Ilustrasi waktu (Unsplash.com/JonTyson)

Manajemen Waktu: Cara Hidup Lebih Teratur

Ilustrasi waktu (Unsplash.com/JonTyson)

Manajemen waktu – Seyoginya kita selalu ingin hidup dengan teratur, namun kenyataannya aktivitas yang banyak seringkali membuat kita kesulitan dalam mengatur waktu. Jadwal yang berantakan membuat kita menjadi bingung hingga terkadang janji yang harusnya ditepati justru lupa dan pekerjaan yang harusnya deadline kemarin justru dikerjakan hari ini.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan agar jadwal kita tidak acak-acakan? Solusinya adalah manajemen waktu.

Manajemen waktu adalah perencanaan dan pengorganisasian waktu agar lebih tersusun dan teratur sehingga fokus dan produktivitas pekerjaan dapat ditingkatkan. Manajemen waktu termasuk ke dalam self development, soft skill yang harus dimilliki setiap orang untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Pentingnya manajemen waktu

Waktu yang kita miliki setiap harinya hanya 24 jam, namun terkadang kegiatan dan pekerjaan yang  perlu kita selesaikan cukup menumpuk. Jika kita tidak memiliki perencanaan waktu atau manajemen waktu kita buruk pekerjaan yang menumpuk tersebut dapat menyebabkan stress dan kecemasan, kemungkinan pekerjaan terbengkalai pun bisa saja terjadi. Melalui perencanaan waktu yang baik bukan hanya pekerjaan namun hidup kita pun dapat lebih teratur.

Lalu, bagaimanakah agar waktu kita tertata rapi? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara memanajemen waktu yang baik

Ilustrasi orang menulis (Unsplash.com/CathrynLavery)

Ada banyak cara dalam mengatur waktu, berikut 5 tips memanajemen waktu yang baik.

1. Buat list pekerjaan yang harus diselesaikan

Susun terlebih dahulu pekerjaan yang kita miliki. Kemudian urutkan berdasarkan prioritas bisa dari yang paling penting hingga yang kurang penting, atau berdasarkan deadline jika pekerjaan yang harus segera diselesaikan

2. Tambahkan kegiatan sehari-hari dalam list

Meskipun kita memiliki banyak pekerjaan, jangan sampai kegiatan sehari-hari terbengkalai. Oleh karenanya kegiatan tersebut perlu masuk ke dalam list juga, sehingga bukan hanya pekerjaan kita yang teratur namun hidup kita juga. Kita harus bisa menempatkan waktu yang tepat kapan kita mencuci pakaian, merapikannya, memasak, dan mengurus diri serta kehidupan kita tanpa mengganggu pekerjaan dan waktu istirahat.

3. Atur jamnya termasuk untuk istirahat

Setelah kita memiliki list pekerjaan dan kegiatan yang harus diselesaikan. Selanjutnya, kita perlu mengatur jam yang tepat untuk setiap pekerjaan, hal ini dapat memberikan aba-aba kapan kita mulai dan mengakhiri pekerjaan dan kegiatan. Jangan lupa juga sisihkan waktu untuk istirahat karena tubuh kita bukan robot.

4. Buat jadwal untuk kegiatan penting atau janji

Selain pekerjaan yang harus kita kerjakan setiap harinya terkadang ada janji atau kegiatan penting di luar aktivitas sehari-hari yang juga harus kita penuhi. Agar tidak mengacaukan list yang sudah dibuat, perlu untuk membuat jadwal di luar aktivitas minimal untuk seminggu ke depan. Selain untuk menghindari lupa juga untuk menghindari bentrok dengan kegiatan atau janji lainnya.

5. Disiplin waktu

Semua manajemen waktu yang telah dibuat akan percuma jika kita tidak memiliki disiplin waktu. Menyusun perencanaan waktu itu mudah, namun melaksanakannyalah yang sulit. Oleh karena itu disiplin memiliki peran penting dalam manajemen waktu.

Cara mendisiplinkan waktu

Walaupun kita telah membuat perencanaan waktu yang baik, belum tentu kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik pula. Terkadang ada saja waktu yang melebihi target atau justru jam yang seharusnya digunakan kegiatan A namun digunakan untuk kegiatan B. Jam memulai kegiatan yang ngaret juga berpengaruh terhadap manajemen waktu yang lainnya, sehingga perencanaan yang sudah dibuat justru jadi amburadul lagi.

Tips mendisiplinkan diri kita terhadap waktu dapat dimulai dengan yang sederhana terlebih dahulu, seperti di bawah ini.

1. Membuat alarm atau pengingat

Tidak perlu semua kegiatan menggunakan pengingat, cukup pekerjaan yang paling penting saja. Tetapi jika belum terbiasa dengan manajemen waktu, semua kegiatan yang masuk ke dalam list dapat dibuatkan pengingat untuk membiasakan diri.

2. Fokus ketika mengerjakan satu pekerjaan

Setiap pekerjaan sudah memiliki waktunya masing-masing sehingga ketika kita menyelesaikaan pekerjaan A jangan menarik pekerjaan B di waktu A. Agar semuanya tetap tersusun berdasarkan list.

3. Nikmati kegiatan yang sudah direncanakan

Tetap santai dan jangan menganggap perencanaan kegiatan tersebut sebagai sebuah tekanan agar tidak menimbulkan stress.

Itulah tips manajeman waktu sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat! Sesempurna apapun kita membuat perencanaan waktu jika kita tidak dapat mendisiplinkan diri list-list itu hanya akan menjadi catatan semata. Semangat!