E-business menjadi Peluang Bisnis di Era Digital

orang berkerja
unsplash.com/anniespratt

Dari asal katanya, e-business berasal dari bahasa inggris yaitu kata electronic dan business. Dilansir dari Wikipedia, dapat diterjemahkan sebagai usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok yang memanfaatkan sistem yang sudah terkomputerisasi di dalam prosesnya untuk mendapatkan untung.

E-business memudahkan suatu perusahaan untuk sistem pemrosesan kerja yang fleksibel dan juga efisien. E-business memudahkan komunikasi dengan mitra bisnis yang lebih cepat dan terstruktur, dan juga melayani konsumen dengan lebih baik.

Di Era digital saat ini, E-business menjadi peluang bisnis yang diuntungkan. Penggunaan internet yang menghilangkan batas-batas erat menjadi keuntungan dalam melakukan aktivitas bisnis. Teknologi sudah menjadi genggaman dalam melakukan kegiatan manusia sehari-harinya. Perkembangan e-business merupakan wujud dari berkembang pesat teknologi internet pada awal hingga pertengahan tahun 1990-an. E-business juga mengalami evolusi hingga berkembang sampai saat ini.

Mengapa Harus E-business?

Maraknya penggunaan teknologi menjadi kunci dalam pengembangan e-business. Pelaku bisnis harus mengenal dan memahami dengan baik kebutuhan pelanggan. Maka dari itu, pelaku bisnis dapat menggunakan teknologi untuk mencari jalan keluarnya. Memahami riset pasar menjadi salah satu hal yang wajib diketahui oleh pelaku bisnis untuk menciptakan nilai pada suatu produk baik berupa barang dan juga jasa. 

Konsumen ingin kemudahan dalam melakukan aktivitas di setiap kegiatannya, maka ini menjadi suatu nilai yang harus dianalisis serta memberikan hasil sebagai peluang bagi suatu pelaku bisnis. 

Sebagai contoh, seseorang ingin efisien dalam memesan makanan tanpa pergi keluar rumah, ingin kemudahan juga dalam melakukan transaksi produk maka ada jalan keluar bagi para pelaku bisnis. Seperti saat ini, banyak muncul aplikasi berupa jasa untuk mengantar barang atau juga makanan yang disertai juga dengan proses pembayaran. Hal ini tentu memberikan ketertarikan kepada konsumen sebagai bentuk kemudahan dalam melakukan aktivitasnya yang efisien. 

Teknologi yang sudah serba ada dan saling terhubung satu sama lain memberikan kenyamanan bagi pelaku usaha untuk menciptakan suatu sistem serta menjalankan sistemnya. 

Bagaimana Peran Teknologi terhadap Perkembangan E-business?

Dalam kehidupan saat ini, kita mengetahui bahwa teknologi sudah menjadi tulang punggung dalam melakukan kegiatan e-business. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, dapat dikatakan, teknologi informasi sudah memasuki segala bidang manusia, salah satu di bidang bisnis. 

Pelaku bisnis tentu ingin di setiap proses pengadaan produk atau jasa hingga penyaluran sampai ke tangan konsumen ingin cepat dan efisien. Banyak pelaku bisnis menggunakan teknologi yang sistemnya otomatis untuk mencapai produk dengan kualitas unggul serta mendapatkan keuntungan yang telah ditargetkan. 

Oleh sebab itu, memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan usaha akan memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan teknologi dalam e-business.

Baca juga : Memahami Analisis SWOT bagi Perusahaan

  1. Saat ini, banyak muncul bisnis baru dari adanya teknologi yang berkembang pesat hingga saat ini. Semakin maju dan maraknya teknologi yang bermunculan akan menciptakan peluang bisnis yang baru juga. Sebagai contoh yaitu bisnis pada layanan informasi seperti Google.
  2. Next, komunikasi ke seluruh penjuru dunia dengan mudah dan cepat. Melalui dari perkembangan teknologi informasi, proses pengiriman informasi bisa melalui smartphone atau perangkat lainnya. Di dalam e-business tentu juga komunikasi bermanfaat dalam pengenalan produk hingga pemasaran produk
  3. Selanjutnya, mengurangi biaya produksi dan operasional. Pengerjaan bisnis oleh sistem tentu mereduksi penggunaan sistem yang terulang dan mengurangi biaya operasional berupa tenaga kerja dan lain sebagainya.
  4. Terakhir, akses informasi yang mudah untuk didapat. Internet sebagai bentuk dari perkembangan teknologi memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pelaku bisnis mengenai informasi pemasaran, produk, layanan, dan lain-lain.

Apa Hubungan E-commerce dengan E-business?

Perlu digaris bawahi bahwa e-commerce dengan e-business tentu merupakan hal yang berbeda. E-commerce merupakan sistem untuk melakukan transaksi penyebaran, penjualan, dan pembelian yang menggunakan sistem elektronik berupa internet, jejaring sosial. 

Pada dasarnya, E-commerce merupakan bagian dari e-business dikarenakan E-commerce merupakan bentuk dari e-business. E-commerce menjadi salah satu bentuk aktivitas e-business yaitu menyediakan sistem untuk pelaku bisnis lain didalamnya. E-commerce besar seperti Shopee, Lazada, Bukalapak telah menjadi E-commerce yang dijamuri dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli oleh masyarakat indonesia. 

Banyak orang membuka usahanya di E-commerce dengan menjual produk yang telah lolos dalam syarat ketentuan e-commerce. Jadi seseorang dapat membuka usaha yaitu menjual produk pada layanan e-commerce. 

Selain itu, di dalam E-commerce juga memerlukan jasa pengiriman untuk mengirim barang agar sampai dari tangan penjual ke konsumen. Jasa pengiriman juga menjadi salah satu bentuk e-business yang bekerja sama dengan E-commerce untuk mengirim barang ke konsumen. Setiap aktivitas di dalam E-commerce dapat dikatakan ada aktivitas e-business di dalamnya. Cakupan e-business sangat luas tidak hanya di dalam E-commerce saja, dimana meliputi mitra bisnis, SDM, dan lain-lain.

Sumber referensi :

  1. E-Business Adalah: Definisi, Jenis, dan Perbedaannya dengan E-Commerce