8 Alasan Pentingnya Membuat Perencanaan Jenjang Karir

Ilustrasi orang yang terkejut dengan hasil kerjanya (freepik.com/benzoix)

Siapa yang tidak ingin mempunyai karir yang sukses?

Semua orang pasti menginginkannya bukan?

Nah, untuk mewujudkan salah satu kuncinya adalah membuat perencanaan jenjang karir.

Jenjang karir merupakan serangkaian posisi dalam pekerjaan yang harus dilalui seorang karyawan berdasarkan profil kompetensi yang dimiliki untuk berkembang dan mencapai tingkatan jabatan tertentu di perusahaan. Jenjang karir sangat penting karena untuk kejelasan karir seseorang kedepannya, sehingga seorang karyawan akan mengetahui banyak hal mengenai karir yang sedang ditempuhnya dan hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan.

Ketika seorang karyawan tidak memiliki perencanaan karir yang jelas, mereka akan kebingungan menentukan jenjang karir sehingga tidak jarang mereka bekerja di posisi yang bukan merupakan kemauan dan tidak sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Hal ini yang membuat karir mereka terhenti atau tidak naik sama sekali karena hanya bekerja sesuai dengan pekerjaan yang ada tanpa ada gambaran karir yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Jika dibiarkan terus bekerja di situasi dan kondisi seperti ini, hasil kinerja karyawan tidak akan bisa maksimal dan dapat merugikan perusahaan.

Melihat dampak yang ditimbulkan dari tidak adanya perencanaan jenjang karir, berikut 8 alasan pentingnya membuat perencanaan jenjang karir bagi karyawan :

  1. Membuat Diri Lebih Berkembang

Memiliki rencana karir yang logis membuat kita mengetahui seberapa banyak pertumbuhan karir dan perkembangan diri secara bertahap sesuai dengan kemampuan dan perencanaan yang telah dibuat. Menggali potensi diri dan mencocokkan dengan peluang yang ada untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai.

  1. Membantu Mendapatkan Pekerjaan Impian

Setiap orang yang bekerja tentu ingin meraih kesuksesan dalam berkarir, memiliki kondisi hidup yang lebih baik dengan penghasilan fantastis yang seringkali menjadi tolok ukur kesuksesan karir seseorang. Namun banyak orang yang sudah bekerja bertahun-tahun justru sulit untuk mengembangkan karir mereka, itulah sebabnya menyusun perencanaan jenjang karir yang tepat sangatlah penting dan perlu ditetapkan sejak awal untuk memudahkan pengembangan karir demi mendapatkan pekerjaan impian yang diinginkan.

  1. Merencanakan Masa Pensiun

Membayangkan hidup di masa tua memang masih menjadi angan-angan, apalagi untuk seseorang yang baru bekerja dan masih ingin menikmati kerja kerasnya di waktu sekarang. Namun memikirkan dana pensiun juga teramat penting demi menunjang kebutuhan hidup di masa tua atau ketika usia sudah tidak lagi produktif dan tidak bisa lagi bekerja dengan baik. Sehingga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari guna meningkatkan kesejahteraan hidup di masa tua.

  1. Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman Diri

Dengan membuat perencanaan jenjang karir kita akan tahu apa yang harus dilakukan dan paham kepada diri sendiri tentang potensi dan kelebihan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada dan mengusahakan semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan dalam berkarir.

  1. Mencapai Kepuasan Kerja

Jika kita bekerja sesuai keinginan dari segi tempat kerjanya dan jenis pekerjaan yang pas dengan kebutuhan dan kemampuan kita, maka dengan sendirinya kita akan mencintai pekerjaan dan bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga kepuasan kerja akan tercipta.

  1. Mempersiapkan Diri pada Penempatan yang Sesuai

Ketika kita sudah membuat perencanaan jenjang karir, kita mengetahui tahap selanjutnya yang akan dilewati sehingga kita bisa mempersiapkan diri untuk lebih fokus dan berkonsentrasi agar hasil yang nantinya diperoleh sesuai dengan harapan.

  1. Mengefisiensi Waktu dan Usaha dalam Berkarir

Dengan perencanaan karir kita bisa merencanakan masa depan dan membuat batas waktu untuk mencapai hal-hal yang diimpikan. Dalam hal ini waktu yang digunakan sangatlah efektif untuk memaksimalkan usaha yang dilakukan, sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang percuma tanpa ada hasilnya.

  1. Meningkatkan Motivasi Diri dalam Bekerja

Perencanaan jenjang karir akan membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja, memberikan motivasi kepada diri di sepanjang perjalanan karir untuk lebih produktif dan berusaha mengambil peluang yang ada.

Inilah 8 alasan mengapa penting membuat perencanaan jenjang karir, banyak juga ya manfaat yang bisa diambil.

Jangan lupa membuat perencanaan jenjang karir untuk meraih impian, semoga sukses!

Sumber Referensi :

  1. Alasan Kamu perlu Membuat Rencana Karir
  2. Pentingnya Perencanaan Karir dalam  Bekerja
  3. 6 Alasan Kenapa Membuat Rencana Karir itu Penting