6 Tips Dasar Transaksi Aman di Facebook Marketplace

marketplace transaksi aman
freepik.com/author/redgreystock

Sekarang ini, urusan jual beli sudah dimanjakan dengan kehadiran jual beli online. Masyarakat merasa nyaman dan sangat terbantu dengan kehadiran jual beli online ini karena tidak perlu datang jauh-jauh ke lokasi toko. Sebelum adanya berbagai e-commerce dan marketplace seperti saat ini, banyak transaksi jual beli dilakukan di media sosial. Salah satunya di media sosial Facebook, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli di grup Facebook.

Kehadiran Marketplace facebook menjawab minat jual beli yang tinggi di komunitas mereka. Dari segi penggunaan, marketplace facebook dapat digunakan dengan mudah dalam menemukan, membeli dan menjual produk. Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan, transaksi di Marketplace Facebook belumlah dapat dikatakan aman. Kamu harus pintar-pintar jika ingin membeli suatu produk di marketplace Facebook.

Berikut ini adalah tips mendasar agar transaksi mu aman saat membeli produk di marketplace Facebook.

Tips Transaksi aman di Facebook Marketplace

1. Pahami Jenis Penipuan di Facebook Marketplace

Penipuan dalam ranah jual beli sudah ada sejak dahulu sampai saat ini. Dalam menghindari kata “penipuan”, kuncinya adalah penipu memang cerdik namun kamu harus lebih bijak. Maka dari itu, kamu harus mengenali jenis jenis penipuan saat transaksi jual beli.

Jika kamu tidak ingin rugi, maka kamu harus memahami modus-modus penipuan. Dilansir dari Smartfren, ada beberapa cara dalam mengenali modus penipuan di toko online yaitu sebagai berikut ini.

1. Modus Penipuan dengan Harga Murah

Modus penipuan yang pertama adalah menjual suatu produk dengan harga murah. Namun, pada kenyataannya produk tersebut bisa saja palsu atau produk lain. Langkah dari penipu yaitu membuat konsumen tergiur dengan harga murah dan membeli produk tersebut.

Agar kamu terhindar dari kasus tersebut, kamu harus teliti dalam memilih barang. Gunakan logika mengapa penjual bisa menjual dengan harga semurah itu.

2. Modus Penipuan Cash On Delivery

Tindak penipuan ini dapat dibilang baru dan unik. Penipuan ini ditandai dengan kemunculan barang misterius yang mengharuskan penerima harus membayarnya dari aturan sistem COD tersebut.

Untuk menghindari modus penipuan ini, kamu harus bijak dan teliti dalam menerima kiriman paket. Kamu juga harus berfikir lebih luas, siapa tahu paketnya salah kirim atau penerimanya orang di sekitarmu.

Baca juga : 8 Teknik Jitu Berjualan di Marketplace Facebook!

2. Kenali Penjual Lebih Mendalam

Mengenali penjual secara mendalam adalah langkah wajib ketika kamu membeli suatu produk. Di Facebook, kamu dapat dengan mudah melihat profil dari penjual. Marketplace Facebook merupakan fitur dari Facebook sehingga kamu dapat melihat aktivitas yang dilakukan suatu profil di media sosial Facebook.

Dilansir dari Sepositif, beberapa hal yang kamu perhatikan dari penjual diantaranya:

  • Foto profil dari penjual.
  • Aktivitas keseharian penjual di Marketplace.
  • Perhatikan, apakah penjual sering aktif di Facebook.
  • Biodata penjual di Facebook seperti gender dan alamat penjual..

3. Komunikasi Dengan Penjual

Jika ingin membeli suatu produk, komunikasikanlah terlebih dahulu mengenai spesifikasi dan ketersedian produk. Komunikasi juga penting dilakukan dalam mengenali karakter seseorang.

Kamu bisa melakukan komunikasi dalam bentuk chat atau telepon jika memungkinkan. Jangan lupa gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar tidak ada kesalahpahaman.

4. Cermati Deskripsi Produk

Saat kamu beralih ke halaman produk di marketplace Facebook, Kamu akan ditampilkan dengan nama penjual, lokasi penjual dan informasi produk. Informasi produk yang ditampilkan saat kamu memilih suatu barang yaitu berupa gambar barang dan deskripsi produk seperti nama, harga dan lain sebagainya.

Kadangkala, seseorang salah membeli karena deskripsi produk yang tidak sesuai seperti gambar dan deskripsi yang berbeda. Kamu harus cermat dalam mengenali barang dari segala aspek.

5. Gunakan Metode COD (Cash On Delivery)

Metode COD atau bayar ditempat yang merupakan singkatan dari Cash On Delivery menjadi pilihan sistem pembayaran. Dikutip dari Detikfinance, Cash On Delivery merupakan sistem pembayaran dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli yang dilakukan di suatu tempat. Masyarakat lebih familiar mendengar COD dengan bayar ketika barang sudah datang.

Metode ini efektif dilakukan jika kamu ingin lebih pasti terhadap barang yang akan kamu beli. Pastikan kamu membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan penjual terkait jadwal dan lokasi COD.

6. Periksa Produk Dengan Teliti

Saat kamu membeli barang di marketplace Facebook dengan sistem yang dipilih, pastikan kamu membuat kesepakatan untuk melihat barang dengan penjual atas persetujuan kedua belah pihak. Ini perlu dilakukan karena kamu dapat memeriksa barang secara detail dan terperinci seperti kelengkapan barang.

Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa mengurangi resiko terjadinya penipuan dan kesalahpahaman saat proses transaksi sudah selesai.

Berbelanja di Facebook marketplace memang memberikan kemudahan dan efesiensi waktu. Namun, kata “aman” masih belum terjamin saat melakukan transaksi. Untuk itu kamu harus cermat dan bijak dalam bertransaksi seperti menggunakan tips diatas.

Sumber Referensi:

  1. HARUS TAHU! 5 Tips Bertransaksi Aman di Facebook Marketplace
  2. Cash On Delivery (COD): Pengertian, Cara Kerja, dan Tipsnya
  3. 6 Cara Belanja Online di Facebook Agar Transaksi Aman
  4. 5 Cara Mudah Mengenali Penipuan Online Shop Yang Marak Terjadi