,

Tips Merancang Career Development dengan Metode SMART

capital-placement.com

Merancang career development merupakan aktivitas perencanaan seseorang untuk menuju ke jenjang karir yang ditujunya melalui proses yang ditata sebaik mungkin. Manfaat yang didapatkan dengan melakukan perencanaan career antara lain dapat dengan mudah menentukan dan mengukur karir yang ingin dicapai dengan matang, dapat melakukan evaluasi terhadap kegagalan, dan membantu untuk meningkatkan skill mengambil keputusan dengan hati-hati. 

Nah, untuk mensukseskan rancangan ini, tipsnya adalah menggunakan metode. Salah satu metode yang digunakan untuk merancang career development yaitu metode SMART Goals. SMART singkatan dari  Specific, Measurable, Achievable, Relevant,  dan Time-bound

Yuk simak bagaimana tips cara merancang Career kamu menggunakan metode ini!

1. Specific

www.kompas.com

Langkah pertama dari metode SMART yaitu specific. Specific yang dimaksud adalah dalam menentukan rencana career, kamu diminta untuk menentukan detail dan tujuan dengan jelas dari tiap stepnya. Untuk memudahkannya, kamu bisa memakai template pertanyaan  5W+1H. Beberapa pertanyaan yang bisa menjadi contoh seperti apa yang ingin dicapai, target apa yang ingin tuju, siapa saja yang terlibat dalam proses pencapaian karirmu. 

Contoh dari step specific ini yaitu : “ Setelah SMA, akun akan melanjutkan sekolah di Universitas Gadjah Mada, aku akan masuk Fakultas Psikologi. Disana akan mengikuti himpunan mahasiswa, mengikuti organisasi BEM, mengikuti lomba Internasional. Lulus dari Fakultas Psikologi aku akan bekerja sebagai HRD di DepanLayar” 

2. Measurable

www.istockphoto.com

  Measurable merupakan hal penting dimasukkan dalam journey perencanaan  career kamu. Kemajuan career yang dapat diukur melalui berapa persen ketercapaian target kamu dapat memberikan motivasi tersendiri untuk lebih berkembang dan juga membuat kamu untuk tetap fokus untuk mencapai target tersebut dengan alokasi waktu yang sudah kamu tentukan. Measurable berfungsi pula sebagai penentu langkah selanjutnya dari track career yang sudah kita lalui berdasarkan sejumlah fakta yang kita hadapi. Beberapa yang dapat diukur seperti berapa persen ketercapaian, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan apa ukuran yang menunjukan bahwa target kamu tercapai?. Tips : gambarkan persentase keberhasilanmu mencapai target menggunakan grafik maupun angka. 

3. Achievable

id.depositphotos.com

Pada step ini, target tujuan yang kamu tuju hendaklah target yang dapat dicapai, target yang tidak terlalu mudah namun juga tidak sulit, sehingga target mu diminta untuk realistis saja. Achievable berfungsi agar kamu dapat menilai apakah target kamu dapat tercapai. Apabila target yang ditentukan dirasa terlalu sulit, maka kamu harus menambahkan detail dari targetmu lebih kritis lagi seperti batasan yang harus kamu patuhi apa saja, penghambat untuk mencapai target dan kemampuan apa yang harus ditingkatkan sehingga target sulit itu menjadi lebih realistis. Achievable meminta kamu menjawab pertanya seperti bagaimana cara mencapai target dan seberapa realistis target impian apabila dipertimbangkan melalui banyak aspek?

4. Relevant

www.merdeka.com

Dalam merencanakan career development, kamu harus mempertimbangkan pula aspek relevant ini. Target yang kamu ingin capai hendaklah bersifat relevant dengan arti target tersebut sesuai dengan kepentinganmu, sesuai dengan prinsip hidupmu dan memiliki makna yang penting sehingga memiliki dampak terhadap target lainnya. Kritis pertanyaan pada step ini seperti apakah usaha yang dilakukan sesuai dengan target, apakah waktunya sesuai dalam mengejar target, apakah target yang dibuat berbenturan dengan kepentingan diri sendiri dan orang lain  serta apakah target yang dibuat dapat dilaksanakan di lingkungan yang ada. 

5. Time-bound

www.kompasiana.com

Tips terakhir dalam merancang career development kamu yaitu time-bound. Time-bound berarti kamu diminta untuk memasang deadline yang realistis pada setiap target yang kamu buat sehingga kamu menjadi lebih fokus, lebih matang persiapan dan termotivasi dalam mengejar target. Beberapa pertanyaan kaitan yaitu kapan deadline pencapaian target, apa yang dapat dilakukan enam minggu dari sekarang dan apa saja yang harus dicapai pada hari ini.

Nah, itu tadi tips perencanaan karir menggunakan metode SMART Goals beserta uraiannya. Semoga penjelasan diatas dapat membantu teman-teman DepanLayar untuk merencanakan career development kalian dengan matang dan mencapai apa yang dituju, semangat! Sukses Selalu!

Baca Juga :

4 Rekomendasi Film Bisnis dan Finansial Terbaik