10 Rahasia Sukses Perjalanan Karir yang Menanjak
,

10 Rahasia Sukses Perjalanan Karir yang Menanjak

Transparent Stock Mountain Outline Huge Freebie – Career Path Clipart-https://www.pngkit.com/view/u2q8u2q8r5o0a9e6_transparent-stock-mountain-outline-huge-freebie-career-path/

Ada persepsi yang salah dalam memandang kesuksesan perjalanan karir.  Dianggapnya bahwa  mereka yang memiliki jabatan atau karir yang sukses di puncak  diperoleh dengan sangat mudah dan layak . Kelayakan  dipersepsikan  karena adanya fasilitas yang disediakan, karena dia berasal dari orang kaya , dia seorang anak pejabat, dia punya relasi dengan pejabat penting.

Ada banyak cerita dibalik kesuksesan perjalanan karir bisnis atau profesional seseorang.  Realitas mereka itu  tidak mudah mencapai puncak karir dengan apa yang dimilikinya. Misalnya mereka belajar dari luar negeri, memiliki gelar yang sangat fantastis, PhD atau MSc dan seterusnya.

Terjalnya perjalanan karir itu seseorang pengusaha yang berawal dari nol, akan lebih tangguh menghadapi tantangan baik dari dalam maupun luar dirinya.

Jenjang karir yang dilalui  dimulai dari satu langkah ke langkah berikutnya jadi hal yang sangat penting untuk membentuk seseorang jadi manusia yang matang baik secara self improvement maupun self development.

Ketika karir itu digeluti dengan tekun dan sabar, serta tangguh, barulah dia bisa jadi pemimpin yang punya daya juang yang tinggi.

Salah satu pengusaha yang tangguh dan terkenal adalah Ciputra. Ciputra bukan dari keluarga kaya, berasal dari Sulawesi Tengah. Saat dia berusia 12 tahun, ayahnya meninggal.  Dia menyelesaikan SD  di usia 12 tahun, terlambat selama 4 tahun.

Namun, cita-citanya untuk mengubah kehidupan dengan bersekolah di Jawa, akhirnya membuahkan hasil.  Ia lulus sebagai arsitek di ITB dengan hasil jernih payah sendiri.  

Pendidikan akademis dan non akademis seperti keteguhan, integritas, mandiri, percaya diri, menjadikan dirinya seorang pribadi utuh, entrepreneur sejati.

Beliau bukan hanya membangun bisnis properti yang jadi core bisnis saja, tapi juga pendidikan menjadi perhatiannya agar manusia Indonesia menjadi manusia utuh, karakter dan moralnya.

Berikut ini adalah 10 langkah untuk suksesnya perjalanan karir seseorang:

1.Optimisme

Ingin menjadi pemimpin tanpa sikap optimisme, akan gagal.  Untuk jadi pemimpin yang sukses, perlu pemikir yang berpikir positif atas semua peristiwa, baik atau jelek.  Mampu mengendalikan diri dan mencari solusi ketika terjadi hal-hal di luar dugaan.

Belajar optimisme dengan bersikap positif dan selalu cari peluang dan jalan keluar atas permasalahan sendiri. Selalu gunakan afirmasi positif secara teratur . Hal ini akan bantu secara otomatis jadi self-talk untuk lebih optimis.

2. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal positif

Dalam pergaulan baik secara internal maupun eksternal kita berinteraksi dengan berbagai sifat manusia. Ketika kita berhadapan dengan orang negatif, biasanya aura kita akan ikut terpengaruh. Tetapi jika kita berhadapan dengan orang positif, maka aura kita pun akan menjadi positif.  Lakukan hal positif yang juga membantu Anda bisa bergaul dengan mereka yang positif.   Misalnya Anda bekerja secara sukarela dalam suatu program, Anda bertemu orang-orang yang punya nilai positif.

