Wujudkan Konsistensi Diri Mulai Dari Hal Berikut

memahami sesuatu
freepik.com/author/wayhomestudio

Kemampuan untuk mewujudkan konsistensi diri perlu dipupuk sejak dini. Segala hal harus dipersiapkan dengan matang agar nantinya membuahkan hasil yang maksimal. Sesuatu perlu diperjuangkan secara rinci dan berurutan akan membentuk sebuah circle yang menjadikan seseorang mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Mewujudkan jati diri yang diinginkan seseorang perlu melihat aspek-aspek yang diperjuangkan mulai manajemen waktu, pola pikir, kebiasaan dan lain sebagainya. Namun dari segala aspek yang disebutkan tadi, perlu adanya konsistensi diri sebagai alat kunci untuk meraih jati diri seseorang yang sebenarnya.

Membahas konsistensi diri maka akan dihubungkan dengan segala bidang kehidupan manusia. Mari kita bahas secara seksama apa itu konsistensi diri.

Apa itu Konsistensi Diri?

Konsistensi merupakan sebuah alur proses teratur yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Konsisten dimaksudkan kepada teratur dalam menjalankan pola aktivitas sehari hari mulai dari bangun tidur, makan, olahraga, bekerja dan aktivitas lainnya.

Aktivitas setiap manusia berbeda-beda, mereka mempunyai circle activity yang berbeda di setiap waktunya. Setiap manusia juga memiliki tingkat daya ingat yang berbeda yang dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan seseorang sehari-hari.

Daya ingat mempengaruhi kepada sesuatu yang akan dikerjakan. Manusia tidak luput dari kata “lupa” yang membuat seseorang menjadi bingung dan melepaskan sesuatu hal yang seharusnya dikerjakan.

Konsistensi diri menjadi jembatan panjang untuk meraih sesuatu yang dinamakan “hasil”. Sebagai contoh, seorang anak ingin bisa naik sepeda maka apa yang perlu dilakukan? Anak tersebut perlu belajar naik sepeda, mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Selanjutnya anak tersebut belajar secara konsisten dari waktu ke waktu, hingga menemukan suatu titik hasil yaitu seorang anak sudah bisa naik sepeda.

Konsistensi diri harus dibarengi dengan rasa percaya. Rasa percaya diri membuat seseorang yakin bahwa pola hidup yang teratur membawa kepada sebuah hasil.

Baca juga : E-business menjadi Peluang Bisnis di Era Digital

Mengapa Dibutuhkan Konsistensi Diri?

Seperti tadi dijelaskan bahwa aktivitas setiap manusia berbeda dan beragam. Manusia tidak luput dari kata “lupa” yang mengakibatkan kegiatan manusia kadang bisa terlepas. Perubahan dunia terasa begitu cepat yang mengharuskan setiap orang harus mampu beradaptasi dengan lingkungan luar.

Konsistensi menjawab permasalahan ketika kita memiliki jadwal yang tidak teratur dan kadang enggan ketika memilahnya dengan baik. Konsistensi membantu kita untuk memaksimalkan waktu kita sebagai makhluk sosial yang dinamis dalam menjalankan aktivitas. Menjalani hidup yang konsisten pasti menjadi mimpi dari semua orang dimana semua task dapat dikerjakan fleksibel, teratur, dan tepat waktu.

Bagaimana Cara Memulai Konsistensi Diri?

Memulai konsistensi diri tentu atas dasar konsistensi juga. Ada beberapa langkah yang diterapkan untuk memulai konsistensi diri yaitu sebagai berikut ini:

1.     Mulai dari hal yang sederhana.

Langkah yang pertama yaitu memulai melalui hal yang bersifat sederhana. Artinya, aktivitas yang dikerjakan teratur dimulai dari hal kecil dahulu. Hal yang sederhana bukan berarti hal yang bisa dilakukan sepele. Sebagai contoh konsisten dalam bangun tidur jam 5 pagi.

2.     Membuat catatan.

Langkah kedua yaitu membuat catatan. Mengapa dibutuhkan catatan? Catatan berguna bagi kita untuk merekam kegiatan yang akan dilaksanakan dan sudah dilaksanakan. Seseorang bisa membuat schedule kegiatan yang dilakukan besok, apa yang perlu dipersiapkan dan lain sebagainya.

 3.     Manajemen waktu.

Langkah ketiga yaitu manajemen waktu. Manajemen waktu dibutuhkan agar kegiatan dapat dilaksanakan secara teratur. Manajemen waktu erat kaitannya dengan activity daily yang terencana.

4.     Lakukan secara bertahap.

Langkah keempat yaitu lakukan secara bertahap. Memulai konsistensi hingga meraih konsistensi diri tidak bisa dilakukan sekali saja. Meraih konsistensi perlu langkah yang panjang dan teratur. Langkah yang dilakukan mulai dari hal kecil yang semakin hari dikembangkan namun tetap berada pada ranah konsistensi.

Kamu perlu mengetahui apa yang harus kamu gali terhadap tujuan yang ingin dicapai. Konsistensi memandang durasi kamu dalam menjalani sesuatu kegiatan yang berjalan labil. Untuk itu, perlu menikmati setiap kegiatan yang dikerjakan, maka kamu akan terbiasa dengan kegiatan tersebut.

Sumber Referensi :

  1. 4 Tips Menjaga Konsistensi Diri dalam Membentuk Kebiasaan Baru
  2. Konsisten, Mengapa Sulit Dilakukan?
  3. Kompetensi dan Konsistensi