Konten Kreator Pekerjaan yang Menjanjikan Masa Kini

Konten Kreator Pekerjaan yang Menjanjikan Masa Kini

AQVIEWS-Unsplash/https://unsplash.com/photos/mfWsMDdN-Ro

Dunia teknologi menciptakan jenis kerja yang luas berkaitan dengan digital. Contohnya, creative writer, content creator, IT Support, Software Developer, Web Developer, Game Developer, UIUX Designer, Database Administrator, Security Engineer, Hardware Engineer.

Salah satu yang disebutkan diatas adalah Content creator.   Menjadi Content Creator artinya menyebarkan informasi yang ditransformasikan dalam bentuk video, foto, tulisan dan hasilnya disebut konten.  Konten akan disebarkan melalui platform atau media sosial.

Dalam menjalankan tugasnya seorang content creator  selalu melihat keahliannya atau sering disebut dengan niche yang dikuasainya.  Misalnya dia menyukai dunia kecantikan, maka konten yang diciptakannya selalu bernuansa kecantikan atau sering disebut niche beauty.  Tetapi ada juga konten creator yang merubah dirinya sesuai dengan keinginan audiens apa, mengikuti tren yang kadang-kadang tidak dikuasainya misalnya teknologi, hiburan yang tak bermakna.

Nach, setelah Anda mengetahui apa dan fungsi seorang content creator, tentu kita ingin mengetahui lebih lanjut mengapa orang senang menjadi content creator?

Inilah alasan mengapa seorang ingin menjadi content creator:

1.Brand awareness

Untuk brand atau perusahaan kecil, umumnya belum menyadari tentang pentingnya identitas perusahaan yang baik.  Dalam pengalaman seorang content creator , ketika perusahaan belum sadar tentang penting identitas maka perusahaan itu kurang dapat maju.  Untuk itu diharapkan seorang content creator menjadi educator bagi klien .  Mereka harus sadar bahwa konten yang dihasilkan harus baik dan membawa brand awareness bagi semua pelanggan dari brand/perusahaan.

2. Media promosi

Melalui media sosial, para content creator dapat mempromosikan produk atau jasa perusahaan dengan budget yang tidak terlalu mahal dibandingkan dengan berpromosi melalui media cetak atau melalui TV . Jadi inilah tool baru untuk media promosi yang dapat dibuat semenarik mungkin dan digunakan oleh perusahaan sebagai media branding.

3.Pesan komunikasi

Bagi perusahaan besar, apabila ingin meluncurkan suatu produk, diadakanlah konferensi pers.  Di zaman Now,  penyampaian peluncuran produk itu dapat dibantu oleh content creator melalui suatu pesan komunikasi yang dikemas sangat menarik dan menggugah calon pembeli atau klien.  Sang content creator membentuk corporate branding dan menghasilkan pembeli yang tertarik membelinya.

Cara membentuk corporate branding:

1.Besar:  

a.Riset tertutup :

melalui berbagai macam riset internal oleh bagian produk .  Riset yang meliputi banyak aspek, kualitas, audience dan kompetitor.

b.Brand Awareness: ‘

diharapkan mereka yang sudah sadar tentang brand awareness, dapat disosialisasikan dengan mudah sekali.

2. Kecil

a.Riset terbuka:

  dengan suatu survei kepada public tentang produk yang akan diluncurkan.

b. Tidak ada Brand Awareness:

  Tentunya perlu usaha untuk memperkenalkan kepada publik yang belum mengenal brand itu, dengan cara yang persuasif dan sangat sering dilakukan.

Manfaat Menjadi Content Creator:

1.Isi pesan dikemas secara kreatif

Dengan adanya berbagai cara baik itu tulisan, foto, video ,animasi, pesan lebih mudah disampaikan kepada target marketnya. Bahkan untuk suatu produk yang sulit dimengerti pun, dapat dengan mudah dipahami dengan adanya ilustrasi kreatif buatan content creator

2.Brand Perusahaan Menjadi “Fresh”

Brand perusahaan yang sulit menembus masyarakat di daerah terpencil, sekang dengan mudah dapat menembus ke segala penjuru dalam waktu sekejap . Adanya media sosial dalam berbagai bentuk akan menolong penyampaian konten itu.  Tidak perlu lagi mengadakan seminar yang hanya bisa dihadiri oleh segelintir orang saja.  

3.Media promosi baru

Satu keuntungan bagi perusahaan dengan adanya Content Creator, membantu promosi produknya dengan sangat kekinian, terjangkau ke seluruh penjuru, bahkan dapat dianalisis keefektifan dari promosi melalui suatu media sosial.

Dulunya promosi yang menggunakan TV, radio, sekali publish harus bayar mahal. Sekarang melalui influencer, biaya promosi lebih murah,, target market lebih luas dan hasilnya lebih memuaskan.

Baca juga: 7 Tips Bikin Engagement di Instagram Meningkat!


Yuk, Anda sudah siap jadi Content CreatorBe creative, aggressive dan selalu menerima tantangan untuk selalu menjadi yang terbaik untuk diterima oleh brand.

Sumber:

Fenomena Content Creator di Era Digital oleh Yusti Amelia SUndawa & Wulan Trigartanti