6 Ide Kerajinan Bambu yang Mudah Dibuat!

kumpulan bambu
freepik.com/author/yingyang

Ada banyak sekali kerajinan yang bahan dasarnya mudah ditemukan di lingkungan kita. Salah satunya bambu, merupakan material yang serbaguna dimana bisa diolah menjadi kerajinan tangan.

Jika anda mahir dalam mengolah suatu bahan material, anda bisa mencoba bahan bambu. Pada dasarnya bambu merupakan bahan yang mudah dikreasikan karena mempunyai sifat yang lentur namun kuat.

Pada dasarnya, bambu merupakan sekian dari banyak tanaman yang mudah ditemui di wilayah Indonesia. Dilansir dari lindungihutan, bambu tumbuh di sepanjang Asia Timur hingga ke wilayah Australia bagian utara dan India hingga wilayah Himalaya.

Penggunaan Bambu di Indonesia.

Perlu kita ketahui, dari dulu hingga kini bambu telah dimanfaatkan untuk banyak hal. Bambu digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga, konstruksi dan pembangunan dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari segi geografis, pohon bambu sangat mudah ditemui di wilayah Indonesia. Bambu dapat dibeli dengan harga yang dibandrol cukup mudah. Namun, dibalik harganya yang murah, kerajinan bambu membawa seni yang unik dan menarik.

Tahukah kamu, beraneka model kerajinan dapat dibuat dari pengolahan bahan bambu. Kerajinan bambu banyak sekali diminati oleh masyarakat lokal hingga mancanegara. Pengolahan bahan bambu dapat menggunakan alat yang cukup sederhana. Dalam mengeksekusi bambu, yang paling dibutuhkan yaitu bagaimana menerapkan ide kita dalam sebuah kreatifitas menjadi sebuah karya seni yang menarik.

Keunggulan Bambu

Dilansir dari Klopmart, beberapa keunggulan dari penggunaan bahan bambu adalah sebagai berikut:

1.     struktur bambu yang lentur sehingga tidak mudah patah.

2.     bambu unggul dari segi waktu sebab dinding kulitnya yang keras.

3.     Harga bambu relatif lebih murah dibandingkan dengan kayu.

4.     Bambu memberikan kesan natural sehingga cocok dijadikan bahan kerajinan.

5.     Bobot bambu yang ringan sehingga tidak membebani dan mudah dibawa.

Proses Pengolahan Bahan Bambu.

Sebelum membuat kerajinan dari bahan bambu, anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pada umumnya, bambu yang dijadikan kerajinan merupakan bambu yang sudah dewasa sehingga mempunyai ketahanan yang kuat dan lama. Jika menggunakan bambu yang masih muda, bambu ini akan mudah melengkung dan mudah retak.

Proses pengolahan bambu mulai dari proses pemotongan. Dalam memotong bambu, pastikan memotong dengan gergaji yang tepat dengan gigi tajam. Potong bambu pada bagian antar ruas agar tidak mudah retak. Pastikan ketika memotong bambu dalam posisi lurus karena akan membuat ukuran bambu sejajar jika dipotong lagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Baca juga : Wujudkan Konsistensi Diri Mulai Dari Hal Berikut

Dalam mengolah bahan bambu tentu tidak diperlukan, dibutuhkan teknik yang tepat untuk membuat sebuah kerajinan agar hasilnya sesuai. Dilaporkan dari Kumparan, biasanya kerajinan dari bambu dibuat dengan dua teknik yaitu teknik anyaman dan teknik potong sambung.

Teknik Menganyam

anyaman bambu
Jurnal Menganyam Rupa karya Arif Fidiatmoko

Dilansir dari Jurnal Menganyam Rupa, Menganyam adalah proses menjaringkan atau menyilangkan bahan-bahan dijadikan suatu rumpun yang kuat dan dapat digunakan. Dalam melakukan teknik anyaman, dibedakan dari jumlah sumbu anyaman yaitu anyaman dua sumbu, anyaman tiga sumbu, dan anyaman empat sumbu.

Teknik Potong Sambung

potong sambung bambu
artforia.com

Selanjutnya ada teknik potong sambung dimana teknik ini umumnya digunakan dalam membuat meja, kursi dan lain sebagainya. Nanang Subarnas dalam bukunya Terampil Berkreasi menjelaskan bahwa kerajinan yang menggunakan teknik potong sambung dibuat dengan cara dipotong, disambung dan disusun.

6 Kerajinan Bambu yang mudah dibuat.

Jam dinding

jam dinding bambu
fallfordiy.com

Bosan dengan jam dinding yang itu-itu aja? Kamu bisa berkreasi membuat jam dinding dari bahan bambu. Selain memberikan informasi waktu, jam dinding juga bisa dijadikan sebagai hiasan ruangan yang estetik.

Gelas

gelas bambu
desain.id

Salah satu kerajinan bambu yang mudah dibuat adalah gelas. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan beberapa langkah saja.

Kamu hanya perlu menggunakan 1 ruas bambu untuk membuat 1 gelas. Jangan lupa pasangkan pegangan yang bisa dibuat juga menggunakan bahan bambu. Agar bagian dindingnya menjadi halus, kamu bisa menggunakan amplas untuk memperhalus.

Kotak pensil

kotak pensil bambu
rakrumahsakit.blgspot.com

Kotak pensil mudah dijumpai di pasaran, namun kamu bisa loh membuat kotak pensil dari bahan bambu. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat gelas yang dijelaskan sebelumnya.

Cara membuatnya mulai dari menghaluskan tiap ruas bambu menggunakan pisau, lalu potong bambu di bagian atas ruang untuk membuat alas kotak pensil. Sesuaikan panjang bambu dengan pensil yang kamu taruh nanti didalamnya. Untuk mempercantik, kamu bisa menambah hiasan dengan warna atau cat.

Vas bunga

vas bunga bambu
shopee.co.id

Vas bunga umumnya berbahan tanah liat dan dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Daripada mengeluarkan uang untuk membeli vas bunga, kamu bisa membuatnya menggunakan bahan bambu.

Vas bunga dari bambu cocok dijadikan sebagai hiasan indoor karena menambah nuansa estetik.

Rak buku

rak buku bambu
modishstore

Membuat rak buku dari bahan bambu bisa dijadikan solusi buat kamu yang ingin membuat kerajinan namun juga memiliki kegunaan. Kamu bisa membuat rak buku dengan ukuran minimalis dan juga bertingkat dari bahan bambu. Bambu menjadi bahan alternatif yang kokoh selain kayu namun memiliki bobot yang ringan.

Gantungan kunci

gantungan kunci bambu
id.aliexpress.com

Jika kamu kreatif dalam mengolah suatu material, kamu bisa membuat gantungan kunci dari bahan bambu. Kamu bisa membuat karakter kartun dari bambu agar terlihat lebih menarik. Gantungan kunci ini terlihat klasik dan unik, kamu bisa memperlihatkan karya ini ke teman-temanmu.

Bagaimana menurutmu contoh kerajinan dari bahan mambu diatas? kamu bisa mencoba membuatnya dirumah untuk menglengkapi kebutuhan kamu atau menjadikan sebuah hiasan.

Sumber Referensi:

  1. Hutan Bambu: Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Bambu (2022)
  2. Macam-Macam Teknik untuk Membuat Kerajinan dari Bambu
  3. Jurnal Menganyam Rupa
  4. Buku Terampil Berkreasi
  5.  Kelebihan & Kekurangan Bambu