3. Tidak Memprediksi masa depan

Pola hidup itu adalah pembelajaran.  Apabila terjadi sesuatu buruk di masa lalu bukan berarti hal itu akan terjadi di masa datang.   Kita tidak boleh merencanakan hal yang buruk. Tetapi kita tetap punya rencana yang baik dan tetap dalam jalur yang tepat untuk mencapainya.  Rencana gagal tidak perlu kecewa berlebihan, cukup sekali dan anggaplah hal itu harus diperbaiki dan tidak akan terjadi lagi.

4.Fokus pada hal positif

Kejadian atau peristiwa boleh kita anggap negatif, tetapi yang paling penting adalah reaksi Anda terhadap kejadian itu. Tidak boleh mengambil respon negatif atas peristiwa negatif. Tetapi selalu melihat hikmah dalam setiap peristiwa

5. Carilah Role Model

Apabila anda ingin sukses, carilah role model yang telah sukses.  Bukan role model yang gagal. Dari role model sukses, kita belajar jatuh bangunnya dan bagaimana tips kesuksesan perjalanan karir yang membawanya ke puncak karir.

6. Fokus kepada kesuksesan Anda

Setelah Anda bisa berpikir positif tentang diri anda sendiri, perlu mengingatkan diri sendiri pencapaian awal yang telah didapatkan.  Refleksi diri untuk pencapaian itu dan menghargai kesuksesan Anda dan apa lagi yang dapat Anda gapai.

7. Buatlah matra positif

Sering mendengar kata-kata yang bernuansa pesan-pesan negatif seperti, “tidak cukup baik”, tidak cukup pintar”, tidak cukup menarik”.   Anda harus meninggalkan kata-kata ini dan mulailah mengubah pesan-pesan ini . Mulailah menggali pesan ini menjadi matra positif yang anda bawa setiap hari ke mana pun Anda pergi.

8.Membuat Dampak

Hasil pekerjaan yang kita yakini sangat baik pasti akan memberikan kontribusi kepada orang lain. Contohnya jika kita berhasil menaikkan target penjualan, maka otomatis,  orang-orang yang di bidang sales akan mendapat penghargaan bonus dan kenaikan gaji.

Selain dalam bidang bisnis, di bidang sosial pun Anda bisa bekerja membantu anak yang hampir drop out untuk bisa bersekolah . Sekolah menjadikan dia mampu berdaya di kemudian hari.

9.Tidak membatasi diri terhadap peluang yang ada

Setiap orang pasti punya kesempatan untuk menggali talenta.  Ada kesempatan atau peluang yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau orang.  Ambillah peluang itu.  Jika kita tak ambil, kesempatan akan hilang karena dia tak datang untuk kedua kalinya.

Baca juga : 7 Tips Bikin Engagement di Instagram Meningkat!

10.Merayakan keberhasilan rekan kerja 

Seringkali kita hanya berfokus kepada kesuksesan diri kita sendiri.  Tapi kali ini kita juga harus belajar merayakan keberhasilan rekan kerja kita.  

Tidak boleh iri hati atau merasa kecewa ketika rekan kerja justru berhasil dari diri kita.  Belajarlah dari keberhasilannya dan ikutlah bersenang hati.  Dari relasi yang sukses itu, kita mulai mengambil pelajaran bagaimana dia bisa mendulang kesuksesan karir tanpa harus kecewa terhadap orang lain yang sukes lebih dulu.

Setelah mempelajari 10 Rahasia Sukses Perjalanan Karir yang Menanjak, siapkah kita untuk menerapkannya.

Sumber referensi:

Nurdyansa.  “Biografi Ciputra-Enterpreneur Sukses Indonesia”. https://www.biografiku.com/biografi-ciputra-enterpreneur-sukses/

Hadijah, Siti.   “10 Langkah Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses” https://www.cermati.com/artikel/10-langkah-perencanaan-karir-agar-masa-depan-sukses

STUDIilmu.  “9 Rahasia SUkses Memiliki Perjalanan Karier yang Hebat” https://www.studilmu.com/blogs/details/9-rahasia-sukses-memiliki-perjalanan-karier-yang-hebat