, ,

7 Langkah Memulai Podcast Berpeluang Bisnis

mediaindonesia.com

Podcast merupakan rekaman digital yang didalamnya membahas hal-hal menarik untuk didengarkan oleh pendengar. Semakin majunya zaman, kini podcast dipandang sebagai perangkat online marketing yang memiliki peluang pada dunia bisnis. Podcast semakin diminati oleh para konten creator blogger dan juga youtube. 

Podcast sebagai bisnis dapat menyediakan informasi dan hiburan melalui file audio online sehingga bisa diputar dimanapun dan kapanpun oleh pendengar. Bisnis menggunakan podcast dapat mengandalkan iklan untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa perusahaan juga memasarkan produk mereka menggunakan media podcast karena dinilai efektif dan efisien untuk memperluas jaringan bisnis. 

Lalu, bagaimana cara membuat podcast menarik yang berpeluang bisnis ? Yuk simak lebih lanjut informasi berikut : 

1. Tentukan Target Audiens

redcomm.co.id

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan target audiens. Teman-teman harus tau siapa yang akan menjadi target audiens atau pendengarnya. Menentukan target pendengar ini digunakan agar teman-teman dapat mengetahui bagaimana gaya bahasa, topik dan cara pembawaan dari podcast yang disampaikan. Pemilihan target pendengar pada sekelompok tertentu dapat dilakukan apabila kamu ingin memberikan edukasi ataupun promosi terhadap produk sebagai masalah pendengar. 

2. Tentukan Tema Episode Podcast

indovoiceover.com

Hal yang selanjutnya dilakukan yaitu menentukan tema dari podcast yang akan disampaikan. Setelah mengetahui siapa target pendengar, tema merupakan hal yang harus di pikirkan. Tema dapat dibuat out of the box yang selaras dengan ide bisnis yang ingin dijalankan. Tentukan tema yang menarik dan pastinya kamu paham terkait tema tersebut, lalu cari tau tema yang sedang trend sehingga banyak menarik perhatian banyak orang dan juga detailkan apa saja topik yang akan dibahas sesuai dengan tema tersebut. 

3. Tentukan Topik Podcast 

www.indogamers.com

Apabila sudah menentukan tema dan didetailkan didalam beberapa topik bahasan. Teman-teman diminta untuk membuat topik yang menarik dan yang sedang trending. Setiap topik dapat menggunakan sistem per episode yang dikelompokkan menjadi series agar teman-teman pendengar juga mudah memahami dan tetap fokus terhadap bahasan awal. Carilah topik yang sedang ingin didengarkan banyak orang, detailkan topik dan apabila memungkinkan ajaklah seorang narasumber untuk berbagi bahasan dalam podcast kamu. 

4. Persiapan alat 

jete.id

Selanjutnya adalah pembuatan dari podcast tersebut agar menghasilkan konten yang berkualitas. Beberapa alat memang dibutuhkan agar hasil maksimal dan suara yang dihasilkan juga semakin jernih. Beberapa alat yang diperlukan seperti  komputer, microphone, headphone, mic stand, skrip podcast, mixer, software audio editing, serta yang terakhir dan terpenting yaitu pemilihan lokasi yang tenang karena hal tersebut mempengaruhi hasil rekaman.  

5. Talent 

tasikmalaya.pikiran-rakyat.com

Talent atau host podcast juga menentukan hasil podcast tersebut. Host atau talent ini harus memiliki cara komunikasi yang menyenangkan. Untuk podcast bisnis, talent atau host ini harus memiliki pengetahuan lebih tentang produk yang dipasarkan. Talent berfungsi sebagai penyampai informasi dan penghibur pendengar, maka talent harus memberikan pengalaman mendengarkan yang menarik bagi pendengar. Talent juga harus bisa melakukan improvisasi bahan bahasan agar tidak membosankan, selain itu harus memberikan kesan pendengar yang baik serta dapat melakukan soft selling. 

6. Mengunggah Podcast di Platform Online

www.tribunnews.com

Beberapa platform online yang digunakan untuk memasarkan konten podcast saat ini telah bervariasi seperti Spotify, SoundCloud, Anchor, dan YouTube. Dimana tiap platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Platform tersebut juga memiliki pendengar dengan tipe yang berbeda-beda, sehingga teman-teman harus menganalisis setiap platform yang akan digunakan untuk memasarkan konten podcast kamu.

8. Kolaborasi

www.liputan6.com

Langkah yang terakhir yaitu melakukan kolaborasi dengan content creator lain. Hal tersebut dapat dilakukan untuk meningkatkan pemasaran podcast kamu karena secara tidak langsung penggemar dari content creator juga akan mengenali podcast kamu. Untuk beberapa podcast bisnis, kamu juga dapat mencari content creator yang sesuai dengan jenis bisnis serta target pendengar. 

Nah, itu tadi merupakan langkah-langkah untuk podcast sebagai media mempromosikan bisnis dan juga menghasilkan uang. Beberapa langkah diatas semoga bisa membantu kamu yaa untuk memulai membuat podcast. 

Yuk tulis apalagi topik yang teman-teman Depan Layar inginkan untuk dibahas? 

Tulis dikolom komentar ya!

Baca Juga :

Tips Merancang Career Development dengan Metode SMART