Ingin Bangun Bisnis Baru,Namun Banyak Pesaing? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Siapa yang bilang berbisnis itu mudah alias gampang?  Angkat tangan tinggi-tinggi.  Pasti hanya 1 atau 2 orang yang angkat tangan. Bisnis baru tak semudah membalikkan tangan.

Bukti menyatakan bahwa teman-teman saya yang tadinya punya ide segudang dan semangat menggebu-gebu, akhirnya harus berakhir dengan sedih. Usahanya ditutup karena kegagalan tak ada pembeli datang.

Agar usaha yang sedang kamu rintis itu tidak gagal total. Sebaiknya lakukan riset , bidang usaha apa yang kompetisinya tidak banyak. Usaha bukan sekedar coba-coba, ach saya sudah belajar tentang buat kopi, sekarang pengen buat coffee shop.  Padahal di sekitar kita sudah demikian banyaknya coffee shop yang sepi aja penggemarnya.   Mungkin saat pembukan karena kamu undang banyak orang, orang antusias untuk coba. Tapi setelah coba nggak datang lagi.

Pikirkan untuk punya usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang tapi peminatnya atau pesaingnya belum banyak. Bahkan pikirkan usaha yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain karena kamu punya ide unik.

Riset pemasaran harus dilakukan untuk mengetahui seberapa konsumen berminat atau membutuhkan. Soal dana kita bisa membuat proposal untuk cari pemodal di luar.

Jadi bisnis baru banyak persiapan dan pertimbangan yang perlu dikalkulasi.

Berikut ini adalah contoh usaha yang tidak mudah tapi punya dianggap unik :

1.Jual Greenhouse Hidroponik

Ngga punya tanah yang luas, sekarang ini bukan masalah. Cukup keahlian untuk menguasai teknik hidroponik di pertanian dapat dilakukan. Kecuali jika kamu punya lahan yang luas, dapat membuat greenhouse hidroponik yang dilengkapi dengan peralatan hidroponik yang lengkap.

Umumnya penggemar sayuran hidroponik sangat banyak .   Konsumen menyadari/ mengetahui bahwa sayuran tanpa kimiawi sangat penting untuk Kesehatan.  

Jadi apabila kamu hanya pemilik greenhouse, padukan ilmu dengan hidroponik supaya hasilnya maksimal dan kamu dapat cuan dari penjualan sayur.

Dapat juga berbagi hasil dengan mereka yang berminat untuk usaha agribisnis,  sebagai mitra tentu kita harus mengetahui pemasaran yang tepat .

Konsumen bukan hanya dari individual , juga dari perusahaan seperti pengusaha catering , restoran dan expor jika memungkinkan.

2.Jasa Rental Manekin

Manekin adalah patung untuk digunakan sebagai model untuk pakaian yang dijual.  Nach apabila kamu jeli bahwa usaha yang tidak gampang itu juga punya ceruk usaha lumayan seperti pengusaha kecil dan menengah yang tak ingin ribet dengan beli peralatan untuk pakain yang dijualnya.  

Anda dapat mencoba untuk menyewakan manekin dan memberikan pelayanan terbaikmu, misalnya pengiriman lebih murah.

3.Jasa Digital Marketing

Di saat boomingnya e-commerce, tentunya para platform yang begitu banyak sangat membutuhkan orang yang ahli dalam jasa konsultasi digital marketing.

Professional hire jauh lebih penting dibandingkan dengan bekerja di satu perusahaan yang harus duduk dari 8-17.   Tetapi pastikan kamu punya kemampuan dan personal branding yang sudah mumpuni.

Ada pendapat dari SimpliLearn, untuk menguasai digital marketing kamu perlu punya kemampuan social media marketing, content marketing, search engine optimization, search engine marketing, affiliate marketing, hingga email marketing.

4. Keamanan siber

Untuk Anda yang suka banget dengan bidang IT, tak ada salahnya menyasar usaha yang tak mudah ini yaitu keamanan siber.

Meskipun tak setiap orang bisa tetapi dalam dunia digital ini terutama industry perbankan membutuhkan para ahli dalam bidang keamanan siber untuk mengamankan situsnya dan kejahatan dari kejahatan cyber.

Perusahaan besar, maupun organisasi besar yang punya database cukup besar harus dilindungi. Anda mesti lindungi database mereka.

5. Glamping

Berlibur yang kekinian digemari oleh warga urban adalah dengan glamping.  Glamping istilah keren dari berkemah.    Mereka ingin merasakan liburan yang berbeda .  Jika Anda punya mitra yang punya tanah luas, bisa bekerja sama untuk membuat glamping dengan fasilitas hotel .

Penting untuk view yang sangat asyik dan indah untuk dinikmati.

Baca juga: Kenapa ingin Jadi Content CopyWriter?

6. Tempat Pet 

Banyak pecinta pet yang ingin berlibur dan tidak ingin biarkan pet nya sendirian di rumah tanpa dirawat.   Riset tentang pecinta pet yang memang perlu tempat pet untuk dirawat. Berapa lama mereka berlibur dan berapa banyak yang sering berlibur.

Jika sudah mendapatkan hasil risetnya, dan cukup potensial, kenapa tidak mulai usaha untuk fasilitas penunjang yang disiapkan bank hotel bagi pet.

Bisnis bagi pemula tak mudah, alias sulit.  Namun, dibalik kesulitan yang ada selalu ada peluang.  Apakah Anda sudah menangkap peluang itu?

Baca juga : Pentingnya Self Improvement dan Self Growth

Sumber referensi:

Ini 7 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan, Minim Pesaing!https://store.sirclo.com/