Tips Bisnis Startup Bagi Pemula

6 Tips Bisnis Startup Bagi Pemula

Meeting startup: Austin-Distel-Unsplash-https://www.unsplash.com/

Seorang entrepreneur menganggap bahwa business startup masih sangat menjanjikan. Hal ini terungkap dari pernyataan Ketua Umum Indonesia Digital Empowering Community (IDIEC), M.Tesar Sandikapura. Dikatakan oleh beliau bahwa di Indonesia, sektor startup di berbagai bidang seperti hiburan, pendidikan, energi, pesan antar makanan masih tetap berkembang secara positif dalam jangka waktu 5 tahun.

Data terbaru dari situs registrasi perusahaan rintis, startup ranking.com , Indonesia telah memiliki 2.079 perusahaan rintisan. Sayangnya, menurut datakata.com, 5 startup ditutup akibat pandemi di antaranya Sorabel, Easty,StoQo, HooQ, Airy Rooms.

Sementara dilansir dari CNBC.com, startup gim status unicorn, Mobile Premier League (MPL) telah menghentikan 100 karyawannya, atau 10% dari total pegawai.

Bagi mereka yang bercita-cita menjadi founder startup mulai berpikir 1000 kali untuk memulai bisnis startup.  Apa yang terjadi dengan dunia startup di Indonesia?  Yuk kita simak untuk mempelajari dunia startup yang kita pikir prospeknya bagus!

Apa itu bisnis Startup?

Pernah mendengar suatu ungkapan “tiap masalah mendatangkan peluang”. Awalnya bisnis startup sebagai bisnis rintisan ingin menjawab masalah yang terjadi di masyarakat.  Misalnya masyarakat butuh transportasi yang efisien dan cepat dan terjangkau. Lalu, diciptakan Grab, Gocar sebagai jawabannya.

Kendala yang jelas terjadi, booming dari startup yang tak bisa mengendalikan untuk “burn out”, atau membakar uang dengan memberikan diskon, harga murah , padahal biaya mereka itu sangat besar. Akhirnya mereka tak  bisa bertahan lagi karena valuasi atau nilai dari startup yang akan dijual itu belum memadai dan modal para investor belum bisa Kembali.  Kehancuran dari startup ini jadi pelajaran bagi kita semua.

Yuk sebelum kita terjun ke dunia startup, pelajari dulu seluk beluknya.

Karakteristik bisnis startup

Berbeda dengan bisnis konvensional, bisnis startup membutuhkan beberapa karakteristik yang perlu dipelajari:

  • Kemampuan investor untuk memenuhi semua modal pergerak bisnis
  • Perusahaan sudah bergerak dalam dunia startup kurang dari 3 tahun
  • Pendapatan perusahaan tidak boleh kurang dari USD 100.00
  • Perkembangan bisnis harus diikuti dengan cepat

Perusahaan harus mengembangkan produk untuk menjawab solusi masyarakat.  Kebutuhan itu bukan sekedar untuk kebutuhan yang diluar saja, tetapi juga ada kebutuhan keamanan Kesehatan yang diperhatikan.

Tim yang solid dan konsisten

Sebuah ironi ketika sebuah tim dalam sebuah start-up justru tidak mengetahui apa pekerjaannya dan tidak kompeten, bahkan dari pihak atasan kurang kompeten dalam memberikan arahan tugas dan motivasi.

Inovatif

Tidak boleh berhenti pada suatu titik dari platform tertentu. Jika masih bisa dikembangkan, perlu inovasi yang makin membuat platform lebih mudah, efisien dan produk yang bervariasi.

Investor  punya “sense of bisnis”

Jika Anda sebagai pencetus startup dan mencari investor, carilah investor yang memiliki visi, model bisnis dan produk yang sesuai dengan Anda. Tidak sampai terjadi bisnis Anda tidak berkembang bahkan hancur karena Investor menghentikan bantuan modal karena visi yang tidak sesuai.

Tunjukkan kemampuan Anda untuk mengelola proyek itu menjadi nilai yang berharga untuk dijual dengan valuasi yang sangat tinggi.

Baca juga: 7 Tips Bikin Engagement di Instagram Meningkat!

Teknologi Roadmap Usaha

Setiap usaha startup harus memiliki high teknologi . Mulai dari Developer roadmas mulai dari frontend Developer, Backend Developer.  Manfaat teknologi roadmap merupakan  teknik perencanaan yang flexible untuk mendukung strategi baik perencanaan jangka Panjang maupun jangka pendek dengan solusi teknologi yang spesifik.

Digital Marketing sebagai Alat untuk Marketing

Dunia startup tidak dapat lepas dari digital marketing.   Membangun suatu produk baru tentu butuh pemasaran yang cepat waktunya dan tepat sasarannya.   Juga perlu membangun brand dari produk yang diciptakan.  Manfaatkan, Google Ads, Sosial Media dan SEO untuk boosting produk yang akan dijual.

Tips di atas sangat manfaat bagi startup pemula.  Sebelum melakukan bisnis startup,sebaiknya pelajari kebutuhan yang cukup banyak dan kompetensinya.

Sumber referensi

Jurnal Entrepreneur: “Mengenal Bisnis Startup: Peluang dan Tips untuk Memulainya”