10 Pohon Yang Cocok Dijadikan Bonsai Mame

bonsai mame
freepik.com/author/arthurhidden

Bicara soal seni memang tidak ada habisnya, salah satunya yaitu dalam seni pangkas-memangkas. Siapa tidak kenal dengan bonsai? Pohon yang dibandrol dengan harga yang sangat fantastis dengan segala keunikannya.

Saat ini banyak sekali yang tertarik dengan bonsai mulai dari dijadikan usaha bisnis, hobi, dan ada juga yang menjadikan sebagai koleksi. Usaha budidaya bonsai banyak ditemui di wilayah indonesia dikarenakan hasilnya yang menjanjikan.

Ukuran Bonsai beragam mulai dari ukuran besar sampai ukuran mikro. Bonsai dapat dibagi menjadi 4 berdasarkan ukurannya yaitu big size, medium size, mini, dan mame. Tertarik mempelajari budidaya bonsai meme? Mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu Bonsai Mame?

Dari ukuran bonsai diatas, bonsai mame merupakan jenis bonsai yang memiliki ukuran paling kecil diantara yang lainnya. Bonsai mame merupakan bonsai yang dibentuk dengan ukuran yang sangat kecil yang ditanam dengan media tanam dan pot juga juga kecil. Ukuran bonsai mame yaitu rata-rata segenggam tangan.

Baca juga : Tangan Kreatif! Contoh 12 Kerajinan Dari Barang Bekas!

Bagi para pecinta bonsai, budidaya bonsai mame patut untuk dicoba dikarenakan dibalik ukuran yang kecil tersimpan berbagai tantangan. Pembentukan karakter bonsai dibalik ukurannya yang kecil tentu harus memiliki ketelitian yang mumpuni.Bonsai mame biasanya bagus dijadikan hiasan indoor dikarenakan ukurannya yang kecil. Karakteristik bonsai mame yaitu ranting dan daun yang sangat kecil. Pembentukan ranting dan pemangkasan daun harus memiliki ketelitian yang extra hati-hati.

Mengapa Memilih Bonsai Mame?

Bonsai mame memiliki beragam keunggulannya, salah satunya yaitu dikarenakan ukuran yang kecil, maka memerlukan media tanah sedikit dan pot yang kecil sehingga mengurangi biaya yang keluarkan.

Keunggulan selanjutnya yaitu proses pertumbuhan hingga mencapai titik final lebih pendek dibandingkan dengan budidaya bonsai lainnya. Bonsai mame merupakan ukuran bonsai yang paling kecil sehingga pada saat proses pertumbuhan bisa dibarengi dengan proses pertumbuhan. Lain halnya dengan bonsai yang berukuran besar yang memerlukan waktu yang lama untuk proses pembesaran batang pohon.

Keunggulan yang terakhir yaitu dikarenakan pertumbuhan bonsai pendek, maka perawatannya juga lebih sebentar. Perawatan dalam pemupukan dan juga penyiraman lebih ringan dibandingkan bonsai dengan ukuran yang lebih besar.

Namun dibalik itu, ketelitian menjadi kunci dalam pembentukan bonsai mame. Dalam pembentukan ranting yang semakin mengecil maka harus semakin berhati-hati dan teliti.

10 Pohon Yang Cocok Untuk Mame Bonsai

Sancang

Sancang banyak ditemui di wilayah tropis seperti Indonesia. Pohon sancang mudah tumbuh pada lahan yang sedikit lembab. Sancang memiliki karakteristik daun bulat berwarna hijau muda. Pohon sancang sangat mudah diperbanyak yaitu dikembangbiakan dengan cara stek batang.

Pakar dendrologi dari Fakultas Kehutanan UGM, Dwi Tyaningsih Adriyanti, mengatakan bahwa pertama kali pohon sancang ini ditemukan di wilayah China, Jepang, dan sekitarnya. Namun seiring bergulirnya waktu, pohon ini menyebar luas ke wilayah tropis di Asia terutama Asia Tenggara, Australia bagian utara, serta Afrika.

Pohon sancang memiliki keunggulan yaitu daunnya dapat dibentuk sangat kecil sehingga bagus dijadikan bonsai mame dari ukuran daun pohon yang kecil.

Baca juga : 6 Ide Kerajinan Bambu yang Mudah Dibuat!

Beringin Dolar

Beringin dolar merupakan tanaman yang mudah tumbuh di area tropis dengan karakteristik bentuk daun bulat dan tebal. Pohon ini mudah tumbuh di area lembab, namun juga tahan hidup pada media yang kering.

Bonsai ini memiliki keunikan dari daunnya yang tebal dan mudah dikecilkan ketika rajin dipangkas. Selain itu, akar dari pohon beringin Dolar sama seperti beringin pada umumnya yaitu akar gantung yang menambah nuansa estetik dari pohon.

Kimeng

Beralih ke pohon kimeng yang sama dari jenis beringin, pohon kimeng memiliki karakteristik daun menyirip dengan warna hijau mengkilap.

Dilansir dari Kumparan, Kimeng juga dikenal dengan nama Ficus Tiger Bark atau beringin batang harimau. Penamaan ini mengacu pada corak batang kimeng yang lebih nyata dibandingkan beringin lokal.

Pohon kimeng memiliki keunggulan yaitu memiliki ketahanan hidup yang lama. Untuk merawat pohon yang satu ini sama seperti pohon pada umumnya yaitu melalui pemupukan dan penyiraman sudah cukup.

Beringin Lokal

Siapa sangka beringin lokal bisa dijadikan bonsai mame. Beringin lokal sangat mudah tumbuh di wilayah Indonesia. Beringin (Ficus benjamina) biasanya tumbuh sangat besar dan memiliki diameter yang luas.

Dengan kreatifitas unik, pohon beringin lokal dapat dijadikan bonsai salah satunya di kategori bonsai mame. Dengan ciri khas akar tinggi dan daun yang dapat dipangkas hingga berukuran kecil menjadi keunggulan dari pohon ini.

Elegan

Pohon elegan dengan nama latinnya “Ficus obliqua” merupakan pohon dari jenis beringin dengan karakteristik yang hampir sama dengan kimeng yaitu memiliki daun menyirip dan mengkilap, namun lebih tebal. Seiring bertambahnya usia pohon, elegan akan lebih banyak menghasilkan akar udara yang membuat pohon ini semakin cantik.

Sianci

Sianci dengan nama latinnya “Barbados cherry” merupakan pohon dengan karakteristik daun berwarna hijau muda dan warna batang putih. Pohon ini memiliki keunggulan dari buahnya yang cantik ketika sudah matang. Warna merah buah dengan bentuk bulat ketika pohonnya dikerdilkan akan terlihat indah sehingga menjadi ketertarikan untuk memiliki bonsai mame sianci.

Hokianti

Hokianti dengan nama latinnya “Ehretia microphylla” merupakan tanaman dengan karakteristik daun berwarna hijau mengkilap dan berukuran kecil. Tanaman Hokianti terlihat seperti tanaman semak namun jika dikreasikan akan cocok dijadikan bonsai mame.

Waru

Waru dengan nama latinnya “Hibiscus tiliaceus” merupakan pohon yang mudah ditemui di Indonesia yang biasanya berukuran besar. Pohon ini memiliki batang berkayu dengan daun melengkung berukuran besar. Namun, tanaman ini bisa dijadikan bonsai mame dikarenakan dapat hidup melalui stek batang dan daunnya dapat dipangkas hingga berukuran sangat kecil.

Adenium

Siapa yang tidak kenal dengan adenium atau kamboja jepang. Tanaman dengan bunganya yang indah dengan karakteristik batang umbi pada bagian bawahnya. Adenium bisa dikreasikan menjadi bonsai mame yaitu dengan cara dikerdilkan. Akan lebih bagus jika tumbuh melalui biji dikarenakan akan terbentuk umbi di bagian akar dan batang bawahnya.

Jeruk Kingkit

Jeruk kingkit merupakan tanaman dari jenis jeruk dengan karakteristik buahnya yang kecil. Tanaman ini mudah dirawat dan memiliki ketahanan yang kuat. Tanaman ini dapat di Tanaman jeruk kingkit sangat indah ketika dikerdilkan apalagi saat berbuah lebat.

Sumber Referensi :

  1. Bonsai Mame: Cara Membuat dan Jenisnya
  2. Pengertian, Jenis Tanaman dan Cara Membuat Mame Bonsai (Ukuran Paling Kecil)
  3. 8 Jenis Beringin Paling Laris, Ciri-Ciri dan Perbedaannya
  4. 15 Jenis Tanaman Bonsai Penghias Rumah Terbaik