Ilustrasi pria percaya diri (Unsplash.com/HuntersRace)

10 Tips ini Ampuh Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kamu

Ilustrasi pria percaya diri (Unsplash.com/HuntersRace)

Percaya diri adalah senjata yang mampu membuatmu menggapai dunia, ketika kamu yakin dengan kekuatan yang ada dalam dirimu apapun yang kamu inginkan dapat kamu genggam. Penyair sekaligus sastrawan Inggris, Samuel Johnson berkata “Percaya diri adalah syarat pertama untuk melakukan banyak hal” itu artinya modal utama yang kamu butuhkan adalah keyakinan terhadap dirimu sendiri.

Pentingnya kepercayaan terhadap diri

Kamu pernah dengar kisah hidup Rowan Atkinson? Seorang aktor besar yang berhasil memerankan tokoh Mr. Bean. Sebelum terkenal seperti sekarang ia pernah mengalami banyak penolakan oleh produser ketika mengikuti audisi talent, alasannya karena ia sering berbicara gagap. Namun apa yang ia lakukan? Menyerah? Tidak! Ia selalu percaya bahwa dirinya bisa dan ia membuktikan itu dengan keberhasilannya sekarang.

Jika kamu pernah mendengar istilah ‘Jika jalanku buntu, maka akan kubuat jalanku sendiri’ itu nyata, contohnya ketika Rowan ditolak oleh banyak produser karena gagap saat itu jalannya seolah tertutup, tetapi kemudian ia membuat kekurangannya menjadi sebuah mahakarya yang hingga kini masih dikenang, Rowan yang tidak pernah bersuara selama berakting sebagai Mr. Bean justru menjadi daya tarik yang unik.

Itulah gambaran betapa pentingnya rasa percaya diri. Melalui kepercayaan diri kamu bisa mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Tips meningkatkan rasa percaya diri

Ilustrasi orang presentasi (Unsplash.com/JasonGoodman)

Tidak semua orang memiliki keberanian dalam hidupnya, beberapa di antaranya justru memiliki rasa minder yang tinggi. Untuk itu berikut tips yang bisa diterapkan dalam meningkatkan rasa percaya diri sebagaimana dilansir dari laman Alodokter.com.

1. Membangun pola pikir yang positif

Pikiran adalah kunci dari segalanya, ketika kamu mulai merasa minder atau merasa tidak bisa melakukan suatu hal. Kamu harus mengubah pikiran itu menjadi lebih positif, gantilah kalimat ‘aku tidak bisa’ menjadi ‘aku sedang belajar dan aku akan berusaha sampai bisa’.

2. Pahami kekurangan dan kelebihan

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, tidak ada yang sempurna yang ada hanya mereka yang mampu memanfaatkan kelebihannya atau justru mengubah kekurangan menjadi kelebihannya.

Cari tahu kelebihanmu dan jadikan itu sebagi senjata dan kekuatan untuk meraih apa yang kamu inginkan. Jika mimpimu terhalang oleh kekurangan, jangan minder tetapi teruslah berusaha agar kekurangan itu justru menjadi jalan bagimu menuju impanmu.

3. Mensyukuri apa yang sudah dimiliki

Ketika kamu bersyukur, saat itulah kamu dapat menerima dirimu apa adanya. Perasaan minder dan rendah diri perlahan bisa hilang. Berdamai dengan diri sendiri adalah salah satu cara hebat dalam membangun kepercayaan diri.

4. Memulai dengan langkah atau perubahan kecil

Agar kamu bisa menjauhkan perasaan minder, mulailah melakukan perubahan pada diri dengan pelan-pelan. Beri apresiasi pada setiap langkah atau perubahan kecil yang kamu lakukan dengan begitu kamu akan lebih menghargai usahamu.

5. Lakukan hal yang disukai

Melakukan kegiatan yang disukai adalah istirahat terbaik. Mengembangkan hobby atau bahkan keterampilan baru yang ingin kamu kuasai memberikan efek positif. Selain kamu merasa bahagia, kamu juga memungkinkan dapat menguasai keterampilan baru.

6. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Hal utama yang membuat kamu minder sebenarnya karena tanpa sadar kamu sering membandingkan diri dengan orang lain. Oleh sebab itu kurangi atau kalau bisa hapus pikiran yang sering membandingkan.

Sebagai gantinya tanamkan mindset bahwa setiap manusia itu memiliki alur hidupnya sendiri, dia hebat dengan segala yang ia punya, kamu unik dengan segala kelebihan dan kekurangan kamu. Dia berhasil dengan jalannya, kamu juga akan berhasil dengan jalanmu.

7. Memilih pergaulan yang positif

Selain diri sendiri, lingkungan luar juga memiliki pengaruh besar terhadap kepercayaan diri kamu. Teman kamu yang toxic cenderung akan membawamu pada rasa minder dan rendah diri, sedangkan teman kamu yang selalu mendukung dan memotivasi akan memberikan pengaruh baik ke dalam jiwa dan pikiranmu. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih pergaulan yang positif.

8. Biasakan pola hidup sehat

Ketika tubuhmu sehat besar kemungkinan mental kamu juga sehat. Pola hidup yang sehat secara tidak langsung dapat membentuk pola pikir yang sehat juga, dan pola pikir yang sehat akan meningkatkan kepercayaan diri. Maka, selalu terapkan pola hidup sehat.

9. Mengikuti berbagai kegiatan sosial

Menjadi relawan dan membantu orang lain dapat memberikan rasa bangga, sehingga dapat menimbulkan pandangan positif terhadap diri sendiri. Pandangan yang buruk akan mengakibatkan perasaan rendah diri, namun pandangan yang positif dapat memberikan kekuatan untuk dapat melakukan apapun yang diinginkan.

10. Percayalah kamu bisa

Hal paling penting dalam meningkatkan rasa percaya diri adalah sugesti. Saat kamu mengatakan ‘aku tidak bisa’ saat itu juga kekuatan dalam dirimu hilang dan pastinya kamu tidak akan bisa melakukan hal tersebut. Tetapi ketika kamu memberikan sugesti kalau kamu bisa saat itu juga kekuatan dalam dirimu datang dan kamu juga pasti bisa melakukan hal tersebut.

Membangun kepercayaan terhadap diri sendiri bukanlah hal yang mudah, itu sebabnya ada kalimat yang mengatakan ‘musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri’. Bukan hanya emosi yang sulit diatur, tetapi rasa percaya diri juga terkadang sulit dipertahankan. Jadi, cobalah tingkatkan rasa percaya diri kamu dengan tips-tips di atas. Jangan terburu-buru juga karena segala hal di dunia ini butuh proses, yang paling penting jangan menyerah!.