6 Soft Skill Penting Untuk Maba Mahasiswa Baru

https://binus.ac.id

Soft Skill merupakan kemampuan seseorang yang dapat dilatih dan dikembangkan. Kemampuan ini penting bagi mahasiswa agar mampu beradaptasi di lingkungan kuliah hingga dunia kerja nanti dan sangat dibutuhkan untuk membentuk jiwa kepemimpinan yang memotivasi dan menginspirasi timnya. Softskill tidak banyak diajarkan ketika Sekolah menengah atas, maka dari itu untuk teman-teman mahasiswa baru, yuk simak penjelasan berikut tentang macam-macam soft skill yang harus dimiliki ketika memasuki dunia perkuliahan : 

www.tokopedia.com

1. Soft skill berkomunikasi

Mahasiswa baru diharuskan memiliki bahasa komunikasi yang baik dan efektif dalam artian dapat menerapkan teknik diskusi dan menafsirkan bahasa tubuh, sehingga pendengar secara tidak langsung menjadi aktif dalam diskusi dan sebagai pemimpin kita dapat mengetahui perspektif dari lawan bicara lainnya. Soft skill ini mencakup kegiatan mendengarkan pendapat orang lain, mengkolaborasikan dan mengutarakan ide, berkomunikasi yang disalurkan dalam bentuk tulisan dan public speaking. 

2. Soft Skill bekerja sama

Mahasiswa baru diminta untuk memiliki soft skill kerja sama karena didudunia perkuliahan secara tidak langsung akan terjun kedalam suatu kegiatan yang diminta untuk bekerja sama dengan teman lainnya. Bekerja sama merupakan kunci terpenting dalam suatu kegiatan kelompok. Seseorang akan yang mampu bekerja sama dengan rekannya, akan saling berbagi ide dan berkolaborasi untuk mencapai goals yang sama. Melalui soft skill ini, teman-teman dapat berkontribusi sesuai dengan kemampuan.

3. Soft Skill berorganisasi

Mahasiswa baru juga harus memiliki kemampuan untuk berorganisasi, yang dapat membentuk struktur organisasi, prosedur yang berjalan selama berkegiatan dan alur kerja yang bersifat konsisten sehingga tidak akan menimbulkan kesalahpahaman dan kebingungan antara satu dengan lainnya.  Dalam memilih mengikuti suatu organisasi, pastikan teman-teman untuk memilih sesuai kemampuan ya!

4. Problem Solving

Mahasiswa baru umumnya masih belum terbiasa dengan masalah-masalah baru di dunia perkuliahan. Ketika menghadapi suatu permasalahan, teman-teman diminta untuk mencari solusi. Sebuah solusi dari permasalahan tidak harus terlalu kritis, namun dapat juga menjadi solusi yang kreatif. Dengan soft skill ini, teman-teman dapat meminimalisir adanya masalah logistik sehingga terciptanya strategi yang tepat untuk mencapai tujuan.

5. Kreativitas

Kreativitas merupakan soft skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru. Beberapa proyek dan kegiatan di perkuliahan membutuhkan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif dan dengan ide imajinatif dalam berpikir. Dengan soft skill ini, teman-teman dapat membuat inovatif baru untuk universitas pula. Selain itu, soft skill ini dapat menciptakan strategi-strategi yang bagus untuk mencapai suatu goals. 

6. Soft Skill Adaptasi

Soft skill adaptasi merupakan kemampuan yang bersifat fleksibel namun harus dimiliki oleh mahasiswa baru. Kondisi dan lingkungan yang berbeda mengharuskan mahasiswa baru untuk terlibat didalamnya, apabila tidak memiliki soft skill ini, maka maba akan kesusahan di dunia perkuliahan. Soft skill ini penting untuk pertumbuhan di lingkungan baru. Dengan soft skill ini teman-teman akan mampu berkolaborasi dengan orang lain, merasakan kenyamanan berada di suatu lingkungan dan mengatasi situasi baru yang ada.

Nah, itu beberapa skill yang teman-teman maba alias mahasiswa baru perlu tau nih. Supaya kedepannya urusan kuliahnya lancar tanpa kebingungan harus mengasah soft skill yang mana dulu!

Baca juga artikel !

6 Langkah Manifestasi untuk Mencintai Diri Sendiri