8 Teknik Jitu Berjualan di Marketplace Facebook!

menarik pelanggan di marketplace
https://www.freepik.com/author/jcomp

Perkembangan teknologi membawa berbagai perubahan salah satunya di ranah jual beli. Saat ini, ada begitu banyak marketplace yang memudahkan pelaku bisnis untuk menjual produknya. Tak sedikit orang melihat dan mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan nilai distribusi untuk menambah pendapatan.

Facebook marketplace merupakan fitur rilisan Facebook yang dirancang atas dasar ide banyaknya transaksi yang dilakukan di grup facebook. Berjualan di marketplace Facebook ditawarkan banyak kemudahan sehingga tingkat persaingan yang kian tinggi.Oleh karena itu, seller harus memahami secara mendalam teknik-teknik agar dapat memenangi persaingan tersebut. Disini kami merangkum beberapa teknik yang membuat produk kamu banyak orang dan berpengaruh kepada peningkatan penjualan.

Teknik untuk Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Untuk meningkatkan traffic audiens, coba terapkan trik dibawah ini agar produk mu dapat dilihat oleh banyak orang.

1. Informasi Konten Marketplace yang Menarik

Membuat konten yang menarik menjadi hal yang wajib dilakukan saat berjualan dimanapun. Di Marketplace Facebook, kamu menawarkan produk mu melalui sebuah postingan yang berisikan gambar dan deskripsi produk. Kamu bisa membuat gambar postingan yang cantik agar calon pelanggan tertarik dengan postinganmu.

Selain itu, faktor kunci bagi pelanggan terhadap informasi produk yaitu di bagian isinya. Pastikan kamu memberikan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai agar dapat mempertahankan pelanggan dan kamu mendapat nilai kejujuran di mata pelanggan.

Baca juga : Begini Cara Berjualan di Marketplace Facebook

2. Hubungkan dengan Aplikasi Lain

Dalam berjualan di marketplace, kamu harus mengetahui kebutuhan pelanggan dengan baik. Kadangkala pelanggan meminta komunikasi dengan penjual dilakukan di aplikasi lain, mungkin atas alasan kenyamanan atau lain sebagainya.

Di marketplace, kamu dapat menambahkan aplikasi lain yang terhubung denganmu. Jadi calon pelanggan bisa saja menghubungi lewat aplikasi lain dan lebih nyaman melakukan komunikasi atau aktivitas lainnya.

3. Iklan dan Kampanye Produk melalui Facebook Ads

Jika kamu ingin meningkatkan traffic secara signifikan, kamu bisa mencoba menggunakan fitur ads di marketplace Facebook. Ada banyak model iklan yang dapat diterapkan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Penggunaan ads juga memberikan jangkauan yang lebih luas kepada pemirsa dimana tidak hanya di marketplace Facebook saja. Jika kamu menggunakan ads, maka postingan dapat di tampikan juga di kabar beranda Facebook dan lain sebagainya.

4. Tawarkan Promo

Agar tingkat penjualan semakin meningkat, kamu bisa menawarkan promo berbagai bentuk promosi. Disini kamu bisa memilih opsi semisal diskon produk, but 1 get 1, cashback dan lain sebagainya.

Seringkali pemirsa di marketplace tertarik dan tergiur dengan kata “promo”. Dalam melakukan promosi, kamu harus kalkulasi keuntungan dan kerugian serta bagaimana dampak promosi terhadap penjualanmu selanjutnya.

5. Fast Respond Communication

Jangan buat calon pelanggan menunggu lama, kamu harus siap dan sigap akan informasi yang kamu sampaikan jika ada pertanyaan dari calon pelanggan. Komunikasi dapat dilakukan melalui chat, telepon atau opsi lainnya yang terpenting kenyaman komunikasi antar penjual dengan calon pemirsa.

Dilansir dari Shipper Indonesia, Seller yang baik adalah seller yang menguasai pengetahuan seputar produk dan terus mempelajari strategi pemasaran. Dalam komunikasi, kamu harus memiliki prinsip seller yang dimana mengetahui seluk beluk informasi dari produk yang kamu tawarkan serta mempelajari teknik marketing.

6. Tawarkan juga di Grup Facebook

Untuk meningkatkan pemirsa, tidak ada salahnya jika kamu posting produk mu di grup facebook. Pastikan kamu posting di grup yang sesuai agar probabilitas ketertarikan pelanggan lebih tinggi.

Semisal kamu ingin menjual mame bonsai, kamu bisa posting ulang produk mu seperti di grup jual beli bonsai, grup budidaya bonsai mame dan lain sebagainya.

7. Buat Facebook Fanspage

Saat ini, di Facebook terdapat Facebook fanspage yang dapat dibuat secara gratis. Di Facebook, kamu dapat menghubungkan marketplace dengan fanspage. Kamu bisa buat sebuah halaman yang lengkap dengan kontak pengguna serta dapat memposting produk mu disini.

Penggunaan Facebook fanspage sangat mudah. Terdapat panduan untuk menyelesaikan berbagai kelengkapan yang dibutuhkan agar penggunaan Facebook fanspage efektif.

8. Update postingan Secara Rutin di Marketplace

Perlu kamu ketahui, terdapat durasi postingan di marketplace facebook selama 1 minggu. Jika kamu tidak update postingan lewat Facebook marketplace assistant, maka postinganmu akan hilang.

Maka dari itu kamu harus update postingan produk mu secara rutin. Postingan terbaru juga akan meningkatkan pemirsa dikarenakan masih fresh.

Demikian teknik jitu yang dapat kamu terapkan ketika berjualan di marketplace Facebook. Kamu dapat mempelajari menerapkan teknik tersebut untuk meningkatkan traffic penjualan.

Sumber referensi:

  1. Marketplace memudahkan Anda menemukan, membeli, dan menjual barang di area sekitar atau mengirimkannya
  2.  6 Langkah Supaya Kamu Menjadi Seller Favorit di Marketplace
  3.  6 Cara Agar Marketplace Dilihat Banyak Orang