Ingin Sukses dalam Karir? Bangunlah Personal Brandingmu

Bangun Personal Brandingmu untuk kesuksesanmu: pexels-andrea-palcquadio

“ Personal branding adalah hal yang diperjuangkan seseorang atau sebuah Lembaga untuk menuju kesuksesan”

Apa artinya?  Dengan personal branding, konsumen atau orang lain bisa melihat  siapa diri Anda atau  sebagai karakter positif yang telah dibangun.  

Pengertian ini didengungkan oleh para konsultan personal branding  atau brand consultant. Saran dari para konsultan agar para calon klien atau nasabahnya segera mempromosikan atau mengenalkan diri  atau brandnya.

Pentingnya dan manfaat pengenalan personal branding itu adalah sebagai berikut ini:

  1. Mampu meningkatkan kredibilitas

Anda sebagai pribadi ingin sekali dikenal orang dong!  Pengenalan orang itu tentu dengan hasil karya atau disebut portofolio.  

Jika Anda menyebut diri sebagai Content Creator Handal.  Pastikan ucapan Anda dengan bukti.  Bukti itu dapat dilihat dari hasil karya-karya yang dibuat.  Penilaian hasil karya itu menjadi personal branding bagi calon klien .

  1. Mampu meningkatkan kepercayaan diri

Membangun personal branding tidak mudah karena  karya yang Anda  perlihatkan kepada klien/nasabah belum tentu baik dari perspektif  mereka.   Di sana ada banyak kriteria yang harus dipenuhi.  

Ketika kita tidak bisa memenuhi kriteria, kita akan merasa ragu-ragu, kecil hati, apakah Anda bisa berhasil karya Anda diterima oleh klien.  Oleh karena itu satu faktor penting dalam personal branding adalah kepercayaan diri bahwa karya kita adalah yang terbaik dari sisi kita.

  1. Meningkatkan nilai lebih tinggi

Begitu kita memiliki personal branding maka diperlukan pengembangan personal branding.  Manfaatnya adalah orang yang sudah punya personal branding dan punya core bisnis yang lain, mudah sekali untuk diterima karena punya nilai lebih tinggi.   

Contoh, artis punya bisnis , brand yang mereka usung akan segera naik sesuai dengan nama dari artis itu sendiri.

  1. Sebagai pembeda dengan competitor

Di antara lautan yang selalu punya konsep brand yang sama, tetapi jika personal brand yang anda usung beda dan punya kelebihan, maka orang akan langsung memilih brand yang sudah dikenalnya lebih dulu.

Jadi meskipun banyak competitor yang datang belakangan, Anda tak perlu takut . Tetap pertahankan kualitas dan personal brand dari competitor

  1. Mampu memperluas jaringan atau pasar

Kendali utama dari personal branding adalah Anda bisa menjadi jembatan penghubung dengan profesionalisme yang Anda miliki.  Fokuskan kepada pengembangan personal brand maka  jaringan akan terbentuk dengan sendirinya.   

Disamping itu ada 10 cara terpenting untuk menciptakan Personal Brand yang unik dan menarik:

1. Miliki fokus

Banyak orang yang tak punya focus ketika ada tekanan dan mereka mencoba untuk terus berganti profesi maupun pekerjaan.  Putuskan untuk tetap menekuni pekerjaan yang sudah ditetapkan.

2. Menjadi jati diri sendiri

Cara yang termudah untuk memiliki personal brand yang asli, hal ini benar-benar asli dan otentik.  Jadilah orang yang tak pernah meniru sehingga Anda dapat ciptakan konten dan menjangkau peminat.  Jadilah orang yang mampu menguasai keterampilan pada industri yang Anda tekuni sebelum memulai personal branding.

3. Buatlah cerita

Jika personal brand Anda belum menceritakan sesuatu, Anda akan kehilangan pengikut Anda. Personal Branding yang paling efektif  adalah membangun naratif yang asli  bukan  dengan monolog karakter bersifat pribadi. 

Sosialisasikan atau suarakan kepada pengikut Anda tentang  brand di sosial media, ciptakan cerita tentang brand  Anda dimana pengikut ikut terlibat di dalamnya.  Salah satunya adalah menciptakan video yang tertulis.  

4. Konsisten

Bersikap konsisten adalah sama dengan memikili fokus yang dalam.  Sangat mudah untuk mengenali satu topik jika kamu secara konsisten  menyuarakan brand di sekitar Anda.  Baik itu secara online maupun offline.

5. Siap untuk gagal

Kegagalan itu sangat sulit sekali,  kita semua biasanya ingin menghindarinya,  hal itu sangat manusiawi. Tetapi Walt Disney mengatakan  bahwa dia juga gagal pertama kali dalam menciptakan brand animasinya.

Timothy Hoang, CEO of Stories by Tim Inc mengatakan bahwa  Anda tidak akan berhasil branding yang terbaik sebelum Anda gagal beberapa kali untuk bisa mendapatkan zona nyaman.

6. CIptakan  dampak positif 

Setelah menciptakan personal brand beberapa waktu lama,  kemudian ada dua cara untuk melanjutkan brand Anda membangun dan menghilangkannya atau menumbuhkan dalam komunitas di sekitar brand.  Tetap bersikap positif dan membantu yang lainnya untuk bertambah sehat brand Anda dalam jangka panjang.

7. Ikuti Contoh sukses

Umumnya orang tertarik untuk personal branding dengan memasarkan dirinya seperti selebrity dan influencer yang mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari.   Padahal kesuksesan mereka datangnya dari tren pembelajaran pada platform sosial media yang berbeda.   Hidupi Brand Anda

8.Hidupi Brand Anda

Seperti telah dikatakan di atas, salah satu cara untuk membangun personal branding adalah memisahkan antara brand Anda dengan kehidupan pribadi Anda.  Lebih tepatnya lebih mudah menciptakan lifestyle atau gaya hidup  dan brand menjadi satu dan sama .

9.Biarkan orang lain menceritakan Anda

Publik Komunikasi yang terbaik adalah mulut.  Menciptakan personal brand di publik juga sama halnya dengan public komunikasi.  Buatlah suatu video yang menarik dan pengikut Anda akan terus mengingatnya.

Baca juga : Sukses di Dunia Kerja Terapkan integritas

10. Tinggalkan Legacy

Begitu Anda membangun personal brand, reputasi dan komunitas selalu ada di belakangnya.  Langkah berikutnya adalah tentang legacy yang ingin Anda tinggalkan.  Sebuah personal brand adalah proyek jangka panjang yang selalu berubah.  Bahkan para ahli yang telah berhasil ciptakan brand di bisnis, tidak ada peraturan yang jelas tentang bagaimana menciptakan personal branding.

Setelah paham Personal Branding, sudahkan Anda siap untuk bangun Personal Branding diri Anda sendiri?  Yuk segera lakukan.  

Baca juga : Raih Sukses, Miliki Self Awareness! Inilah Caranya


Sumber referensi:

  • Inilah ALasan Pentingnya Personal Branding!  Oleh DreamBox 
  • 10 Golden Rules of Personal Branding
https://www.forbes.com/sites/goldiechan/2018/11/08/10-golden-rules-personal-branding/