Bisnis

Bingung Mau Bisnis Apa? Intip Ide Bisnis untuk Pemula!

Modal menjadi kendala besar bagi pemula bisnis. Kebanyakan pemula masih berpikir untuk memulai usaha harus memiliki modal besar. Bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal dianggap kurang menjanjikan dan sia-sia.

Tidak berhenti disitu saja, kerap kali orang menyerah membuka usaha, karena merasa kebingungan mencari ide. Padahal kamu bisa memanfaatkan segala yang ada di sekelilingmu untuk memulai bisnis baru. Bisa saja ide itu muncul dari masalah yang orang sekitarmu keluhkan juga. 

Jika kamu salah satu di antaranya, mungkin artikel berikut bisa menjadi insight yang bagus. Yuk, simak 7 ide bisnis untuk pemula dengan modal kecil, berikut!

1. Bisnis di Bidang Jasa

Bisnis Jasa Menulis
Ilustrasi Dua Orang Menulis untuk Dibayar
Unssplash.com/AndrazLazic

Kamu pasti punya kemampuan yang sebenarnya bisa diuangkan. Contohnya, jika kamu suka menulis, kamu bisa membuka Jasa terjemah bahasa Indonesia-Inggris atau sebaliknya, Jasa Penulisan Artikel, atau menulis cerita di platform berbayar. 

Bila kamu memiliki kemampuan fotografi dan videografi, kamu bisa menawarkan jasa tersebut. Promosikan melalui media sosial, rajinlah mencari informasi acara wisuda lalu tawarkan jasamu di sana. 

Sedangkan, untuk kamu yang hobi traveling, kamu bisa membuka jastip atau jasa titip. Sebab, banyak permintaan masyarakat untuk memiliki barang tertentu yang dijual di acara, daerah, dan Negara tertentu. 

Ide usaha di bidang jasa di atas tidak membutuhkan modal yang besar bahkan tanpa modal. Kamu hanya perlu memperkenalkan bisnis kamu di media sosial atau lingkunganmu. Namun, untuk jasa menulis dan fotografi ada baiknya jika kamu menyiapkan portofolio yang bisa meyakinkan calon konsumen untuk mempercayakan pilihan padamu.

Baca Juga : 3 Bisnis Freelance Digital Paling Diminati

2. Bisnis Waralaba atau Franchise

Bsinis Waralaba atau Franchise
Ilustrasi Memulai Bisnis Franchise
xframe.io/xframe_official

Bisnis yang dijalankan dengan kerjasama antara kemitraan dengan sebuah perusahaan yang telah memiliki nama di kalangan konsumen. Keuntungannya kamu tidak perlu risau memasarkan produk, tetapi dengan cepat mendatangkan pembeli. 

Sayangnya sebagian orang masih beranggapan bisnis ini membutuhkan modal besar. Padahal kini banyak pula waralaba jasa kirim barang, gas, tambal ban hingga jasa laundry. Bisnis franchise cukup menjanjikan meski dengan modal terbatas.

Satu kuncinya, kamu harus jeli melihat peluang bisnis tersebut, serta cerdas dalam memilih mitra bisnis yang baik. 

3. Bisnis Angkringan, Warung Kopi, dan Cafe

Bisnis Angkringan, warung kopi, dan cafe
Ilustrasi Makan Bersama dengan Teman
Rawpixel.com/Helena

Anak muda masa kini, sangat suka berkumpul bersama dengan temannya. Untuk mewadahi itu, minat tersebut kamu bisa membangun bisnis Warung Kopi atau Café. Cocokkan dengan lokasi di mana kamu membangun usaha, apakah Angkringan, Warung Kopi atau Café. 

Meskipun, usaha ini sudah menjamur terutama di daerah perkotaan, sayangnya tidak mudah mempertahankan bisnis ini. 

Pastikan café kamu berbeda dan unik dari kompetitor. Lengkapi dengan fasilitas free wifi. Buatlah promo potongan harga, hiburan seperti live music atau open mic stand up comedy. Kegiatan itu pastinya akan menarik pelanggan baru dari berbagai kalangan. 

Kamu juga bisa menciptakan desain interior yang estetik dan instagramable. Sehingga, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman selagi mempercantik tampilan feed instagram mereka. Dengan begitu, secara tidak sadar pengunjung mempromosikan café kamu melalui media sosial. 

