Program Ayo Kursus Kemendikbud

Ikut Program “Ayo Kursus” Kemdikbud, Gratisss… tisss… tisss… tisss

Kabar baik buat kamu yang lagi cari-cari tempat kursus. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Ternyata pemerintah menyediakan program bantuan bagi masyarakat berupa kursus dan pelatihan keterampilan maupun kewirausahaan. Adapun semua biaya kursus, mulai dari pendaftaran sampai kursus selesai, ditanggung pemerintah, alias gratis.

Program bantuan pemerintah ini namanya program “Ayo Kursus”. Kamu bisa mengikuti program ini melalui aplikasi “Ayo Kursus”. Sayang sekali kalau peluang dan kesempatan ini kamu sia-siakan. Jangan sampai ketinggalan informasi, simak penjelasan tentang program “Ayo Kursus” berikut ini.

Apa itu Program “Ayo Kursus” Kemdikbud?

Program Ayo Kursus Kemdikbud
Kemendikbud.go.id

Seperti dikutip dari situs kemdikbud.go.id, program “Ayo Kursus” merupakan program bantuan yang diselenggarakan Kemdikbud bagi masyarakat yang ingin memperoleh dan mengembangkan keterampilan kerja atau keterampilan berwirausaha melalui kursus dan pelatihan gratis tanpa biaya.

Pada dasarnya, program ini mengintegrasikan dua program Kemdikbud sebelumnya, yakni Program Kecakapan Kerja (PKK) dan Program Kecakapan Wirausaha (PKW). Keduanya bertujuan untuk memberikan peluang kepada masyarakat yang ingin memperoleh keterampilan agar bisa bekerja atau berwirausaha. Kamu bisa pilih salah satu di antara dua program tersebut.

Sementara itu, aplikasi “Ayo Kursus” merupakan aplikasi berbasis web yang dibuat pemerintah sebagai pusat informasi dan pendaftaran bagi calon peserta program “Ayo Kursus”. Jadi, di laman web “Ayo Kursus” ini kamu bisa daftar dan update informasi terkini program “Ayo Kursus”. Kamu juga bisa monitor terus informasi terbaru program “Ayo Kursus” melalui akun resmi instagram Kursus Kemdikbud @kursuskita atau tagar instagram #ayokursus.

Lembaga Kursus-nya Kredibel

Program Ayo Kursus Kemdikbud
Instagram/ @kursuskita

Dalam melaksanakan program ini, pemerintah bekerjasama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). LKP inilah yang nantinya memberikan kursus dan pelatihan kepada kamu sebagai peserta didik kursus.

Meskipun gratis tanpa biaya, kredibilitas LKP tak perlu kamu ragukan lagi. Sebab, pemerintah mempunyai kriteria tertentu dalam memilih LKP, dan ada ketentuan tertentu bagi LKP sepanjang pelaksaan program “Ayo Kursus”, seperti tertulis dalam Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Kerja dan Wirausaha 2022 (Juknis PKK & PKW 2022).

Dapat Sertifikat Kompetensi dan Ditempatkan ke Dunia Kerja

Tak hanya itu, setelah pelaksanaan kursus, kamu diwajibkan ikut uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) untuk memperoleh sertifikat kompetensi. Sertifikat kompetensi ini bisa jadi nilai jual kamu saat melamar pekerjaan.

Yang lebih hebatnya lagi, seperti tertulis dalam Juknis PKK & PKW 2022, kamu akan dibantu, diarahkan, bahkan disalurkan ke berbagai perusahaan yang bekerja sama dengan program ini.

Umumnya uji kompetensi di LSK dikenanakan biaya yang tidak sedikit. Namun, kalau kamu ikut program “Ayo Kursus”, semuanya gratis.

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar Program “Ayo Kursus”?

Program Ayo Kursus Kemdikbud
Instagram/ @kursuskita

Sasaran program ini, seperti dikutip dari postingan akun instagram @kursuskita, adalah sebagai berikut:

  • Pemilik Nomor NIK usia 17-25 tahun untuk program PKK, sedangkan untuk program PKW yaitu pemilik NIK usia 15-25 tahun.
  • Diutamakan anak usia sekolah tidak sekolah (ATS), ATS atau lulus tapi tidak melanjutkan pendidikan.
  • Diutamakan dari keluarga tidak mampu atau pernah menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Belum memiliki pekerjaan tetap atau menganggur.
  • Tidak dalam program sejenis yang dibiayai oleh pemerintah.

Artinya, kalau kamu lulusan SMA/ SMK/ sederajat, lalu setelah lulus belum bekerja dan belum bisa melanjutkan kuliah, kamu bisa mendaftar program ini. Kamu yang baru selesai pendidikan perguruan tinggi, dan belum mendapatkan pekerjaan, tidak ada salahnya menambah kompetensi praktikal melalui program ini, asalkan usia kamu di bawah 25 tahun.

Bagaimana Alur Pendaftarannya?

Program Ayo Kursus Kemdikbud
Instagram/ @kursuskita

Calon peserta didik dapat mendaftar melalui aplikasi web “Ayo Kursus” pada tautan https://banper.binsuslat.kemdikbud.go.id/ayo_kursus/. Dikutip dari postingan akun instagram @kursuskita, berikut cara pendaftaran program “Ayo Kursus” di laman web “Ayo Kursus”.

  • Pada laman web, pilih tombol daftar sekarang, kemudian isi identitas lengkap kamu. Setelah itu masuk ke halaman login, lalu pilih bidang keterampilan dan pilih kabupaten/ kota sesuai tujuan yang diinginkan.
  • Proses pleno diterima atau tidaknya peserta ditentukan oleh sistem komputerisasi Direktorat Kursus dan Pelatihan, di LKP sesuai wilayah yang dipilih.
  • Verifikasi data peserta dan pemberitahuan penerimaan peserta kepada LKP.
  • Peserta yang diterima akan mendapatkan pemberitahuan dan memulai pembelajaran.

Kenapa Ikut Kursus Kemdikbud Penting Buat Kamu?

Kamu belum berkesempatan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, sedangkan untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah hal mudah, apalagi kamu baru saja lulus dari bangku sekolah SMA/ SMK/ sederajat, belum punya pengalaman kerja dan minim kompetensi atau keterampilan.

Melalui kursus dan pelatihan, kamu bisa meningkatkan kompetensi atau keterampilan sesuai dengan minat dan bakat kamu. Keterampilan yang kamu punya adalah modal bagi kamu untuk bekerja maupun berwirausaha.

Ikut program “Ayo Kursus” agar kamu bisa mendapatkan peluang masa depan yang lebih baik. Bagikan artikel ini supaya orang-orang terdekat kamu juga bisa menerima manfaatnya.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Gap Year Setelah Lulus SMA, Teliti Dulu Alasannya