Ekonomi Digital : Peluang Bisnis dan Tantangannya

Ilustrasi orang yang sedang mengupdate data produk secara online ( freepik.com/tirachardz)

Di kondisi zaman atau kehidupan yang modern seperti sekarang ini, seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah sangat dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih. Era baru yang hadir dan berkembang di masyarakat untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar menjadi lebih praktis dan modern. Dengan berkembangnya era digital ini masyarakat dimudahkan segala aktivitas dan pekerjaannya di berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari menggunakan jaringan internet, perangkat digital, aplikasi atau platform digital, dan media sosial.

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia saat ini begitu cepat sehingga mengharuskan setiap pemilik usaha kecil maupun menengah mampu beradaptasi dan bertumbuh untuk menemukan peluang baru bagi bisnisnya. Sebuah kemajuan yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan seperti, lebih banyaknya informasi dan pilihan yang tersedia untuk mencari segala sesuatu yang diinginkan, lebih menghemat waktu, menghemat biayanya, dan menurunkan hambatan karena semua bisa dilakukan secara online.

Namun dibalik semua kemudahan teknologi dan digital yang ditawarkan, ada sejumlah tantangan yang perlu diatasi seperti:

  1. Keamanan berinternet yang menjadi ancaman besar bagi pengguna internet sehingga dibutuhkan peningkatan keamanan untuk mengakses layanan internet tanpa khawatir peretasan dan pencurian data. 
  2. Sumber daya manusia yang kurang paham mengenai penerapan teknologi dan rendahnya literasi digital juga membuat banyak sektor sulit masuk kancah digital.
  3. Adanya regulasi yang belum mengikuti perkembangan zaman.
  4. Persaingan yang semakin ketat.
  5. Ketersediaan akses internet yang kurang mumpuni.
  6. Selain faktor diatas ada juga masalah yang sewaktu-waktu dapat dihadapi oleh perusahaan besar yaitu adanya bencana (disaster), bencana disini dapat dikategorikan sebagai bencana alam dan bencana yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error).

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang pesat dibutuhkan juga tenaga kerja handal di bidang teknologi dan digital. Maka tidak heran jika pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi dan digital ini banyak diminati masyarakat, contohnya:

  1. Digital marketing
  2. Penjualan ritel/ umum
  3. Pemasaran/ pengembangan bisnis
  4. Desain grafis
  5. Pembelian & manajemen gudang
  6. Manufaktur/ operasi produksi
  7. Logistik/ rantai pasokan
  8. IT/ komputer, dan keuangan

Bekerja di bidang IT bukan semata-mata soal gelar saja tapi dibutuhkan juga skill dan pengalaman yang mumpuni, untuk itu kembangkan skill dan terus asah kemampuan agar bisa bersaing sehingga mendapatkan posisi kerja yang diinginkan.

Selain beberapa contoh pekerjaan yang paling dicari di atas, terdapat ide bisnis digital yang dapat berpeluang besar untuk mendapat banyak pemasukan. Bisnis digital merupakan seluruh jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website ataupun aplikasi contohnya adalah e-commerce.

Dalam prosesnya terdapat banyak sekali contoh bisnis digital yang telah terbukti memiliki omset yang sangat menggiurkan. Beberapa ide bisnis digital yang bisa dicoba antara lain:

  1. Berjualan di e-commerce atau marketplace
  2. Bisnis afiliasi
  3. Konsultan digital marketing
  4. YouTuber & Podcaster
  5. Online learning & online teaching
  6. Jasa pembuatan website/ microsite/ landing page
  7. Pembuatan aplikasi mobile
  8. Jasa desain grafis
  9. Dropship
  10. Thrift shop
  11. Instagram influencer
  12. Content writer
  13. Konsultan SEO
  14. Blogger
  15. Jasa social media management
  16. Penerjemah online dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan dukungan teknologi informasi yang semakin berkembang kita bisa merintis bisnis usaha apapun dari nol. Berusaha sedikit demi sedikit secara bertahap dan konsisten mengenalkan produk ke masyarakat luas, meyakinkan konsumen bahwa apa kita tawarkan merupakan produk yang berkualitas sehingga konsumen bisa tertarik. Tidak ada hasil yang mengkhianati sebuah proses panjang, selama kita berdoa dan berusaha akan ada jalan dan peluang di setiap usaha yang dijalankan. Semangat!

Sumber Referensi :

  1. Pengertian Era Digital
  2. 7 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan
  3. Manfaat dan Tantangan Ekonomi Digital