Raih Sukses, Miliki Self Awareness! Inilah Caranya.

Self awereness made your success story: source: pixels-edmond-dantes

Apakah engkau mengenal dirimu sendiri?  Orang yang tak kenal diri sendiri, dia seolah berjalan tanpa mengenal tujuan.  Bahkan, dia sering terantuk-antuk ketika ada orang yang  membully dirinya karena tak ada rasa hormat pada dirinya sendiri.

Itulah yang disebut self-awareness.  Self awareness merupakan kesadaran diri , salah satu kemampuan mengenal, memahami, perasaan, pikiran, evaluasi diri.   

Orang yang memiliki self awareness akan mengenal kemampuan,kelemahan demikian juga kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Yuk, bagi kamu yang ingin belajar tentang self awareness untuk diri sendiri, orang lain dan manfaatnya, simak penjelasannya berikut ini:

Self-awareness untuk diri sendiri

Menurut Ahmad (2008), dasar dari  self awareness dimulai dengan konsepnya.  Konsepnya sendiri terdiri dari beberapa aspek:

  • Konsep Diri atau Self¬† Concept

Konsep diri yang digambarkan tentang dirinya sendiri baik itu secara psikologis, karakteristik , sosial  dan emosional.

  • Paham atas dirinya sendiri:

Konsep diri juga dapat dilihat dari dua sisi, yaitu persepsi diri sendiri dan persepsi terhadap orang lain.  Dua identitas yang dilihat dari cara seseorang memandang atau menilai dirinya.

Dalam melihat dirinya sendiri atau self awareness, ada aspek lain yang perlu diketahui:

a.Kemampun Mengenali Emosi

Seseorang yang mengenali emosi dalam dirinya, apakah saya sedang kecewa, sedih, marah dan emosi lainny. Bagaimana saya bereaksi atas emosi yang timbul dan apakah reaksi itu sesuai dengan konsep diri saya?

b. Kemampuan Pengakuan Diri

Kemampuan yang menyadari bahwa ada sumber daya batiniah, perasaan,keterbatasan diri, kemampuan diri. Setiap kali orang yang punya kemampuan ini akan mengadakan intropeksi diri untuk belajar dari pengalaman, kritik dan perspektif baru.  Bahkan dia punya nilai humor dan mau menilai diri sendiri dari berbagai perspektif.

c. Kemampuan  percaya sendiri

Seseorang yang percaya terhadap dirinya, memiliki kesadaran yang kuat dan harga diri yang dimiliki.  Dia memiliki kemampuan untuk mengungkapkan keyakinan sebagai cara menunjukkan eksistensi atau keberadaan dirinya. Dia juga berani ungkapan pendapatnya yang berbeda dengan orang lain.

Self Awareness untuk orang lain:

Sebelum memahami orang lain, tentu paham tentang diri sendiri jauh lebih penting.  Untuk bisa fokus sendiri itu lebih mudah, dibandingkan dengan fokus atau melihat orang lain. Oleh karena itu kita harus punya self awareness internal maupun external.

a.self awareness internal

Kesadaran diri bagaimana kita melihat diri sendiri.   Apakah passion kita dan bagaimana kita menganutnya dan bagaimana kita berperan dalam lingkungan di sekitar kita?

Bila kita punya kesadaran ini kita dapat mencapainya dengan rasa bahagia,puas .  Namun, self awareness internal harus dibarengi dengan self awareness external supaya kita tidak stress dan gelisah untuk terus mengontrol diri kita terus menerus.

b.self awareness external

Kita menyadari bagaimana orang lain memandangmu.   Kesadaran ini membuat kamu punya empati, bahkan kamu punya relasi dengan orang lain lebih baik karena orang lain dapat memahami dirimu.

Baca juga : 7 Ciri Utama Orang Berprestasi Tinggi. Apakah Anda Salah Satunya?

Manfaat self awareness:

1. Tetap tenang  menghadapi masa kritis

Ayo ceritakan dirimu saat hadapi saat kritis? Bertarung atau pasrah? Jika kamu punya self-awareness, kamu bisa hadapi masalah dengan tenang , tidak stress, bahkan mampu meredakan stress.

2.Mindfulness

Kesadaran penuh bahwa kita hidup di saat ini, bukan masa lalu atau masa mendatang. Jika kita bisa lihat saat ini dengan penuh kesadaran, kitab isa memaknai hidup dan menikmatinya.

3.Kerja lebih cerdas

Bekerja tidak perlu kerja  keras tapi kerja perlu cerdas jadi faktor utamanya.   Dengan self awareness, kerja cerdas dapat dicapai.  Dengan kerja cerdas kita juga dapat mengenal diri kita lebih baik.

4.Membantu Meningkatkan Relasi 

Kita mampu mengenali diri kita dan secara  otomatis kita bisa lebih baik saat berelasi dengan teman yang punya nilai hidup yang sama.  Batasan emosional dengan orang lain pun bisa kita pertahankan.

Baca juga : Pentingnya self-growth dan self improvement

Sudah siap sukses dengan Self Awareness yang Anda miliki?  Bagi yang belum memilikinya, tinggal mengenal self awareness yang perlu kau asah supaya kamu dapat meraih sukses.

Baca juga: Kenapa ingin Jadi SEO CopyWriter?

Sumber reference:

Self awareness: Kesadaran Diri dalam memahami kemampuan diri :  Gramedia.com