SWOT Analysis bagi Perusahaan Anda!

orang memahami SWOT
unsplash.com/kaleidico

Setiap perusahaan tentu mengetahui dan memahami strategi perusahaan. Dalam menjalankan perusahaan, maka diperlukan pengetahuan yang luas terhadap perusahaan yang sedang dijalankan, mencakup kekuatan dan kelemahan perusahaan. Perusahaan perlu melakukan analisis SWOT agar suatu bisnis yang dijalankan menjadi terukur dan terarah. 

Dalam mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, terdapat suatu strategi yang dapat dilakukan yaitu analisis SWOT. Pemahaman analisis SWOT dapat memberikan deskripsi informasi mengenai faktor internal dan eksternal yang memberikan dampak pada perusahaan.

Apa itu Analisis SWOT?

Dilansir dari Wikipedia, Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk mengawasi dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan aktivitas tertentu. Pencetus teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey yang memimpin proyek pada Universitas Stanford.

SWOT merupakan singkatan dari kata strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Berikut ini penjelasan mengenai keempat faktor.

  • Kekuatan (strengths), yaitu menganalisis keunggulan dari perusahaan yang menjadi pembeda sehingga menjadikan power dalam berkompetisi di lingkungan antar perusahaan.
  • Kelemahan (weaknesses), yaitu memetakan kelemahan yang memberikan dampak negatif terhadap kelangsungan berjalannya perusahaan. Selanjutnya dapat dilakukan sesuatu value yang dapat menutupi kelemahan perusahaan.
  • Peluang (opportunities), yaitu menganalisis peluang dari berbagai kemungkinan yang ada sebagai pengemabngan potensi perusahaan. Peluang dapat dianalisis melalui analisis keadaan market, perkembangan tren dan lain sebagainya.
  • Ancaman (threats), perusahaan perlu memetakan berbagai ancaman dari suatu tindakan yang diambil dengan melihat dari segala arah sudut pandang. Dari pemetaan tersebut maka dapat memahami faktor yang dapat menghambat perkembangan perusahaan.

SWOT adalah teknik yang diterima dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan yang dapat dikelola melalui manajemen perusahaan. Kekuatan dan kelemahan merupakan faktor pengelolaan dari dalam perusahaan sehingga keberhasilan dalam mewujudkan kekuatan di dalam perusahaan dapat dilakukan dari dalam perusahaan. 

Sedangkan dalam memahami apa saja yang dapat menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan, maka perlu melihat dari sisi luar perusahaan. Peluang memberikan sebuah pijakan untuk meningkatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan jika dapat memenangkan peluang tersebut. Ancaman juga memberikan sebuah manfaat kepada perusahaan untuk berhati-hati terhadap setiap langkah yang diambil.

Baca juga : E-business menjadi Peluang Bisnis di Era Digital

Apakah Perusahaan perlu melakukan Analisis SWOT

Dalam mengetahui setiap hasil akhir dari sebuah keputusan maka perlu penerapan strategi matang yang dirancang sejak awal. Strategi dirumuskan melalui data-data yang digali, kemudian diolah menjadi informasi yang memberikan manfaat kepada perusahaan. Adanya analisis SWOT memberikan solusi untuk menciptakan cara terbaik dalam melakukan pengembangan dan mempertahankan perusahaan.

Dalam mewujudkan kekuatan dalam perusahaan, maka perlu mempertanyakan apa saja yang dapat dilakukan oleh perusahaan dan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan dalam berkompetisi di dunia kerja. Selanjutnya, jika perusahaan mengetahui apa saja kelemahan di dalam perusahaan maka perlu mempertanyakan bagaimana perusahaan lain dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.

Kekuatan dapat menciptakan peluang yang lebih besar terhadap perusahaan. Banyak hal yang dapat dikerjakan oleh perusahaan melalui SDM yang unggul serta pemanfaatan teknologi yang baik memberikan suatu nilai tambah bagi perusahaan. Sebaliknya, setiap kekuatan yang dimiliki juga akan diselimuti oleh berbagai jenis ancaman. 

Analisis SWOT dilakukan untuk memberikan deskripsi terkait situasi yang dihadapi dan juga yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan. Analisis ini dapat merumuskan apa saja yang harus ditingkatkan dalam perusahaan, menentukan faktor-faktor yang menyebabkan sesuatu hal terjadi, perkembangan perusahaan dan lain sebagainya.

Bagaimana Peran Analisis Terhadap Keberhasilan Perusahaan?

Merintis dan menjalankan usaha tidak semudah yang dibayangkan, perlu strategi yang tepat dalam memulai dan pengalaman yang panjang untuk membuat perusahaan mampu bersaing dan terus berkembang. Dilansir dari Talenta.co, Analisis SWOT merupakan key factor dalam menentukan continuity dalam perusahaan. Artinya, dalam menjalankan perusahaan Analisis SWOT berperan dalam keberlangsungan perusahaan secara berkesinambungan. 

Didalam perusahaan, tentu terdapat goal perusahaan yang dapat dicapai melalui strategi yang diterapkan di awal. Visi dan misi perusahaan menjadi sesuatu terhubung dalam meraih keberhasilan perusahaan. Namun, Strategi awal tidak akan cukup membuat perusahaan berjalan dan berkembang. Disinilah peran Analisis SWOT untuk mengecek bagaimana kekuatan, kelemahan dan peluang perusahaan, serta mengetahui berbagai ancaman ketika perusahaan membuat suatu keputusan.

Analisis SWOT dalam perusahaan berperan untuk menghasil strategi dari hasil analisis yang dapat diterapkan menjadi strategi yang nyata bagi perusahaan. Analisis SWOT harus dilakukan secara berkala dikarenakan perkembangan segala bidang manusia sangat cepat, mulai dari kebutuhan, pola hidup, pasar dan lain sebagainya. Agar perusahaan bisa terus maju, maka hasil dari analisis SWOT berperan untuk menempatkan perusahaan yang lebih baik dalam memanfaatkan kekuatan untuk melihat peluang dalam memerangi pasar yang semakin hari semakin berkembang. Perusahaan harus gesit melihat peluang pasar dan menentukan keputusan yang tepat.

Sumber Referensi

  1. Analisa SWOT: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Penggunaan