Pentingnya Self Improvement dan Self Growth

Pentingnya Self Improvement dan Self Growth

Yoga – jare-rice-unsplash-https://www.unsplash.com/

Sukses seseorang bukan dibangun dalam sekejap.  Kesuksesan orang dalam karir, jabatan, dilalui dengan proses Panjang.  Dalam kehidupan orang yang sukses bukan hanya sekedar di pekerjaan, tetapi juga sukses dalam kehidupan pribadinya.

Untuk menemukan dan meraih sukses, rintangan dan hambatan menjadi bagian yang tak terelakkan. Hambatan dan rintangan itu bukan dijadikan alasan untuk dihindari .  Anda harus mampu melawan, menguasai bahkan mengatasi rintangan.  Cara mengatasi rintangan itu dengan baik disebut dengan pengembangan diri atau self development.

Di setiap sudut kehidupan orang berhadapan dengan sesuatu yang terus maju dan berkembang.  Oleh karena itu tiap pribadi yang ingin sukses harus punya kesadaran diri  untuk mengembangkan potensi ,bakat,keterampilan dan kemampuan yang ada dalam dirinya.

Apa beda self development dan self improvement?

Keduanya memiliki kata self.  Berarti kepribadian, karakter, sifat, sikap, watak, tingkah laku, integritas yang dimiliki oleh individu.

Development proses seorang individu ingin maju dan berkembang.

Sedangkan improvement merupakan perubahan untuk lebih baik dari yang sekarang.


Jika orang bertanya, mana yang lebih penting self development dan self improvement?

Baca juga : 7 Tips Bikin Engagement di Instagram Meningkat!

Dari segi makna, keduanya memang memiliki tujuan yang sama, yaitu individu yang punya tujuan untuk maju dan berkembang sesuai dengan versi terbaik dirinya.

Jadi tidak ada yang lebih penting tetapi lebih baik memadukan keduanya sehingga orang yang punya  tujuan sukses dapat memperoleh keduanya yaitu pengembangan pribadi dan peningkatan diri.

Bagaimana cara pengembangan diri?

Tidak ada konsep yang baku berlaku untuk setiap orang sama metodenya. Tiap orang punya gaya dan cara yang berbeda untuk self development.   

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk pengembangan diri.

1. Mengenali diri sendiri

Tiap orang harus mengenal kelemahan dan kekuatan dirinya masing-masing.  Bukan kata orang atau penilaian orang lain yang harus kita percaya.

Titik lemah yang harus kita kenali dan kita tingkatkan untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

2.Mengenali Tujuan Hidup secara pasti

Tujuan hidup dari masing-masing orang juga berbeda.  Ada yang ingin mengejar karir, ada yang ingin belajar terus, ada yang ingin mengejar keluarga yang bahagia.  Apabila kita sudah mengetahui tujuan itu, akan mempermudah membuat langka-langkah menuju tujuan itu.

3. Selalu Belajar

Belajar itu bukan hanya di bangku sekolah, pendidikan formal saja.  BEgitu selesai dari bangku sekolah/kuliah, ada ilmu yang dapat kita pelajari terus  . Ilmu yang meningkatkan kualitas kehidupan kita baik di saat sekarang ini atau masa mendatang.

Perkembangan kehidupan dan ilmu terus bertumbuh, perlu diikuti dengan perkembangan kualitas kehidupan diri dengan wawasan dan ilmu yang terus ditingkatkan.

4. Senang Membaca Buku

Buku adalah jendela  dunia .  BIla kita ingin melihat dan mendapatkan wawasan yang luas, satu-satunya jalan adalah dengan membaca buku.  Bukan buku hiburan, tetapi buku yang berdampak luas dengan pekerjaan,karir.

5.Belajar dari Ahlinya

Apabila kita tidak mampu belajar pengembangan diri sendiri, kitab oleh mencari  ahli atau profesional yang paham dengan pengembangan diri.  

6.Mencoba Pekerjaan Sampingan

Adakalanya pekerjaan utama kita tidak sesuai dengan hobi atau karakter , passion kita.  Cobalah mencari atau mendapatkan pekerjaan freelance yang mendukung hobi,passion yang nantinya akan memperteguh pekerjaan tetap kita.

7.Menjaga Kesehatan tubuh dan mental

Dalam bekerja, Kesehatan tubuh menjadi utama. Apabila kita tak punya tubuh sehat, akan mengganggu produktivitas kerja.   Kesehatan mental tetap dijaga dengan mengatasi segala masalah dalam hidup ini dengan kekuatan spiritual dan jiwa dan motivasi.  Jika kita tak punya Kesehatan mental yang baik hal itu akan mempengaruhi Kesehatan tubuh juga.

Manfaat Self Development

Setiap individu yang selalu mengasah self development akan memperoleh manfaat yang berdapak positif terhadap dirinya. 

Berikut ini adalah manfaat yang dapat kita rasakan:

1. Membuka Peluang baru

Apabila kita sudah mempersiapkan diri dengan ilmu yang siap diterapkan dalam dunia kerja, terbukalah peluang untuk kitab isa diterima .  Di dalam zaman yang penuh persaingan, bukan sekedar ilmu dalam secarik kertas yang penting, tapi portofolio yang meyakinkan membuat Anda punya peluang baru.

2.Membuat diri memiliki versi terbaiknya

Kita tidak bisa membandingkan diri kita dengan orang lain untuk suatu keahlian.  Tiap orang punya versi terbaik dalam dirinya.

Dengan self development yang diproses dan digali terus, kitab isa langsugn memahami apa yang unggul dalam diri kita.

3.Meningkatkan percaya diri

Percaya diri menjadi titik tolak dari kemampuan kita mengatasi rasa malu.    Dengan percaya diri kita mengatasi persoalan dan masalah yang kelihatannya sulit dan tidak mungkin.   Jadi penampilan di luar dan dalam terus digali.

Setelah membaca pentingnya self improvement dan self growth , kita harus segera praktekan untuk membangun kepribadian kita yang lebih baik sehingga performance kerja kita pun makin baik.

Sumber referensi:

Buku Psikologi: Pengertian Self Development dan Contoh Self Development- Tasya Talitha