12 Strategi Perencanaan KKKKarir yang Ampuh dan Efektif

12 Strategi Perencanaan Karir yang Ampuh dan Efektif

Kehidupan dalam dunia ini terus bergulir dan berganti dengan cepat sekali. Ketika kita semua berhadapan dengan berbagai kehidupan seperti  kehidupan kerja, karir atau keluarga, pasti kita tidak mampu menjalankan kehidupan tanpa suatu rencana.Rencana untuk menjalankan kehidupan pun perlu dengan strategi.  Tidak bisa berjalan mengalir tanpa arah kemana angin berlalu.

Linkedin/Aghogho Akporido (MBA)- https://www.unsplash.com/

Setiap individu dituntut untuk punya strategi karir yang dapat meningkatkan karirnya di masa mendatang.

Jika kita tak punya strategi pasti kita akan ketinggalan, bahkan kita akan kehilangan arah dan akhirnya tujuan hidup untuk karir maupun keluarga tak sesuai dengan harapan.

Strategi karir individu pasti berbeda dengan strategi organisasi . Tetapi dalam membuat strategi karir individu perlu diselaraskan dengan  apa yang paling penting dalam hidup kita. 

Ada orang yang dalam organisasi atau perusahaannya, memiliki kesempatan menjadi seorang pemimpin dan menciptakan rencana strategi perusahaannya. 

Rencana sangat penting untuk membantu perusahaan untuk bekerja secara efektif dalam kurun waktu tertentu.

Demikian juga dengan strategi karir individu akan membantu kehidupan pribadi maupun profesional kita.  Buatlah strategi itu menjadi panduan bagi kita untuk melihat kebelakang dan mengetahui adanya perubahan dan adanya kesempatan.

Namun, strategi karir individu yang terbaik adalah fokus kepada kepentingan yang terbaik untuk Anda. Terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan karir (perkembangan yang sedang berjalan dalam tugas dan kemampuan kedepannya untuk perubahan kerja),  keuangan, Kesehatan dan relasi yang sangat penting.  

Namun, Anda juga boleh menambahkan hal-hal yang penting itu berkaitan dengan perkembangan    travel, spiritual.

Inilah 12 langkah ciptakan  rencana strategi karir Anda , yang dapat dilakukan pada awal tahun.

Baca juga : Raih Sukses, Miliki Self Awareness! Inilah Caranya

Langkah pertama: Temukan waktu

Anda perlu memisahkan antara tugas dan tanggung- jawab dengan impian apa yang Anda ingin capai.

Langkah kedua:  Perjelas Nilai Anda.

  Apa yang terpenting dalam kehidupan Anda?  Mudah mengidenfikasinya misalnya, keluarga, Kesehatan, kebahagiaan, materi.  Tetapi Anda harus gali secara dalam untuk tujuan dari rencana strategi karir Anda.

Namun, Anda juga memikirkan hal yang lain yang juga penting untuk direncanakan. Misalnya Anda sebagai pemimpin di sebuah perusahaan,  relasi yang dekat dan konektivitas antara level pribadi dan profesional,penghargaan atau pengaruh yang lebih besar, waktu, kebebasan, flexibilitas , keseimbangakan atau integrasi, pertumbuhan pribadi, tantangan yang baru, kekayaan, jasa dan pekerjaan yang berarti.

Langkah ke-3: Ciptakan Pernyataan Misi Anda secara singkat

Singkat cukup satu atau kalimat berdasarkan nilai yang Anda inginkan.   Anda tak perlu menjelaskan siapa Anda.   Tetapi cukup untuk pengingat dari tujuan hidup Anda.   Pernyataan Anda adalah batu ujian yang berharga sebagai panduan dari sikap dan pengambilan keputusan.

Baca juga : Sukses di Dunia Kerja Terapkan integritas

Langkah ke-4: Lakukan analisis SWOT pada diri Anda sendiri. 

Apa yang jadi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman?  Apa yang dapat berikan feedback secara jujur tentang kelemahan dan kekuatanmu?   Apa prediksi ekonomi  yang baik maupun yang buruk, berkaitan dengan kehidupan dan kerja Anda?

Langkah ke-5:  Ciptakan Tujuan Anda

Tujuan utama adalah mengidentifikasi tujuan yang selaras dengan nilai yang telah Anda identifikasi sebelumnya. Sebagai contoh, jika anda identifikasi  pertumbuhan professional atau kesempatan kepimpinan sebagai nilai, Anda dapat memasukkan tujuan karir dalam list Anda.  

