Bonsai Business Dengan Modal Kecil, Gampang Banget!

budidaya tanaman bonsai
freepik.com/pikisuperstar

Bisnis pada dasarnya menjadi sektor ekonomi yang menarik. Seseorang terjun mulai dari sekedar hobi ataupun memang ingin menekuni dan siap secara kemampuan yang dimiliki oleh pelaku bisnis. Lalu mengapa banyak orang tertarik dengan bisnis? Bagi beberapa orang, menjalani kegiatan bisnis dilakukan karena tidak puas akan gaji dari pekerjaan utamanya. Ada juga yang ingin mewujudkan impian besar mereka untuk menjadi orang yang sukses melalui bisnis yang akan dijalani. Salah satu yang menarik dari bisnis yang banyak dijalani oleh orang-orang adalah budidaya bonsai.

Bonsai merupakan pohon kayu yang dilakukan pemangkasan yang bertujuan untuk menciptakan dan membiasakan tumbuhan pada pohon agar tumbuh kerdil/cebol yang biasanya ditanam dalam media pot dangkal.

Mengapa budidaya bonsai menarik? Dibalik dari proses perawatan yang sampai puluhan tahun, disitu juga tersimpan harga yang fantastis dari setiap keunikan yang dimiliki oleh karakter pohon. Keunikan tersebut tercermin melalui bagaimana gerak pohon, bagaimana karakter dari pohon dan banyak hal lainnya.

Apakah Budidaya Bonsai Menguntungkan?

Bukan namanya kegiatan bisnis jika target yaitu hasilnya tidak untung. Setiap bisnis memerlukan sebuah visi dan misi yang jelas agar tahu kemana arah tujuan bisnis yang dijalani. Sama halnya dengan budidaya bonsai, seseorang yang memang ingin menekuni budidaya bonsai ke arah bisnis harus memiliki persiapan yang matang.

Bonsai memiliki banyak ukuran, mulai dari ukuran besar, sedang, kecil, dan mame. Proses pengerjaan dan alat yang diperlukan tentu terdapat perbedaan, mulai dari ukuran kawat untuk membentuk gerak dasar sampai gerak ranting, media pot yang digunakan yang disesuaikan agar terlihat elegan.

Budidaya ini memerlukan kesabaran yang tinggi dikarenakan proses yang dilakukan lama. Beberapa proses perlu dilakukan mulai dari memilih tanaman atau pohon. Pemilihan tanaman menjadi awal yang dari kesuksesan dalam melakukan pembentukan bonsai. Setiap pohon biasanya memiliki perbedaan, mulai dari ukuran daun, proses pertumbuhan pohon, proses pertumbuhan akar.

Dalam melakukan budidaya ini, juga harus memperhatikan media tanah yang digunakan. Tanah yang baik akan memberikan proses pertumbuhan pohon. Pilihlah tanah dengan kadar humus yang tidak terlalu tinggi untuk memberikan kegemburan tanah yang tidak berlebihan. Atur kelembaban tanah dan juga melakukan perawatan rutin melalui penyemprotan untuk membunuh hama yang mengganggu proses pertumbuhan bonsai.

Jika seseorang dapat membentuk gerak yang menarik maka memungkinkan penjualan dengan harga yang fantastis. Karakter gerak pohon menjadi kunci utama jika ingin meningkatkan harga dari suatu pohon. Harga bonsai saat ini tergolong sangat tinggi, rata-rata dibandrol dari harga jutaan hingga ratusan juta rupiah. Ini merupakan bisnis yang dengan hasil yang fantastis jika memang tekun dikerjakan. Semuanya tergantung keunikan, keindahan, karakter dan lama proses budidaya sehingga menciptakan pohon dengan umur tua.

Baca juga: 6 Ide Kerajinan Bambu yang Mudah Dibuat!

Apakah Budidaya Bonsai Perlu Modal Besar?

