Begini Cara Berjualan di Marketplace Facebook

Melihat perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak aktivitas manusia dimudahkan dari kemajuan teknologi salah satunya dalam hal jual beli. Kini, belanja online menjadi aktivitas yang biasa dilakukan dari kalangan muda sampai tua.

Faktanya, Salah satu media jual beli yang populer saat ini yaitu marketplace. Dikutip dari situs resminya, marketplace adalah tempat orang dan pelaku bisnis menemukan, membeli, dan menjual item yang ditawarkan di Facebook dalam komunitas mereka.

Saat ini, penggunaan marketplace banyak digunakan oleh pengguna sebagai fitur baru dari facebook. Tidak sedikit orang menawarkan produknya melalui platform ini mulai dari produk usaha, barang bekas dan lain sebagainya.

Apakah Marketplace Facebook Gratis?

Melihat trend saat ini, banyak pasar jual beli online yang dapat digunakan dengan mudah diperangkat mobile maupun PC. Namun dari banyak media jual beli online yang beredar, Kamu mungkin perlu mengeluarkan uang untuk mulai berjualan. Banyak orang khawatir dengan hal ini karena mereka belum mengetahui ketika berjualan di media jual beli online ini apakah produknya bisa laku atau tidak.

Nyatanya, jika kamu berjualan di marketplace yang disediakan oleh facebook ini, kamu bisa berjualan dengan opsi gratis dan berbayar. Namun sebelum itu, penting bagi kamu untuk mengetahui dengan rinci syarat dan ketentuan menggunakan marketplace. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ketika menjual produk di Marketplace alias gratis. Namun jika ingin meningkatkan traffic produkmu, kamu bisa mencoba ads dan tentunya ini berbayar.

Baca juga : Ingin Punya Bisnis Bonsai Dengan Modal Kecil, Gampang Banget!

Fitur di Marketplace Facebook

Saat melakukan jual beli online, pastinya terdapat beberapa fitur yang memudahkan dalam melakukan aktivitas jual beli tersebut. Dilansir dari Merchant.id, terdapat 3 fitur utama di dalam Marketplace, yaitu

Fitur Menjual Barang.

Pada fitur ini, akan ditampilkan halaman yang berisikan list keterangan produk yang akan ditawarkan. Lsit tersebut berupa foto produk, judul, harga, deskripsi dan lain sebagainya. Penjual juga bisa menambahkan preferensi pertemuan dan mempromosikan tawaran setelah diterbitkan.

Fitur Pencarian Barang.

Pada aplikasi, saat masuk ke menu marketplace, kamu akan langsung ditampilkan dengan daftar barang beserta haganya. Kamu bisa memilih kategori dan filter untuk menemukan produk yang spesifik. Saat membuka fitur pencarian barang melalui ikon kaca pembesar di marketplace, maka akan dihadapkan dengan dua opsi yaitu pencarian terbaru dan pencarian tersimpan.

Fitur Menemukan Barang Sekitar.

Selanjutnya, ada fitur menemukan barang sekitar. Fitur ini memuat daftar barang yang lokasi penjualnya berada di dalam radius. Fitur ini sangat berguna bagi pembeli ketika ingin membeli barang dengan jarak penjual yang sudah terukur lokasinya.

Keunggulan Marketplace

Facebook yang merupakan bagian dari meta group yang memang telah merancang marketplace untuk melakukan aktivitas jual beli yang mudah. Kami telah merangkum keunggulan dari marketplace yaitu sebagai berikut:

Satu aplikasi dengan Facebook.

Marketplace merupakan bagian dari banyak menu-menu yang tersedia di aplikasi facebook. Jadi dalam satu aplikasi yaitu Facebook, kamu bisa menjual barang atau membeli barang melalui menu marketplace. Maka dari itu, kamu tidak perlu menginstal aplikasi lain yang notabene tidak mengurangi ruang penyimpanan kamu.

Fitur yang terintegrasi dengan banyak aplikasi lain.

Saat kamu berjualan pasti memerlukan komunikasi agar produk yang kamu bisa disampaikan dengan rinci kepada calon pembeli. Nah, di marketplace sendiri langsung terhubung dengan Messenger untuk komunikasi penjual dengan pembeli. di Messenger penjul dan pembeli dapat membuat jadwal terkait transaksi yang dilakukan di luar aplikasi. Selain itu, untuk melihat lokasi penjual, disediakan peta Google Maps untuk mengetahui titik lokasi sehingga pembeli dapat mengetahui jarak lokasi dengan penjual.

Menu yang mudah digunakan.

Marketplace menyediakan menu yang mudah digunakan. pada menu jual barang, akan langsung ditampilkan form produk berupa nama produk, kategori, harga, deskripsi dan lain sebagainya sehingga diarahkan langsung to the point. Karena merupa bagian dari Facebook, kamu tidak perlu membuat profil ulang ketika menjual barang. Data dirimu di profil dijadikan sebagai profil penjual di marketplace sehingga kamu tidak perlu repot lagi.

Fitur yang friendly.

Marketplace dapat dikatakan sebagai media jual beli yang sangat friendy. Kenapa? Karena marketplace menyediakan akses yang mudah kepada penjual maupun pembeli. Semisal jika produk yang ditawarkan lebih dari seminggu, maka penjual akan dihubungi secara otomatis untuk menawarkan produknya lagi atau memilih opsi lainnya. Selain itu marketplace yang terintegrasi dengan messenger memudahkan untuk melihat status transaksi.

Cara berjualan di marketplace

Cara berjualan di marketplace dapat dilakukan dengan beberapa langkah saja yaitu sebagai berikut ini:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Facebook karena marketplace merupakan bagian dari Facebook.
  2. Masuk ke aplikasi Facebook, ketuk ikon marketplace.
  3. Ketuk fitur jual di bagian atas halaman.
  4. Disini akan ditampilkan form penjualan produk. Tambahkan foto, judul, harga dan data lainnya.
  5. Kamu bisa menambahkan prefensi penjualan dan mempromosokan penjualan.
  6. Klik terbitkan, maka tawaran produk anda sudah dibuat.

Marketplace Facebook memang memberikan akses yang mudah untuk melakukan jual beli barang. Jika kamu mempunyai bisnis, tidak ada salahnya jika kamu mencoba menawarkan produkmu di marketplace.

Sumber Referensi :

  1. Bagaimana cara menjual barang di Facebook Marketplace?
  2. Tips Jualan dengan Facebook Marketplace, Begini Cara Kerjanya!
  3. Fitur Facebook Marketplace, Platform Jual Beli Terbaru dari Facebook