Dalam setiap tujuan, masukkan Langkah-langkah yang spesifik/rinci dan waktu untuk melakukannya.  Tujuan Anda dapat luas (karir yang menanjak), tetapi Langkah Anda harus lebih spesifik dan waktu yang terbatas (misalnya dalam waktu tiga bulan mendapat pekerjaan baru). 

Saya merekomendasikan jumlah tujuan yang terbatas dan Langkah-langkah yang diambil sehingga Anda dapat memiliki pendekatan yang realistis dan Anda dapat mencapainya.   Misalnya cukup dengan tiga atau dua tujuan, dengan satu atau dua Langkah dari setiap tahunnya.

Langkah ke-6:  Memutuskan apa yang Anda butuhkan

Apa yang Anda butuhkan dalam setiap rencana karir Anda.  Identifikasi partner kerja, mungkin teman atau kolega dapat bekerja sama untuk merealisasikan rencana karir.  Bekerja sama untuk mengecek seminggu sekali  atau dua minggu sekali, atau sebulan sekali untuk strategi Rencana karir Anda dan buatlah modifikasi .

Langkah ke-7:  Meminta umpan balik

  Setiap kali kita sudah melangkah untuk kehidupan keuangan dari apa yang direncanakan, mintalah umpan balik kepada teman atau sahabat yang dapat dipercaya.  Dalam soal pekerjaan, tentunya Anda juga perlu diskusi dengan kolega atau atasan untuk rencana yang kita anggap baik, belum tentu feedback mereka baik.

Baca juga: Raih Sukses, Miliki Self Awareness! Inilah Caranya

Langkah ke-8:  Melakukan penilaian sendiri

  Bagi kita orang timur menganggap bahwa penilaian sendiri dianggap kurang jujur. Tetapi jika mau jujur terhadap diri sendiri, penilaian itu akan lebih objektif dan Anda lebih mengetahui kemampuan diri sendiri.

Langkah ke-9:  Gunakan Tujuan SMART

Semua tujuan atau sasaran harus punya kriteria spesifik,terukur, dapat dicapai, relevan dan terikat waktu .  

Baca juga : Sukses di Dunia Kerja Terapkan integritas

Langkah ke-10:  Melanjutkan Pendidikan Anda

  Untuk meningkatkan karir, diperlukan pendidikan yang lebih tinggi .  Jika Anda punya manfaat mengambil beasiswa, gunakan kesempatan itu .

Langkah ke-11: Mengatur Tonggak Sejarah

Tonggak sejarah merupakan hal yang terpenting dalam pencapaian karir Anda, misalnya gelar Master atau Anda bisa menggaet nasabah penting  bagi perusahaan.

Langkah ke-12:  Memperbaharui Diri Anda

Dalam perubahan zaman yang begitu cepat, industry pun bergerak cepat untuk menerapkan perubahan.  Anda pun harus mencari konsep terbaru yang dapat dipergunakan oleh perusahaan.  Konsep pembaharuan ini menjadi perhatian bagi perusahaan.

Beberapa tips terakhir yang dapat berhasil dilakukan:

1.Fokus

Tetap fokus apa yang dapat kita control dalam diri kita .  Bukan sebaliknya , fokus pada hal yang tidak dapat kita kontroll seperti ekonomi, apa yang yang dilakukan atasan atau tidak dilakukan.

2. Hasil positif

Menyoroti hasil yang positif  dari suatu perubahan ketimbang melihat kegagalan yang kita lakukan. Contohnya melihat Kesehatan yang membaik ketimbang melihat kehilangan berat badan.

3.Kurangi jumlah rencana

Mengurangi  jumlah Rencana  Anda ketimbang terlalu banyak komitmen dan lakukan Tindakan setiap harinya  sekalipun Tindakan sekecil apa pun, tetapi tetap bermanfaat.

Rencana strategi karir dapat bersifat transformatif.  Menyadari perubahan yang demikian cepatnya, sementara kita tidak bisa mengubah kebiasaan dengan cepat.

Perencanaan karir jadi perjalanan panjang. Kunci utamanya kita harus sabar terhadap diri kita sendiri dan Anda sadar bahwa anda bergerak dalam arah yang benar.

Sumber referensi:

  • Create Your PErsonal Strategic Plan by Carol Vernon, The Center for Association Leadership
  • 10 Strategi Perencanaan Karir Paling Efektif yang Sudah Terbukti by Damian Ersya, kariercerah.com