Pentingnya Dengarkan Suara Konsumen!

“Kehilangan satu konsumen itu sama dengan sulitnya mendapatkan 5  konsumen baru. Suara konsumen jadi hal yang terpenting dalam usaha bisnismu”.

Sebagai produsen atau pengusaha, pastinya kamu pernah menerima kritik, saran dari konsumen. Jangan abaikan kritik saran dari konsumen .

Dalam berbisnis baik itu sebagai produk pelayanan atau produk consumer,  kita semua pasti punya konsumen.  Dengarkan suara konsumen yang sering disebut suara Tuhan.

Untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen yang loyal merupakan hal yang sulit bagi pengusaha.  Jika konsumen tidak puas dan dia berikan saran, tapi tidak digubris, dia akan tinggalkan produk kita.  Bahkan ada yang membuat testimoni yang buruk kepada calon pelanggan lain.

Untuk  para konsumen itu sangat senang  dan puas dengan pelayanan kita, lebih baik konsumen loyal itu  diberikan keleluasaan untuk memberikan rating dengan jujur .   Bila dia merasa puas, pasti dengan senang hati dia akan memberikan rating yang sangat bagus, misalnya bintang 5. Tapi jika dia tak merasakan kepuasan, entah itu kekurangan atau pelayanan yang tak sesuai dengan ekspektasi/yang dijanjikan, dia pasti berikan komentar berupa saran, kritik dan sebagainya.

Sebagai pengusaha, Anda tidak usah gusar dengan saran, kritik yang disampaikan oleh konsumen.  Justru dengan kritik, Anda harus memeriksa diri tentang kekurangan pelayanan/produk yang Anda jual.

Banyak manfaat dari umpan balik konsumen yang dapat digunakan oleh pebisnis.  

Inilah 3 manfaat untuk manfaat umpan balik atau suara konsumen:

1.Memantau kepuasan konsumen

Umpan balik menjadi parameter sejauh mana tingkat kepuasan mereka.   Bagaimana perasaan konsumen terhadap produk?    Apa pengalaman konsumen saat gunakan produk?   Apakah produk itu digunakan sesuai dengan manfaatnya atau bahkan terjadi sebaliknya.  

Ketika sudah menemukan kekurangan, perlu diperbaiki dan ditingkatkan kualitas produk dan barang.   Ada keuntungan yang dapat dinikmati bersama antara produsen dan konsumen

2. Meningkatkan Produk dan Jasa

Ketika konsumen puas dan senang dengan produk yang ditawarkan, dia dengan senang hati mempublikasikan testimoni di circle pertemanan dia.  Secara tak langsung, hal ini merupakan promosi  gratis bagi pengusaha untuk menggaet calon konsumen baru.

Sebaliknya jika terjadi keluhan dan komentar negatif terhadap produk , pebisnis harus menjadikannya informasi untuk tolak ukur . Semakin banyak informasi yang dikumpulkan semakin mudah bagi pebisnis untuk menyempurnakan produk dan memberikan yang terbaik bagi konsumen.

3.Menciptakan konten yang relevan

Suatu pengalaman adalah nilai berharga bagi konsumen. Hal ini bisa jadi promosi yang relevan.  Perlu Anda tanyakan apa pengalaman sebelum dan sesudah membeli produk.

Lebih baik juga memancing kepada pelanggan, alasan kuat mereka jadi membeli produk itu dibandingkan dengan kompetitornya.

Berikut ini adalah tips hadapi kritik dan saran Konsumen:

1.Tenang

Anda tidak boleh bereaksi berlebihan ketika masuk kritik pedas, kecaman tentang produk yang Anda jual.   Tenangkan pikiran dan perasaan Anda.   Anda harus berpikir bahwa kritik itu bukan kritik pribadi. Tapi kritik tentang produk yang dijual.   

2.Fokus

Tak usah mencari kambing hitam, siapa dan mengapa orang ini mengkritik produk Anda.  Tetapi mencari kebenaran tentang apa yang dikritik itu.  Setelah penelusuran terbukti benar, Anda harus segera mendeteksi kesalahan apa yang terjadi di pihak Anda.

3.Empati

Tentu saja, konsumen akan dengan senang hati ketika Anda sebagai pengelola atau pengusaha menghubunginya.  Anda menyampaikan permintaan maaf dan bersedia memberikan penggantian atau penukaran barang yang tidak baik kepada yang baru dan bagus.

4. Action dan apresiasi

Aksi itu sangat penting.  Jangan anggap enteng suatu kritik.  Sebaiknya  Anda bisa memberikan hadiah atau surat penghargaan kepada konsumen yang memberikan kritik.   Kesan yang menghargai atas kritik yang dikirimkannya.

Suara konsumen jangan dianggap enteng atau diabaikan.  Suara konsumen jadi titik awal bagi produsen untuk tingkatkan perbaikan mutu produk yang dijualnya..

Kesadaran mendengarkan suara konsumen jadi awal kesuksesan Anda.