah bisnis yang paling banyak diminati karena hanya dengan membagikan link afiliasi produk orang lain, kita akan mendapatkan komisi jika seseorang membeli produk melalui link yang kita bagikan melalui media sosial.

f. Menjadi Penulis Lepas

adalah seseorang yang membuat karya tulis secara mandiri (independen) untuk klien pribadi atau perusahaan baik projek kontrak maupun lepas. Penulis lepas bebas bekerja untuk siapa saja dan berapapun kliennya termasuk memilih mana projek yang ingin dikerjakan.

g. Menjual Produk Kerajinan Tangan

dengan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki, kita bisa membuat berbagai produk unik sesuai trend masa kini seperti tas, aksesoris dan lain-lain lalu menjualnya secara online di media sosial.

h. Menjual Produk Preloved

Salah satu ide bisnis rumahan secara online adalah menjual produk preloved seperti tas, sepatu, pakaian, alat rumah tangga dan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi karena ukuran tidak sesuai atau ingin mengurangi isi rumah karena terlalu banyak barang dengan fungsi yang sama. Dalam hal ini barang yang dijual preloved merupakan milik pribadi dan masih sangat layak pakai.

6. Menjual Frozen Food

Di masa modern yang serba cepat seperti sekarang banyak orang ingin segala sesuatu menjadi mudah, praktis dan instan. Salah satunya dalam hal makanan, banyak orang ingin makan makanan yang lezat tanpa butuh waktu banyak untuk menyajikannya. Itulah mengapa frozen food menjadi makanan yang banyak diminati dan menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang bisa dikembangkan baik offline maupun online.

7. Jasa Membuat Bingkisan atau Souvenir

Adalah bisnis rumahan yang menawarkan jasa untuk mengemas barang tertentu menjadi terlihat lebih menarik sesuai keinginan pelanggan untuk momen spesial seperti acara lamaran, pernikahan, anniversary, ulang tahun anak-anak, hari raya dan lain-lain.

8. Agen Pembayaran PPOB (Payment Point Online Banking)

Adalah ide bisnis rumahan yang menawarkan jasa pembayaran listrik, PDAM, internet, tv kabel, tiket pesawat, tiket bus, tiket kereta api dan lain-lain. Bisnis PPOB perlu mendaftar dan deposit uang terlebih dahulu supaya menjadi agen ,dengan modal smartphone dan jaringan internet yang semua orang memilikinya bisnis ini sudah bisa berjalan.

9. Agen Pulsa dan Paket Data

Adalah ide bisnis rumahan yang bisa dicoba hanya dengan modal smartphone saja, bisa juga dengan memasang spanduk di depan rumah sebagai informasi. Dengan meningkatnya kebutuhan pulsa dan paket data di masa pandemi, menjadikan bisnis ini menjanjikan dan banyak diminati.

10. Bisnis Konveksi atau Menjahit

Adalah ide bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal mesin jahit dan keterampilan yang dimiliki, bisa juga dengan menawarkan usaha konveksi melalui media sosial untuk menerima pesanan secara online.

11. Jasa Buket Bunga dan Kado

Adalah ide bisnis yang menawarkan jasa untuk membuat buket bunga atau barang-barang tertentu sesuai keinginan pelanggan. Modalnya diperlukan kardus, pita, lem tembak, kertas warna-warni dan keterampilan membuat buket bunga yang indah dan menarik untuk orang-orang tersayang.

12. Menjadi Guru Les atau Bimbel

Masa pandemi mengharuskan sekolah libur dan membuat murid belajar di rumah secara online, hal ini bisa menjadi peluang untuk membuka bimbingan belajar atau guru les privat. Selain bimbel dan guru les bisa juga dengan membuka kursus di bidang tertentu seperti memasak, komputer, menjahit dan lain-lain.

13. Membuka Jasa Cuci Motor

adalah salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan, jika bisa menghadirkan pelayanan yang baik bukan tidak mungkin pelanggan akan datang kembali. Hanya bermodalkan air bersih dan sabun cuci motor serta keterampilan untuk mencuci motor, bisnis ini akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Mungkin beberapa usaha diatas adalah sebagian kecil contoh ide bisnis rumahan yang menjanjikan untuk pemula. Semakin meningkatnya kreativitas dan inovasi untuk mengikuti trend membuat jenis usaha rumahan semakin banyak, dan membuat banyak orang beralih dari pekerjaan kantor ke usaha rumahan.

Apakah Anda adalah salah satu orangnya? Jika iya, beberapa ide bisnis diatas bisa menjadi rekomendasi untuk memulai usaha rumahan. Selamat Mencoba!

Sumber Referensi :

  1. Usaha Rumahan : Definisi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Hal yang Perlu Disiapkan
  2. Untung Terus, Inilah 6 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya
  3. Bisa Nambah Cuan! 10 Peluang Usaha Rumahan ini Bisa Dilakukan Secara Online
  4. Inilah 10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Baca Juga :

  1. 12 Keuntungan Memiliki Bisnis Rumahan
  2. 9 Kesulitan dan Solusi Merintis Usaha Rumahan