Dikutip dari Gramedia, tanaman bonsai merupakan tanaman dengan harga yang mahal. Tidak sembarang orang dapat memiliki dan merawat dengan baik. Anda harus memperhitungkan modal yang harus anda siapkan. Tapi, banyak bakalan pohon yang mudah didapatkan dan tidak memerlukan harga yang besar untuk mendapatkannya.

Dilansir dari Sobatbonsai, Jika kita melihat balik ke ukuran bonsai, maka terdapat ukuran paling kecil. Iya, mame bonsai menjadi pilihan jika anda ingin budidaya tanpa memerlukan modal yang besar. Mame merupakan salah satu kategori bonsai yang ukurannya paling kecil.

Banyak tanaman yang dapat dijadikan bonsai mame dan tentu saja mudah untuk didapatkan. Salah satunya pada kelas pohon beringin. Siapa yang tidak kenal dengan pohon beringin? Dilansir dari Lindungi hutan, beringin merupakan pohon yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia yang biasanya dengan ukuran besar. Tanaman beringin mudah didapatkan dan juga memerlukan perawatan yang tidak begitu rumit.

Selain itu, ada juga tanaman sancang yang dikenal juga mudah tumbuh di Indonesia. Tanaman sancang untuk ukuran bakalan mame dibandrol dengan harga tidak terlalu tinggi. Media tanah dan ruang yang dibutuhkan untuk budidaya mame kecil sehingga menguntungkan bagi yang memiliki ruang kecil.

Strategi Budidaya Bonsai Mame

Bagi pemula, tentunya harus belajar cara budidaya bonsai mame agar perawatan tepat dan tumbuh subur. Strategi dibutuhkan untuk menciptakan hasil yang maksimal kedepannya. Berikut ini strategi dalam melakukan budidaya bonsai mame!

Memilih jenis tanaman.

Tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai mame. Jadi sebelum itu, anda harus memahami terlebih dahulu kriteria tanaman. Tanaman yang dijadikan mame yaitu tanaman yang berkayu, memiliki umur panjang, serta kuat dalam media kecil. Selain itu anda harus memahami karakter dari tanaman yang biasanya dijadikan mame. Semisal beringin, tanaman beringin mudah untuk mengembangkan akar tanaman. 

Memahami media tanah.

Mame ditanam pada wadah tanaman yang kecil sehingga harus dipikirkan dengan matang-matang. Media tanaman tanah memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung kehidupan pohon. Jika ingin memilih tanah maka pilihlah tanah yang subur seperti tanah merah atau tanah pasir sungai.

Memilih bentuk gerak

Bonsai mame juga harus memperhatikan bentuk dari akar sampai ranting tanaman. Banyak bentuk yang bisa dicoba seperti gaya air terjun, gaya on the rock, dan lain sebagainya. Dalam membentuk gerak tidak lepas dari penggunaan media kawat untuk membentuk dahan sampai ranting

Melakukan perawatan

Perawatan menjadi kunci untuk menciptakan pohon kerdil yang elok dilihat. Mame juga memerlukan perawatan yang mirip dengan bonsai pada umumnya.

Mulai dari media tanah yang memberikan nutrisi baik kepada pohon, menjaga kelembapan media, mendapat nutrisi berupa air yang teratur dan juga mendapat cahaya yang sesuai untuk kebutuhan pohon. Selain itu juga perlu perawatan berupa obat hama, dikarenakan bonsai mame juga dapat terserang penyakit.

Memilih media pot.

Media pot menambah nuansa yang diberikan kepada tanaman bonsai mame. Ukuran pot biasanya disesuaikan dengan ukuran agar memberikan keseimbangan satu sama lain. Pemilihan pot juga disesuaikan dengan karakter pohon. Banyak jenis pot yang digunakan antara lain pot oval, persegi panjang, dan lain sebagainya.

Sumber referensi:

  1. Budidaya Bonsai, Peluang Usaha Menjanjikan