Social Media Specialist, Karir Menjanjikan Di Era Digital

Social Media Specialist (unsplash.com/Firmbee.com)

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram, Tik Tok, Facebook dan Twitter? Hampir semua kalangan setidaknya memiliki satu social media untuk dipakai baik untuk hiburan, belajar maupun untuk bisnis. 

Tapi kebayang nggak, kalau social media yang kita miliki bisa menjadi penunjang karir kita dimasa depan. Kok bisa yah?

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Perjalanan Karir Yang Menanjak

Bisa dong, sebelum itu mari lihat data penggunaan social media secara aktif di tengah masyarakat. Menurut laporan We Are Social, Indonesia memiliki 191,4 juta populasi pengguna aktif media sosial tahun 2022. Data ini mengalami peningkatan sebesar 12,6 % dari tahun 2021 yang mulanya ada 170 juta populasi pengguna media sosial yang aktif saat itu.

Karena pengaruh sosial media sangat besar ternyata di era digital sekarang ini, maka muncul orang – orang dengan pekerjaan social media specialist. Apakah social media specialist itu ?

Dilansir dari Betterteam.com, social media specialist merupakan posisi yang fokus pada menciptakan konten digital kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing dan juga mendorong angka penjualan.

Tidak hanya membuat konten di satu platform saja tetapi di setiap platform yang berbeda, social media specialist berusaha bagaimana mengaplikasikan setiap konten agar sesuai dengan jenis platform yang digunakan.

Di setiap media sosial memiliki karakteristik dan algoritma berbeda sehingga harus dipelajari dengan benar agar konten yang ditampilkan lebih efektif.

Tugas Dan Tanggung Jawab Social Media Specialist

Apa saja tugas dan tanggung jawab dari social media specialist? Berikut tugas mereka yang dilansir dari Betterteam.com :

  • Mengembangkan content plan dalam media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand
  • Menciptakan konten yang memiliki value dan konsisten di semua platform media sosial
  • Mengelola post media sosial dengan volume tinggi
  • Berkomunikasi dengan para follower di media sosial
  • Mengembangkan dan mengatur program dengan para influencer dan juga datang ke event – event
  • Menggunakan tools analitik seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights
  • Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap brand atau perusahaan
  • Memberikan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing
  • Selalu update dengan perkembangan tren media sosial
  • Memberikan arahan kepada tim desain atas visual konten yang sudah direncanakan

Skill – Skill Social Media Specialist

Ternyata tugas yang dikerjakan sangat banyak, oleh sebab itu dibutuhkan skill – skill yang menunjang untuk bisa menjadi social media specialist yang handal, berikut skill – skill yang dibutuhkan:

1. Copywriting

Tidak hanya untuk menulis artikel tetapi copywriting juga dibutuhkan untuk membuat konten di social media, semua konten yang akan disebar luaskan akan dilirik jika kita memiliki kemampuan copywriting yang baik, ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki.

2. Analisis Data

Kemampuan menganalisis data memiliki peran penting bagi social media specialist, kita dituntut untuk bisa membaca pasar sehingga bisa menyusun strategi yang efektif dan efisien agar mencapai target yang diinginkan.

3. Kreatif

Karena social media mengandalkan visual yang menarik untuk mengambil atensi para audiens, maka sangat dianjurkan untuk bisa menghasilkan konten dengan visual dan desain yang menarik, fresh, kreatif dan inovatif.

4. Tools Social Media

Sekarang ini, social media selalu mengupdate tools untuk memudahkan para pengguna dalam menggunakan platform tersebut. Maka kita harus bisa memahami penggunaan tools tersebut untuk memudahkan setiap pekerjaan yang ada.

5. Up to Date atau Mengikuti Trend

Up to date adalah kuncinya. Di zaman sekarang semua serba cepat, info terbaru dan trend terkini bisa diakses dengan mudah dan leluasa, sehingga wajib mengikuti perkembangan yang terjadi, istilah atau obrolan yang paling relevan secara online  berguna dalam menghasilkan konten yang up to date.

6. Skill SEO

SEO digunakan di segala aspek marketing. Dengan memiliki pengetahuan dan mempelajarinya, SEO dapat diaplikasikan untuk merancang konten agar memiliki rating yang baik dalam pencarian.

7. Manajemen Waktu

Manajemen waktu dibutuhkan di segala bentuk kegiatan, sehingga skill mengatur waktu sangat diperlukan agar jadwal publikasi setiap konten teratur, karena tidak hanya satu platform saja yang diatur , tetapi semua platform yang digunakan harus diatur sehingga dibutuhkan manajemen waktu yang baik untuk mengatur semua platform tersebut.

Dengan perkembangan zaman yang mengarah ke era digital, maka sangat tepat jika bisa lebih jauh belajar tentang platform yang digunakan untuk menjadi social media specialist.

Dengan banyaknya pertumbuhan startup di Indonesia sangat memungkinkan untuk bergabung ke perusahaan guna meningkatkan branding dan tingkat penjualan mereka dengan social media.

Sudah siap memulai karir menjadi Social Media Specialist?