7 Manfaat Profesional Development yang Penting Dimiliki

Profesional Development yang Penting Kamu Ketahui: pexesl-christina-morillo

Setiap profesi pasti punya alasan untuk sangat tertarik  professional development.  Misalnya seorang guru, perlu mendapatkan professional development melalui membaca, mendengarkan dan melihat dengan seksama.  Bahkan, dia akan menggali kurikulum yang dilakukan oleh guru yang lain yang punya kompetensi paling tinggi di profesi sebagai guru.  Tak tanggung-tanggung, dia juga akan menghadiri konferensi professional development secepatnya.

Untuk mengejar professional development  tidak mudah dan seringkali kita mudah menyerah, berhenti usahanya . Kesulitan kita  adalah mengejar waktu yang sulit dengan belajar sedikit demi sedikit.  

Jangan mudah menyerah, ingat ada peribahasa yang mengatakan :  “Suatu perjalanan dimulai dari Langkah kecil”.  

Jika kita sudah melangkah kecil, maka kita pastikan langkah selanjutnya menuju ke professional development itu sudah ada di depan mata.

Yuk, kita lihat pola professional development secara umum.  Development terdiri dari pembelajaran sesuatu yang baru dari kolega. Sesederhana itu.

Pentingnya professional development:

1.Tetap fokus dan energi

Professional development  membuat Anda untuk memperbaiki Anda dalam pembelajaran.   Dalam hal ini,  professional development juga membantu Anda menemukan perspektif baru.  Salah satunya dengan  belajar bersama teman yang sangat bersemangat adalah sesuatu yang menyegarkan.

2. Selalu mengikuti zaman

Apa pun profesi Anda, mengikuti perubahan dan kemajuan zaman itu  sangat penting.   Ada perubahan dalam industri,  kadang-kadang pendidikan dikaitkan dengan pertumbuhan yang lambat.   

Prosesnya dimulai dengan mempelajari  tahap-tahap   studi baru yang yang menyoroti topik lama,  cara baru dalam melakukan sesuatu, atau ide baru yang patut dicoba terutama dengan kemajuan teknologi dan cara bagaimana kita mengajar dan kita seperti  murid yang  harus terus belajar.  Kita harus mengembangkan dan beradaptasi untuk tetap menjadi nomor satu .

3. Keluar dari zona nyaman

Sebagai pengajar atau guru, kita mungkin lebih menyukai duduk manis tanpa harus keluar dari tempat kita.  Kita seolah merasanya nyaman dan puas.   

Tetapi jika kita keluar dari zona nyaman, kita akan segera melihat banyak hal untuk dipelajari, timbullah ketakutan dan hal ini membuat Anda dipaksa untuk berubah seketika.  Professional Development , seperti dikatakan di atas, perlu waktu bertahun-tahun tidak sekejap.

4.Orang yang Anda jumpai

Cara terbaik untuk bertemu dengan orang yang sangat profesional adalah melalui professional development. Beberapa orang yang telah bertemu dengan para profesional melalui konferensi . Pertemuan itu membuat kita bertumbuh dan belajar. Meskipun usia kita masih muda, hal itu akan membuat kita mengerti pentingnya membangun relasi.

5. Selalu ada hal yang baru

Hal yang paling terbesar tentang professional development adalah sesuatu  yang dapat dipelajari.  Meskipun sedikit variasi dari yang sudah pernah kita pelajari,  tetapi kita tetap belajar sesuatu baru.  Selanjutnya, kita menemukan variasi dari hari ke hari yang kita alami.  

Oleh karena itu jangan merasa bosan atau merasa cepat menyerah karena anda merasa tidak mendapatkan apa pun .  Anda harus belajar sesuatu yang berbeda

6.  Sesuatu yang menyenangkan

Persepsikan bahwa  kesempatan untuk berkembang itu sesuatu yang menyenangkan. Jika Anda menyukai apa yang Anda pelajari.  Kita akan merasakan waktu begitu singkat untuk belajar. Kita menikmati persahabatan, energi, gerakan dan perubahan kecepatan kerja.

7. Perubahan kecepatan

Pelatihan professional kadang-kadang menawarkan untuk ke luar  (outbound) dari tempat kerja atau kelas dan beristirahat sebentar. Waktu istirahat membuat pikiran dan perasaan menjadi menyenangkan karena kita semua butuh istirahat. Beristirahat pada akhir minggu untuk menyegarkan pikiran kita.

Baca juga: Raih Sukses, Miliki Self Awareness! Inilah Caranya

Setelah paham dengan 7 manfaat Profesional Development, apa rencana Anda untuk mengembangkan Profesional Development dalam karir/pekerjaanmu?

Baca juga : Sukses di Dunia Kerja Terapkan integritas

Sumber reference:

The Importance of Professional Development: