Cari Potensi Dirimu, Tingkatkan Personalitymu

Potensi Dirimu dan Tingkatkan Personalitymu: pexels-marta-dzedshoo-dzeddysho

Orang sering lupa untuk mengukur atau mengenal diri . Apa yang dilakukannya  adalah sesuatu yang berada di luar dirinya.

Melihat kemampuan orang lain yang luar biasa. Lalu meniru dan menganggap dirinya pasti bisa lebih dari orang lain. Bahkan mengejar untuk menyamakan seperti orang lain.

Hasil akhirnya bukan yang diharapkan, tetapi justru dia terpuruk dan tak bisa mendapatkan apa yang diharapkan.

Kesalahan yang harus diperbaiki adalah dengan menggali potensi dirimu secara maximal untuk meraih karir yang ingin dicapai.  

Robert Steven Kaplan dalam Harvard Business Review menemukan bahwa banyak eksekutif muda yang sudah merasa kehilangan arah untuk bisa mencapai yang lebih tinggi, padahal mereka  belum mengoptimalkan apa yang ada dalam diri mereka.   Mereka seperti tidak punya motivasi lagi untuk melanjutkan apa yang telah dimulai.

Kuncinya dari kesalahan itu adalah Anda harus mengenal diri sendiri untuk mengambil Langkah selanjutnya.   Dalam pengenalan diri Anda perlu melihat  ke depan apa sebenarnya potensi yang bisa dioptimalkan.

Potensi Diri

Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu membahas dulu definisi tentang potensi diri.  Potensi diri adalah suatu kemampuan atau kekuatan dalam diri yang masih belum terlaksana atau tersembunyi, dan masih bisa dikembangkan , dioptimalkan.    

Potensi ini dapat diukur dengan sikap atau perilaku dalam diri Anda.   Sebagai contohnya,  bagaimana sikap kita dalam menghadapi kesalahan, bagaimana kita bersifat jujur dalam menerima feedback dari orang lain, dan mental tangguh hadapi suatu masalah yang cukup berat.

Potensi diri itu ada yang negatif dan positif.   

  • Potensi negatif

1.Tak punya prinsip

2.Mudah dipengaruhi oleh orang lain

3.Emosional

4.Kurang percaya diri

5.Semangat mengerjakan saat mulai, setelah itu kendor

  • Potensi positif

1. Sabar

2.Suka belajar

3.Suka berteman

4.Suka memberikan bantuan

Lalu apa hubungan antara potensi diri dengan personality?  Sangat berkaitan.  Hanya dengan mengetahui potensi diri, kita dapat meningkatkan personality .  Personality merupakan kepribadian.

Pengaktifan personality kita tidak lagi berfokus kepada potensi diri yang negatif saja tapi kepada potensi diri yang positif.

Setelah menemukan hal yang positif, kembangkan kemampuan dan potensi mu itu:

1.Kemampuan Interpersona

Potensi yang berkaitan dengan melatih bakat yang telah dimiliki dari zero menjadi hero . Terus berlatih keras setiap hari tanpa henti.

Kekuatan interpersonal untuk memancarkan potensi diri dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan sesama di sekitar kita membuat kita jadi manusia yang berkualitas.

Kemampuan beropini, berargumentasi yang tepat dan benar, merupakan kekuatan diri.

2.Kemampun intrapersonal

Tanda bahwa kamu memiliki kemampuan intrapersonal baik apabila kamu dapat mengambil keputusan dengan cara yang bijak dan baik bahkan bisa mencapai target yang diinginkan.

Kemampuan intrapersonal juga terlihat dari kemampuan mengelola emosi dan menetapkan strategi yang dikembangkan dengan cara berlatih dengan tekun.

3.Kemampuan Linguistik

Kemampuan untuk menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.  Mengembangkan kemampuan ini dapat dilakukan melalui kursus online atau belajar otodidak .

Baca juga : Sukses di Dunia Kerja Terapkan integritas

4.Kemampuan Afektif

Kemampuan untuk bisa menguasai diri dari emosi negatif sekaligus dapat mengenal perasaan orang lain dan bagaimana membangun hubungan harmonis dengan sesame.

5.Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif dapat diasah dengan cara belajar dari buku, berkumpul dengan komunitas ilmuwan dan diskusi ilmiah.

Setelah membaca ini, sudahkah Anda menemukan potensimu? Jika sudah, tingkatkan potensi dirimu sesuai dengan personality Anda. Otomatis kualitas hidupmu akan meningkat.

Baca juga: Raih Sukses, Miliki Self Awareness! Inilah Caranya

Baca juga : Sukses di Dunia Kerja Terapkan integritas

Sumber referensi:

Contoh Potensi Diri dalam Meningkatkan Personality

https://www.qubisa.com/article/contoh-potensi-diri-manusia-dalam-meningkatkan-personality#showContent