13 Program Pengembangan Karir Karyawan

Ilustrasi kegiatan pelatihan kerja karyawan (freepik.com/master1305)

Siapa yang tidak ingin karirnya berkembang?

Tentu setiap orang yang bekerja ingin karirnya dapat berkembang ya..

Dalam hal ini arti dari pengembangan karir adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh perusahaan sebagai sarana belajar karyawan untuk mengetahui diri, bereksplorasi, dan mengambil keputusan yang membentuk karir individu untuk mencapai hasil yang optimal dalam berkarir.

Jadi, jika ingin karir dapat berkembang diperlukan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan, salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan atau program yang dibuat oleh perusahaan.

Apa saja contoh program pengembangan karir itu?

Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh program atau kegiatan yang dapat membuat karir karyawan berkembang

Yuk kita simak bersama!

1. On The Job Training

Merupakan program pelatihan yang mengajarkan keterampilan, pengetahuan dan kompetensi, pelatihan ini dilakukan di tempat kerja sesungguhnya dengan memberikan tugas-tugas untuk dikerjakan karyawan. Misalnya perencanaan karir, pembelajaran, pelatihan dan bimbingan.

2. Off The Job Training

Merupakan program pelatihan yang dilaksanakan diluar tempat kerja dalam waktu tertentu untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Di pelatihan ini karyawan juga diberikan materi-materi tertentu untuk menambah pengetahuan. Misalnya business games, simulasi, magang dan lain-lain.

3. Mutasi

adalah penempatan atau pemindahan karyawan pada tugas baru dengan tanggung jawab jabatan dan penghasilan yang relatif sama dengan posisi sebelumnya, agar produktivitas kerjanya meningkat dari segi efisiensi dan efektivitas kerja di perusahaan.

4. Promosi

Merupakan bentuk program pengembangan karir yang diinginkan karyawan, karena bisa mendapat jabatan dengan posisi lebih tinggi dari sebelumnya. Setiap karyawan yang dipromosikan akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi, namun akan sebanding dengan pendapatan dan fasilitas yang didapat. Untuk mendapat promosi juga perlu perlu perjuangan memenuhi syarat dan ketentuan  perusahaan, maka tidak heran jika program ini sangat diharapkan karyawan.

5. Rotasi

adalah proses perpindahan posisi karyawan dalam suatu unit untuk mengatasi kejenuhan dalam bekerja, untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian karyawan.

6. Coaching

merupakan sebuah program pelatihan yang mengajarkan, membimbing, dan memberikan instruksi kepada karyawan agar memperoleh keterampilan atau metode baru untuk mengatasi masalah kinerja atau kesulitan memahami tugasnya.

7. Pelatihan Keahlian (Skill Training)

merupakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian karyawan, melalui penilaian yang dilakukan lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan sehingga karyawan dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki guna menunjang pekerjaannya.

8. Pelatihan Ulang (Retraining)

kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dengan memberikan pelatihan ulang mengenai sistem atau hal-hal di perusahaan yang mengalami perubahan sehingga karyawan bisa lebih percaya diri untuk menghadapi dan menyelesaikan tuntutan pekerjaan yang berbeda setiap waktunya.

9. Pelatihan Lintas Fungsional (Cross Functional Training)

merupakan pelatihan yang dilakukan karyawan dengan mencoba bidang lain diluar pekerjaan yang menjadi kebiasaan, dalam pelatihan ini karyawan diharapkan lebih meningkatkan komunikasi dengan divisi lain agar terbentuk interaksi dan kerjasama dalam pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

10. Pelatihan tim (Team Training)

adalah pelatihan yang diberikan kepada sekelompok karyawan dengan memberikan tugas, bisa berupa permainan yang dikerjakan secara bersama-sama untuk meningkatkan kerjasama sebuah tim demi tercapainya tujuan perusahaan.

11. Pelatihan Bahasa (Language Training)

adalah program pelatihan karyawan berupa mempelajari bahasa asing agar terciptanya komunikasi yang baik dengan pihak luar, sehingga perusahaan dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan asing.

12. Pelatihan Teknologi (Technology Training)

program pelatihan yang diberikan untuk menambah skill karyawan dalam menerapkan fungsi teknologi di perusahaan dan menambah produktivitas kerja.

13. Pelatihan Kreativitas (Creativity Training)

Program Pelatihan yang diberikan agar karyawan dapat mengasah kreativitas, menciptakan gagasan baru dan inovasi yang menarik untuk bisnis perusahaan.

Program pengembangan karir sangat berguna bagi perusahaan dan juga karyawan, karena melalui program pengembangan karir yang terencana dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan diikuti dengan tingkat kepuasan kerja yang mendorong kinerja karyawan menjadi lebih baik dan akan berdampak positif bagi perusahaan.

Beberapa program pelatihan pengembangan karir karyawan diatas dapat dilakukan dengan bantuan jasa training atau pelatihan karyawan, guna menciptakan SDM berkualitas baik dan tentunya akan berpengaruh pada bisnis perusahaan yang akan semakin maju dan berkembang.

Sumber Referensi :

  1. Pentingnya Program Pengembangan Karir Karyawan
  2. Pengembangan Karir Karyawan : Manfaat dan Penerapan
  3. Kegiatan Pengembangan Karir
  4. Pengertian Perencanaan Karir : Tahapan, Manfaat, dan Metodenya
  5. Lakukan 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Karyawan Perusahaan

Baca Juga :

  1. Manajemen Karir : Manfaatnya bagi Perusahaan, Karyawan dan Organisasi
  2. Ingin Karir Sukses? Yuk Kenali Tahapan Prencanaan dan Perkembangannya