4. Toko Kelontong dan Sembako

Bisnis berjualan sembako
Ilustrasi Ibu Berjualan di Toko Kelontong
Unsplash.com/Devi Puspita Amartha Yahya

Mungkin ini usaha yang tidak ada matinya, sebab semua orang memerlukan kebutuhan pokok sehari-hari. Sediakan kebutuhan yang biasa orang butuhkan. Misalnya, beras, minyak, telur, sabun dan kebutuhan lainnya. 

Meski begitu kamu perlu melakukan riset, apakah di daerah yang kamu pilih memiliki kompetitor lain. Jika iya, usahakan tokomu lebih lengkap dari toko lainnya. Sehingga, bila orang mencari barang di tempat lain dan tidak ada, mereka akan ingat toko kamu yang super lengkap. 

5. Bisnis Makanan

bisnis makanan
Ilustrasi Dua Orang Memasak
Unsplash.com/EdgarCastrejon

Satu lagi bisnis yang tidak ada matinya, asalkan kamu ulet menjalankannya ya, yaitu bisnis makanan. Di Indonesia banyak sekali ragam kuliner yang jika ditulis tidak akan akan cukup dalam satu buku tebal. 

Kamu bisa berfokus pada makanan tertentu, pertama yaitu katering makanan sehat. Sediakan makanan sehat dengan gizi yang terukur, produk ini bisa kamu tujukan pada orang yang ingin berdiet. Selain itu, bekerja sama dengan sekolah atau kantor untuk paket makan siang. Bahkan, dengan Event organizer sebuah acara. 

Kedua, bisnis makanan pedas. Pecinta pedas di Indonesia sangat banyak jumlahnya, karena itu usaha makanan pedas selalu muncul dan penggemarnya tidak sedikit. Kamu bisa menjual makanan ringan hingga makanan berat.

Ketiga, Food truck. Car Free Day yang kembali diadakan semenjak pandemi mulai pergi. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini sebagai ladang bisnis. Tidak hanya makanan, kamu juga bisa menjajakan minuman dengan menggunakan mobil atau truk yang disulap menjadi toko berjalan. 

6. Toko Kue dan Roti

bisnis toko kue dan pastry
Ilustrasi Bisnis Toko Kue dan Roti
Unsplash.com/Sebastian Coman Photography

Bila kamu hobi memasak, mungkin ide ini bisa menjadi salah satu pilihan selain contoh di atas. Tidak perlu ada toko secara fisik, cukup foto kue dan roti yang kamu bikin. Kemudian, posting dan promosikan melalui media sosial. Tambahkan testimoni, bisa dari orang dekat yang kamu cicipi atau pelanggan pertama yang memesan kue kamu.

Di Indonesia, banyak acara-acara di hari dan bulan tertentu, misalnya Idul fitri yang identik dengan kue kering seperti nastar dan sejenisnya. Di hari ulang tahun, kamu bisa menawarkan kue tart, juga di hari valentine dengan membuat kue berwarna merah muda.

Selalu memanfaatkan kondisi yang ada. Jangan ragu melakukan eksperimen agar produk kamu terlihat unik dan berbeda. 

Baca Juga : Tangan Kreatif! Contoh 12 Kerajinan Dari Barang Bekas!

7. Menjadi Affiliate Marketing

menjadi seorang affiliate
Ilustrasi Orang Menjadi Affiliator
Unsplash.com/KennyEliason

Bisnis ini dinilai cukup baru khususnya di era digital yang semakin maju. Affiliate Marketing sendiri adalah salah satu model strategi bisnis internet marketing yang paling sering diterapkan dalam sebuah bisnis. 

Misalnya, kamu mempromosikan sebuah produk dengan mencantumkan link dari toko produk itu dijual. Untungnya, kamu tidak diharuskan membeli barang tersebut. Jika, ada orang mengklik link yang kamu berikan lalu ia membeli. 

Maka, kamu akan mendapat komisi dengan peraturan pembagian yang sudah disepakati. Singkatnya, pemasaran afiliasi ini memiliki tiga sisi, yaitu antara penjual, affiliate dan konsumen. 

Jadi itulah tips dan ide usaha yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai bisnis. Satu kuncinya, jangan pernah takut dan malu untuk memulai bisnis apa pun itu. Bersahabatlah dengan masalah, maka kamu bisa menjadikannya peluang bisnis. Mulai aja dulu. 

Baca Juga : 5 Manfaat KOL Manajemen Agar Bisnismu Berkembang!